SECOND OPINION

Posted on April 12, 2013

0


Hasil dari suatu keputusan dari seorang ahli atau pakar belum tentu sepenuhnya benar selama pendapat itu hanya datang sari satu sumber saja.
Terkadang kita perlu adanya pendapat lain atau informasi tambahan lainnya yang bisa memberikan suatu penjelasan lebih detail dan spesifik lagi sehingga pendapat seseorang tersebut dapat lebih jelas dan dimengerti.
Inilah sebenarnya yang harus diketahui oleh pasien dan keluarga pasien terhadap penyakit pasien atas apa yang telah dilakukan analisa oleh dokter.
Bila penyakit pasien terbilang kompleks, maka sebaiknya dokter bisa memberikan alternatif pemeriksaan kepada dokter lain, sehingga bisa lebih memperjelas terhadap penyakit yang diderita oleh pasien.
Keluarga pasien dan juga pasien sendiri perlu mengetahui hasil analisa dokter dan mengetahui juga langkah2 apa yang akan dilakukan oleh terhadap pasien dalam menangani penyakitnya.
Hal ini terkadang kurang dipahami oleh pasien, dan mungkin hampir sebagian besar masyarakat hanya menerima saja apa yang menjadi keputusan dokter tanpa berani untuk bertanya dan meminta penjelasan lebih lanjut.
Padahal masyarakat perlu tau dan perlu memahami juga tentang kondisi pasien secara medis dan apa yang harus dilakukan terhadap pasien, selain itu keluarga pasien juga berhak untuk bertanya tentang penyakit pasien dan mengapa langkah2 tersebut harus dilakukan.
Inilah mungkin yang perlu diketahui oleh keluarga pasien dan pasien itu sendiri sehingga secara psikologis pasien dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh dokter dan apa yang harus dilakukan oleh pasien serta keluarga pasien.
Karena itu bila ada keluarga anda yang sakit dan dirawat, maka hendaknya kita selalu memperhatikan apa yang sedang dilakukan oleh dokter serta memperhatikan tindakan yang dilakukan oleh perawat.
Dan keluarga pasien pun bila dirasakan kurang mengerti maka berhak untuk bertanya dan mengetahui apa yang sedang dilakukan terhadap pasien.
Keberanian masyarakat untuk bertanya dan mencari informasi sebanyak mungkin diharapkan dapat membantu proses penyembuhan pasien lebih cepat dan mengantisipasi segala tindakan yang akan dilakukan.

Publish from Blackberry

Iklan