JALUR BANDUNG CIREBON RUSAK PARAH

Posted on Februari 27, 2014

0


Kemarin kami melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi yang akan menuju Cirebon menggunakan jalur bandung-sumedang-cikijing-tomo-cirebon.

 

Sepanjang perjalanan dari setelah Tanjungsari Sumedang, kondisi jalan cukup parah, akibat adanya beberapa ruas jalan yang berlubang dan hal ini jelas sangat mengganggu aktifitas perjalanan.

 

Waktu tempuh bandung – cirebon yang biasanya bisa ditempuh dalam 3-4 jam, kali ini dalam perjalanan disiang hari, waktu tempuh bisa mencapai lebih dari 5 jam.

 

Hal ini dikarenakan kondisi jalan setelah ruas jalan Tanjugnsari-sumedang dan sumedang hingga cirebon, kondisi jalannya sangat parah, dan hampir disetiap ruas jalan banyak lubang-lubang yang cukup besar dan bisa membahayakan bagi pengendara lainnya.

 

CIMG1099

Ruas jalan antara Tomo hingga Jatiwangi lebih parah lagi, hampir semua ruas jalan mengalami kerusakan yang cukup parah.

 

Bahkan dibeberapa titik mengalami kondisi jalannnya yang berbatu yang mengakibatkan antrian kendaraan yang cukup panjang.

 

CIMG1100

CIMG1101

 

Kondisi ini diperparah akibat banyaknya kendaraan bertonase besar pengangkut batubara yang melintas dari Cirebon hingga ke Bandung. Sehingga semakin menambah parah rusaknya ruas jalan tersebut.

 

Sejak diijinkannya kendaraan besar pengangkut batubara melewati jalur jalan cirebon-jatiwangi, sumedang hingga bandung ini mengakibatkan ruas jalan disekitar ini sering mengalami kerusakan yang cukup parah.

 

Lebih parahnya lagi ditambah dengan faktor alam yang terus hujan, sehingga menambah rusak parah kondisi jalanan tersebut.

 

CIMG1103

CIMG1104

(foto-foto diambil pada tanggal 26 Februari 2014)