NYALINDUNG

Posted on Juli 2, 2012


Ini merupakan nama daerah di Sukabumi Selatan yang merupakan kota Kecamatan untuk daerah sekitarnya

Kawasan Nyalindung berbeda dengan daerah lain, dimana pada daerah ini lebih banyak di lindungi oleh kawasan perhutanan dan perkebunan Kopi yang menjadi ciri tersendiri bagi daerah ini.

Secara umum karakteristik warga di daerah ini adalah petani dan pekerja buruh tani. Sedangkan sebagian lainnya adalah pekerja swasta, pekerjaan pemerintahan dan juga para pedagang.

Kawasan ini masih terasa sangat asri, dan nyaman, karena selain kawasan ini masih tetap asri dengan pepohonan cemara yang alami, juga masih tetap terjaga kelestarian alamnya dengan sangat baik.

Namun inilah yang membedakan kawasan Nyalindung dengan kawasan lainnya yang berada di sekitarnya, seperti daerah Purabaya.

Akan tetapi inilah yang membedakan kawasan Sukabumi Selatan pada umumnya dengan kawasan lainnya, yaitu dukungan infra struktur yang masih belum layak dan sedikit menghambat aktifitas warga.

Sarana transportasi seperti jalan umum yang menghubungkan kawasan ini dengan kota-kota yang ada disekitarnya, masih terasa dalam kondisi rusak parah dan tidak layak untuk dilalui.

Kondisi jalan yang rusak ini, ternyata tidak hanya terdapat di kawasan nyalindung saja, tapi hampir disemua tempat atau kota baik tingkat desa maupun kecamatan yang hampir sebagian besar kondisi jalannya rusak parah.

Inilah yang menjadi ciri bagi daerah Sukabumi Selatan dimana kondisi jalan dan insfrastruktur lainnya yang belum layak dipergunakan atau bahkan harus segera diperbaiki kembali.

Kenapa juga kawasan ini bernama Nyalindung? kalau dalam bahasa Sunda Nyalindung, berarti berlindung dari sesuatu.

Jika kemudian kawasan ini bernama Nyalindung, bisa jadi tempat ini dahulunya adalah tempat untuk bersembunyi atau menyembunyikan sesuatu, sehingga mereka mencari tempat yang aman.

 

made at Sagaranten 28 juni 2012

Iklan