MEMBANGUN TELEVISI KULINER

Posted on Februari 28, 2014


Sebuah Konsep

 

Pendahuluan

 

Di Indonesia saat ini telah semakin semarak berkembangnya televisi swasta dan nasional dengan menayangkan berbagai program-program acara yang menjadi daya tarik bagi masyarakat indonesia.

 

Secara jujur, masyarakat Indonesia sangat haur akan sebuah pertunjukan ataupun hiburan yang bisa benar-benar membawa suasana menjadi meriah, terhibur dan sangat mengidolakan tokoh atau artis pujaannya.

 

Menjamurnya dunia pertelevisian di Indonesia saat ini dari hanya sekitar 4 station televisi swasta dan 1 pemerintah, sekarang ini sudah semakin marak dan bahkan hampir disetiap daerah kabupaten atau kota memiliki station telesivi sendiri sebagai ajang untuk mengangkat budaya daerah atau lokal.

 

Bahkan dengan perkembangan teknologi saat ini, dunia media elektronik ini telah berkembang menjadi suatu bisnis yang sangat menguntungkan dan menjadi bisnis utama suatu perusahaan dalam meraih keuntungan maksimal setiap tahunnya.

 

Bagaimana RCTI yang merupakan televisi swasta pertama di Indonesia, saat ini telah berkembang menjadi jaringan bisnis televisi yang sangat besar dengan korperate bernama Media Nusantara Citra atau biasa dikenal dengan MNC group ini, telah tumbuh menjadi jaringan pertelevisian yang sangat besar di Indonesia.

 

Tidak hanya itu saja, Trans7 dan TransTV pun telah pula menjadi jaringan pertelevisian yang tumbuh dengan pesat dan mungkin menjadi salah satu raja media elektronik saat ini di Indonesia lewat jaringan Trans Corp.

 

Ini semua membuktikan bahwa bisnis pertelevisian khususnya di Indonesia sangat menjanjikan, dan dapat meraih keuntungan secara maksimal dengan manajemen pengelolaan yang baik dan benar akan pula menghasilkan kualitas siaran yang lebih baik dan lebih bagus.

 

Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan yang cukup luas dan hampir tersebar dari Sabang sampai Merauke ini, juga memiliki budaya dan keaneka ragaman kuliner yang menjadi ciri khas dari setiap daerah.

 

Ini bisa kita saksikan, manakala ada beberapa station televisi yang menayangkan program acara tentang kuliner yang membahas keunikan dan keanekaragaman kuliner yang ada di Indonesia.

 

Ini menjadi daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi Indonesia dan masaryakatnya, tapi juga menjadi daya tarik untuk lebih mengembangkan potensi daerah, aneka ragam keunikan setiap daerah menjadi sebuah bahan yang sangat cocok untuk diketahui oleh seluruh masyarakat lewat tayangan televisi ini.

 

Disini, saatnya Indonesia memiliki sebuah station televisi yang secara spesifik dan khusus hanya menampilkan kenaekaragaman kuliner yang ada di Indonesia serta berbagai hal yang menyangkut dunia kuliner secara menyeluruh.

 

Ini bisa juga menjadi sebuah peluang, kalau saja para pebisnis dan pemilik jaringan televisi mau dengan jeli melihat potensi yang ada dengan menjadikan sebuah tayangan yang menarik, unik dan sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

 

Memang secara khusus juga sudah ada televisi yang membahas tentang kuliner yaitu MNC Food & Traveler. Namun sayangnya tayangan ini hanya dapat dinikmati oleh para penonton televisi berbayar alias televisi kabel.

 

Dan tayangan di MNC Food & Travler ini pun, bila diperhatikan kurang memiliki daya tarik dari segi tampilan, serta acara-acara yang dikemasnyapun kurang begitu menarik, sehingga tidak jauh berbeda dengan acara kuliner lainnya di hampir setiap station televisi.

 

Saatnya di Indonesia memiliki station televisi kuliner yang membahas secara khusus tentang dunia kuliner, dunia memasak, dunia peralatan memasak, aspek kesehatan, games kuliner, tradisional food dan sebagainya.

 

Karena dunia kuliner itu sebenarnya sangatlah luas cakupannya. Tidak hanya bagaimana seorang Chef membuat sebuah masakan saja, tapi lebih dari itu masih banyak aspek didalamnya yang bisa kita sajikan menjadi sebuah tayangan televisi yang menarik dan menghibur serta memiliki nilai edukasi yang cukup tinggi bagi masyarakat yang melihatnya.

 

 

Materi Acara

 

Sambil menunggu perkembangan pembangunan televisi kuliner ini, maka sebaiknya telah dibentuk sebuah team yang akan membahas dan mencari materi yang akan dijadikan sebuah tayangan program acara nantinya.

 

Perlu diketahui, bahwa dunia kulines ini sangatlah luas cakupannya, tidak hanya sekedar menampilkan bagaimana chef membuat masakan saja, tapi lebih dari itu, masih banyak lagi aspek-aspek yang terlibat didalamnya.

 

Karena itu team ini pun harus terdiri dari berbagai ahli dibidangnya dari berbagai ilmu, mulai dari chef profesional, dunia pendidikan, pakar kuliner, pengusaha kuliner, pecinta masakan, pemilik usaha kuliner, pakar kesehatan, pakar gizi, pakar grafis, dan masih banyak lagi aspek didalamnya.

 

Hal ini penting, karena dari sebuah perencanaan konsep yang matang yang dihasilkan dari berbagai aspek kuliner ini, maka nantinya diharapkan akan menghasilkan tayangan televisi yang lebih menarik dan tentunya menjadi satu icon sebuah tayangan kuliner di Indonesia.

 

Ada banyak materi yang berhubungan dengan dunia kuliner yang bisa kita sajikan menjadi sebuah tayangan televisi yang menarik dan menghibur. Tinggal bagaimana kita mengemasnya menjadi sebuah tayangan menarik, memiliki segi hiburan, juga ada nilai edukasinya dan menjadi daya tarik bagi orang untuk menyaksikannya.

 

Materi yang sudah umum biasanya menampilkan seorang chef yang menyajikan masakan dari bahan-bahan yang bisa kita dapatkan sehari-hari menjadi sebuah hidangan yang sangat istimewa dan bisa kita lakukan oleh siapapun.

 

Itu sudah umum, dan hampir disetiap station televisi menayangkan program acara seperti ini.

 

Untuk membahas materi apa saja yang bisa ditampilkan dalam sebuah tayangan televisi kuliner ini, perlu dibahas dalam beberapa tulisan kedepan, dengan judul tulisan merupakan bagian dari materi acara tersebut.

 

 

 

Penulis adalah Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung jurusan Food and Beverage dan saat ini bekerja pada sebuah EO di kota Bandung.