CIAMIS PERLU ISP LAIN SELAIN SPEEDY

Posted on Juli 29, 2011


Hari ini sejak tadi siang, koneksi internet yang menggunakan Speedy mengalami gangguan, dan sekarang sudah lebih dari pukul 6 sore, masih tetap juga gangguan. Celakanya lagi semua ini terkena dampaknya, karena koneksi internet pada umumnya khususnya di Ciamis masih menggunakan ISP dari Speedy produk dari Telkom.

Inilah mungkin dampak dari dominasi di satu daerah atau kota yang hanya ada satu ISP. Dan pasti itu semua menggunakan koneksi Speedy.

Belum ada ISP lain selain Speedy yang bisa menjangkau sampai ke daerah-daerah. Selain karena para provider tersebut memperhitungkan untung dan ruginya, juga mereka kalah bersaing bila berhadapan dengan perusahaan milik pemerintah.

Telkom sebagai salah satu sarana komunikasi di negeri ini, memang telah mejangkau hampir 80% produk elektronik khususnya media multimedia.

Pertanyaan sekarang, mengapa tidak ada ISP dari perusahaan lain yang bisa masuk ke daerah?

Perusahaan lain bila akan mengembangkan di daerah membutuhkan investasi yang tidak sedikit, bahkan mungkin bisa melebihi dari yang direncanakan. Masalahnya mereka tidak berani untuk menjual produk mereka, karena pasti harga jualnya akan sangat mahal.

Hal ini dilakukan karena untuk menutup biaya operasional mereka, sehingga pada akhirnya beban di kenakan kepada konsumen.

Dengan cara ini jelas merupakan resiko yang cukup besar bagi para ISP untuk bisa mengembangkan jaringan internet di daerah.

Hal ini berbeda dengan Telkom. Saat ini telkom sangat gencar untuk terus memasarkan produknya keberbagai daerah. Bahkan mereka telah menjual paket koneksi internet untuk kepentingan sekolah dan lembaga pendidikan dengan biaya yang relatif murah.

Selain itu Telkom juga sudah merambah jaringan internetnya hingga ke kecamatan. Sehingga di tingkat kecamatan saat ini telah tersedia fasilitas koneksi internet dalam rangka untuk memadukan jaringan koneksi internet pemerintahan yang berbasis internet.

Singkatnya, produk telkom telah merambah di hampir setiap sektor kehidupan masyarakat di Indonesia. Baik di kota besar, di kota kecil bahkan hingga ke pedesaan sekalipun telah tersedia jaringan koneksi internet dari telkom.

Celakanya bila terjadi seperti saat ini, adanya perbaikan ( kata orang telkomnya ) sehingga seluruh jaringan koneksi internet akan mengalami gangguan. Seperti di Ciamis saat ini.

Seluruh koneksi internet mati total sejak tadi siang, hingga sekarang sudah pukul 18.30 WIB masih tetap saja belum tersambung koneksi internet.

Yang bikin menyebalkan lagi adalah, tidak adanya pemberitahuan dari pihak telkom sendiri. Malah mereka lebih sering kita hubungi langsung baik melalui cal 147 maupun kontak person pihak telkom sendiri.

Yang bikin lebih parah lagi, pihak cal 147 terkadang tidak mengetahui bila di lapangan ada gangguan koneksi internet. Mereka beralasan bahwa mereka belum mendapat laporan adanya gangguna koneksi internet, sehingga mereka setelah melakukan pengecekan, jalur koneksi yang kita anggap sedang gangguan, mereka mereka tidak masalah dan tetap lancar.

Kok bisa yah, pihak 147 tidak pengetahui adanya gangguan koneksi internet? Terus mereka kerjanya ngapain aja dong? Apa hanya menerima laporan saja, dan berusaha untuk menjual produk saja?

Inilah kendalanya bila perusahaan milik pemerintah, mereka merasa paling besar dan telah menguasai pangsa pasar yang sanagt dominan, sehingga faktor pelayanan sering terabaikan. Inilah hal yang biasa terjadi para perusahaan BUMN di Indonesia.

Kalau saja di Ciamis dan di wilayah Priangan Timur ada ISP lain selain Speedy, mungkin akan ada alternatif pilihan bila salah satu sedang mengalami gangguan seperti sekarang ini.

Hal ini bisa terjadi bila ada peran serta dari pemerintah untuk mendukung keberadaan pihak investor untuk mengembangkan jaringan koneksi internet di daerahnya.

Seperti di Ciamis ini, pihak pemerintah dan Pemda, sepertinya tidak peduli dengan masalah koneksi internet ini. Mau ada koneksi atau tidak bagi mereka tidak masalah, karena mereka juga jarang menggunakan internet.

Padahal melihat perkembangan jaman saat ini serta kemajuan teknolodi yang dicapai saat ini, kemajuan koneksi internet dan juga multi media sangat ikut mendukung keberhasilan jaringan kerja pemerintahan yang lebih efektif dan efisien.

Yang jelas di wilayah Priangan Timur dan khususnya Kabupaten Ciamis sangat membutuhkan keberadaan pihak ISP lain selain Speedy. Tinggal sekarang siapa yang berani untuk melakukan investasi di daerah dan siapa yang berani Pemerintah Daerah untuk mau membuka diri terhadap kemajuan teknolgi internet ini.

Update : Akhirnya koneksi internet di kota Ciamis dan sektiarnya bisa kembali normal pada pukul 21.30 WIB.

Iklan