KARAWANG

Posted on Juni 6, 2013

0


Karawang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang lokasinya sangat berdekatan dengan daerah penyangga Ibukota yaitu Bekasi.
Kultur masyarakat disini yang sebagian besar adalah kaum petani dan buruh membuat daerah karawang memiliki ciri tersendiri dibanding kabupaten lain di Jawa Barat.
Struktur masyarakat disini yang hampir sebagian besar adalah pekerja buruh, baik buruh pabrik, ataupun industri skala besar yang banyak terdapat diwilayah karawang ini.
Selain itu masyarakat disini juga sebagian besar adalah para pekerja dibidang pertanian teruatama pesawahan yang sudah terbukti merupakan salah satu lumbung padi nasional hingga saat ini.
Namun karena situasi dan daerah yang ada diwilayah karawang ini sebagian besar daerah dataran rendah dengan struktur cuaca yang lembab dan panas, membuat masyarakat disini merupakan masyarakat pekerja keras dan cenderung memiliki karakter yang lebih keras dibanding yang lainnya.
Namun demikian masyarakat Karawang cukup dinamis dan sangat mempertahankan budaya setempat untuk tetap dilestarikan hingga akhir jaman.
Saat musim panen tiba…dan masyarakat mulai sibuk dengan kegiatan pengolahan padi, maka geliat kehidupan ekonomi masyarakat pedesaan mulai terasa.
Ini memang sudah menjadi ciri bagi daerah karawang, manakala sedang musim panen…maka aktifitas masyarakatpun mulai terasa bergairah.
Ini dibuktikan dengan setiap musim panen, pasti selalu banyak pesanan atau order manggung bagi grup-grup kesenian yang ada disini.
Mulai dari pesta hajatan kawinan, pesta sunatan sampai kepada pesta menyambut panen rayapun selalu digelar oleh masyarakat pedesaan sebagai wujud atas keberhasilan panen tahun ini
Itulah Karawang dengan segala kehidupan dan perkembangan masyarakat di dalamnya yang menjadikan Karawang tidak saja sebagai lumbung padi Nasional, tapi telah tumbuh menjadi daerah industri yang lebih besar sebanding dengan daerah bekasi sebagai tetangganya.

Made at Kantor kepala Desa Pusakajaya Selatan Kecamatan cilebar karawang
Post from Blackberry