MUDIK YUK…..

Posted on Agustus 2, 2013


Lebaran sudah tinggal beberapa hari lagi, dan sudah menjadi kebiasaan bagi umat manusia di Indonesia untuk melakukan mudik seperti pada Lebaran tahun ini.

Dan untuk tahun ini pun diperkirakan akan terjadi peningkatan lonjakan arus mudik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dan khususnya di jawa barat sebagai salah satu ujung tombak dari penyebaran arus mudik di pulau jawa, sudah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana selama arus mudik dari H-7 hingga arus balik H+7 setelah Lebaran.

Di Jawa Barat telah dipetakan jalur jalur mudik, mulai jalur tengah, jalur pantura dan jalur selatan.

Peta-Mudik-Lebaran-2013-Jawa-Barat

 

Sesuai informasi dari Polda Jabar yang telah melakukan pemetaan terhadap jalur-jalur mudik, terutama titik-titik rawan kemacetan disetiap jalur tersebut.

Selain itu hal yang berbeda pada arus mudik tahun 2013 ini, Polda Jabar juga telah memetakan titik rawan bencana dan titik rawan kecelakaan.

Informasi ini menjadi sangat penting bagi anda yang akan melakukan perjalan mudik, untuk bisa mempersiapkan diri, tidak hanya fisik dan mental saja, tetapi juga dari segi kendaraan dan alat transportasi lainnya juga harus mendapat perhatian yang cukup serius dari semuanya.

Untuk titik rawan kemacetan, hampir merata di setiap jalur, baik pantura, jalur tengah maupun jalur selatan.

Untuk jalur pantura, setidaknya ada 9 titik yang dinilai akan menjadi titik macet. Yaitu simpang Cikampek-Mutiara-Jomin, Kab. Karawang; pertigaan Cikalong, Kab. Subang; jembatan Gamon di Kab. Subang; sekitar Yogya Patrol/Pasar Eretan, Kab. Indramayu; putaran Lohbener, Indramayu; sekitar SPBU Tegal Karang, Lohbener, Kab. Indramayu; Tegal Gubug, Kab. Cirebon; Tegal Karang, Kab. Cirebon; dan gerbang Tol Pajagan, Kab. Cirebon.

Sedangkan untuk jalur tengah ada tiga titik, yaitu Sadang, Kab. Purwakarta; Kalijati, Kab. Subang; dan Cijelag, Kab. Sumedang.

Untuk jalur selatan, titik rawan kemacetan teridentifikasi berada di Cileunyi, Kab. Bandung; depan Kahatex, Rancaekek, Kab. Bandung; Nagreg, Kab. Bandung; Limbangan, Kab. Garut; dan Gentong, Kab. Tasikmalaya.

Ada sejumlah titik yang diprediksi menjadi rawan kemacetan. Untuk jalur pantura ada 24 titik, di antaranya Jln. Johar KM 75, Jln. Tuparev KM 71-73, dan pertigaan RMK (Jln. Ahmad Yani) KM 71 Karawang.

Selain itu, titik rawan kecelakaan juga terdapat di Karanganyar, Jln. Jangga, Kiajaran, dan Desa Limpas, Indramayu; Jln. Kalijaga dan simpang Jln. Ahmad Yani, Kota Cirebon; Kp. Srengseng Patokbeusi, Mundu Sari, Pamanukan, Kab. Subang; dan Susukan, Beber, Plumbon, dan Pangenan, Kab. Cirebon

Pihak kepolisian akan fokus pada 19 titik. Kecelakaan berpotensi terjadi di kawasan Ciloto, Cisarua, Kab. Bogor; Padalarang, Cipatat, Kab. Bandung Barat; Nagreg, Cijapati, Kab. Bandung; Malangbong, Kadungora, dan Leles, Kab. Garut; Gentong, Ciawi, Kab. Tasikmalaya; dan Jalan Raya Ciamis Kota Tasikmalaya.

Informasi lengkap dapat dilihat disini

Apapun yang telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk mengantisipasi arus mudik tahun 2013 ini, pada akhirnya tetap saja kita sebagai yang melaksanakan mudik tersebut harus dapat mengikuti petunjuk dan memahami setiap kondisi yang akan terjadi selama perjalanan mudik tersebut.

Perlu ada kesabaran dan kesadaran dari semua pihak yang menggunakan kendaraan, baik kendaraan pribadi, motor, kendaraan umum dan yang lainnya, bahwa selama perjalan arus mudik ini, bukan kecematan yang kita capai, tapi rasa keselamatan selama perjalanan hingga tiba ditempat tujuan menjadi tujuan utama yang harus diperhatikan.

Peta-Mudik-Lebaran-2013-Jawa-Barat

 

Titik Rawan Macet Merata Semua Jalur

Info Jabar