JALUR NAGREK – TAROGONG GARUT MACET PARAH

Posted on Juli 1, 2013

0


Mungkin sudah hampir 1 bulan terakhir ini jalur antara nagrek hingga Tarogong kabupaten Garut mengalami kemacetan akibatnya adanya perbaikan jalan di kawasan leles garut.
Hal ini semakin terasa manakala memasuki musim liburan seperti sekarang ini, kondisi kemacetan di daerah tersebut semakin ‎​X_X=-?(*)ÞǺƦ媪ªªäћ..(*)=-?X_X”.
Apalagi daerah Garut sudah menjadi daerah kawasan wisata yang selalu ramai dikunjungi orang setiap musim liburan tiba.
Daerah seperti Cipanas, kawah Darajat, daerah kamojang bahkan hingga ke daerah pameungpeuk garut selatan cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dari berbagai daerah.
Ini Şěmůã menunjukkan bahwa semakin berkembangan Kabupaten daerah sebagai sebuah objek wisata, baik wisata alam, maupun wisata kuliner yang sudah melakat menjadi icon kota Garut ini.
Namun demikian seiring dengan perkembangan daerah tersebut, pemerintah daerah harus pula mulai menata kawasan wisata tersebut menjadi lebih baik terutama dalam masalah sarana transportasi jalan yang perlu mendapat perhatian khusus dari Şěmůã pihak.
Kondisi jalan yang saat ini terbilang tidak mencukupi akibat arus kendaraan yang masuk ke kota garut cukup banyak setiap tahunnya.
Akibatnya ruas jalan dari mulai Nagrek hingga ke arah Tarogong Garut mengalami kepadatan yang cukup tinggi dan bahkan dibeberapa tidak mengalami macet total akibat ruas jalan yang tidak sesuai dengan jumlah volume kendaraan.
Ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah daerah kabupaten Garut dan tentunya pemerintah provinsipun harus ikut serta memikirkan langkah pengembangan kawasan Garut ini.
Saat ini pemerintah daerah sedang melakukan upaya pelebaran jalan dikawasan leles Garut dengan melakukan pengikisan tebing dan akan dibuat menjadi jalan sehingga akan lebih lebar dan diharapkan akan mempermudah arus kendaraan dikawasan tersebut.
Tapi itu saja juga belum cukup, masih banyak lagi kawasan lainnya di kota Garut yang harus ditata kembali terutama sarana jalan yang harus lebih memadai lagi.
Intinya pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat harus duduk bersama dengan para steckholder juga untuk memikirkan langkah kedepan dalam pengembangan kota Garut menjadi kawasan wisata.
Perlu ada masterplan yang mendasari itu Şěmůã dan Şěmůã pihak memahaminya untuk menjalankan masterplan tersebut secara bertahap sehingga perkembangan kota garut lebih dirasakan oleh Şěmůã pihak masyarakat.