PROTEKSI DOKUMEN WORD 2007

Posted on Januari 10, 2011

2


Mungkin diantara anda ada yg sudah mengenal cara melakukan proteksi file dokumen anda dengan menggunakan program pengolahan kata atau word 2007. Tapi sekedar untuk memberikan sedikti tambahan informasi dan berbagi, tidak ada salahnya bila pada posting kali ini saya membahas soal proteksi dokumen pada word 2007.

Word 2007 memang memberikan banyak sekali fitur tambahan yang memanjakan penggunanya, salah satunya adalah proteksi dokumen. Pada word 2007 ini, untuk melakukan proteksi dokumen word anda dapat dilakukan dengan sangat mudah, dan hanya memerlukan beberapa langkah saja, sehingga akhirnya dokumen anda telah dilindungi oleh password yang telah anda buat sendiri.

Langkah-langkahnya ada sebagai berikut :

  1. Pilih bottom Office bottom yang ada di pojok kiri atas layar word anda. ( ada logo word 2007)
  2. Lalu klik pada bottom tersebut, kemudian akan muncul layar tab menu, lalu anda cari menu pilihan Prepare
  3. Setelah menu Prepare anda klik, kemudian anda cari lagi menu Encrypt document, atau yang ada gambar kunci.
  4. Setelah Encrypt document anda klik, maka anda muncul tab baru berupa encrypt document yang dapat anda gunakan untuk memasukan password yang ingin anda gunakan untuk dokumen yang anda ingin lindungi dengan password.
  5. Setelah di isikan password yang anda inginkan, kemudian klik OK, lalu akan muncul layar tab baru lagi untuk konfirmasi password anda, anda tulis ulang password yang telah anda buat tadi.
  6. Setelah konfirmasi, kemudian klik OK.
  7. Maka sekarang dokumen anda telah di lindungi oleh password untuk membukanya.
  8. Untuk mengetahui hasilnya, silahkan anda close dokumen anda tadi, kemudian anda panggil kembali, file dokumen anda, maka nanti akan terlihat perbedaannya.

Dengan melakukan proteksi terhadap dokumen anda, maka tidak sembarang orang dapat membaca, melihat isi dokumen anda, bila tidak menggunakan password yang anda buat sendiri. Dengan kata lain, ini akan membuat file dokumen anda menjadi lebih bersifat pribadi.

Selamat mencoba.

 

Iklan
Ditandai: , ,