KESADARAN DI JALAN RAYA

Posted on September 13, 2011


Kemarin setelah dengan perencanaan dan memang karena ada keperluan, mang melakukan perjalanan ke daerah Sukabumi, Cianjur. Dari hari perjalanan tersebut, dapat disimpulkan bahwa saat ini kondisi di jalan raya sangat…sangat …..sangat berbahaya dan rawan sekali terhadap kecelakaan.

Banyaknya kendaraan bermotor roda dua, yang selalu berjalan seperti tanpa aturan dan seolah-olah mereka menguasai jalan raya.

Hal ini sangat menyulitkan bagi bagi pengendaraan mobil karena akibat ulah mereka kita harus lebih extra waspada dan selalu berhati-hati dalam berkendaraan.

Dilematis memang kondisi di jalan raya saat ini, disatu sisi banyaknya kendaraan bermotor baik mobil maupun motor yang secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup masyarakat, tapi di satu sisi masih kurangnya kesadaran dalam berkendaraan terutama di jalan raya yang padat dan ramai.

Inilah memang kondisi jalan raya di Indonesia saat ini.

Belum lagi ditambah kendaraan umum baik Bus, ataupun angkutan transportasi umum seperti angkot yang selalu menjadi biang masalah di jalan raya.

Mereka di tuntut untuk bisa mengejar setoran sehingga berusaha untuk mencari penumpang sebanyak mungkin. Yang pada akhirnya tidak memperdulikan lagi kondisi di jalan raya bahkan tanpa sadar mereka juga tidak memperdulikan para awak penumpang kendaraan umum.

Faktor lainnya juga adanya kebiasaan masyarakat setempat dalam melakukan kegiatan ekonomi sehari-hari yang pada akhirnya mereka juga berusaha untuk tidak memperdulikan lagi tentang kondisi di jalan raya.

Hampir setiap jalan raya yang dilalui bila berpapasan dengan pasar tradisional ataupun pusat keramaian, pasti akan menimbulkan antrian kendaraan dan kemacetan yang cukup panjang.

Inilah kondisi dilematis di jalan raya, dimana kebutuhan masyarakat dengan kondisi jalan raya yang terkadang berbenturan sehingga pada akhirnya para pengguna jalan raya yang akan menjadi korbannya.

Disinilah kita sebagai pengendaraan harus di tuntut lebih berhati-hati dalam berkendaraan, selalu waspada dan mematuhi setiap rambu lalu lintas yang ada.

Benar seperti yang dikatakan oleh pakar transportasi di Indonesia, bahwa kondisi jalan raya adalah merupakan kondisi yang paling tidak aman dalam kehidupan kita.

Untuk itu kita harus tetap waspada, selalu berhati-hati dan terlebih dari itu semua, kita selalu memohon agar dalam perjalanan kita selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Iklan
Posted in: Blog, catatan