TIPS BERMAIN FARMVILLE

Posted on September 3, 2010

5


farmville Game sosial network yang cukup populer dari zynga yang berada di Facebook ini mungkin hampir selalu menjadi pusat perhatian para pengguna sosial network ini.

Tercatat menurut dari managemen zynga sendiri ada sekitar 25 juta orang yang memainkan game Farmville ini, mungkin ini adalah game terbesar penggunanya di FB.

Ada banyak yang bertanya cara menaikan level supaya cepat, dan kita bisa punya coin cukup banyak.

Pertanyaan ini sering sekali di tanyakan oleh para pemain FV, dan mungkin ini sudah merupakan pertanyaan yang usang, tapi tetap selalu di cari oleh para pemain FV dimanapun berada.

Nah, mang coba ulas cara bermain FV agar bisa cepat naik level, tapi jujur saja, ini bukan bermaksud untuk menggurui atau mengajarkan, tapi semua ini berdasarkan pengalaman mang sendiri selama hampir setahun ini bermain FV.

Kalo ada yang mo menambahkan atau memberikan saran tentang posting mang ini, dengan senang hati, sekedar untuk saling berbagi pengalaman dalam bermain FV.

KONSISTEN

Sejak awal puasa kemarin, mang mencoba melakukan beberapa langkah untuk bisa menaikan level FV dengan waktu yang relatif cepat.

Sebelumya, bagi anda yang belum mengetahui berbagai jenis tanaman yang ada di FV, silahkan baca terlebih dahulu postingan mang tentang Daftar Tanaman di Farmville yang ada di blog ini juga.

Baca Daftar Tanaman di Farmville

Sejak memasuki puasa tahun ini, level FV mang sudah mencapai level 70, dan hari ini tepatnya sudah 21 hari puasa, level FV mang sudah mencapai level 78.

Artinya dalam rentang waktu 21 hari ini mang sudah naik level sampai 8 kali, dengan perkiraan naik level setiap 2,5 hari pasti naik level.

Itu kalo kita hitung-hitungan. Tapi nyatanya yang paling penting adalah kita harus konsisten dalam bermain FV.

Dalam postingan mang tentang Daftar Tanaman di Farmville, mang sudah membagi beberapa jenis tanaman berdasarkan lamanya waktu panen.

Ada tanaman yang berumur pendek, tanaman berumur sedang dan tanaman berumur panjang.

Tanam berumur pendek, tidak lebih dari 8 jam waktu panen, sedangkan tanaman berumur sedang antara 8 – 18 jam waktu panen, dan tanaman berumur panjang antara 1-4 hari waktu panen.

Nah, untuk kita bisa mengejar naik level dengan waktu yang relatif singkat, maka kita harus menanam tanaman yang berumur pendek terlebih dahulu.

Dari hasil pemilihan tanaman di FV, tercatat ada sekitar 12 tanaman yang berumur pendek.

Pada kelompok ini tanaman yang paling lama waktu panennya hanya sekitar 8 jam saja. Sisanya antara 6 jam, 4 jam dan 2 jam waktu panen.

Meskipun tanaman berumur pendek di FV ini memiliki nilai XP yang relatif kecil yaitu hanya 1 XP, tetapi dengan waktu panen yang singkat, maka ini bisa menambah cepat penambahan level kita.

Contoh, bila kita menanam Blackberries yang waktu panennya hanya 4 jam, maka dalam satu hari kita bisa menanam sekaligus panen sebanyak 3-4 kali panen.

peas

MENGATUR JADWAL BERMAIN

Hal yang paling penting yang juga harus kita perhatikan adalah dalam mengatur jadwal bermain FV kita.

Karea tidak setiap saat kita bisa terus berada di depan monitor memantau perkembnagan game kita.

Terkadang kita terhalang oleh berbagai kesibukan yang tidak kita rencanakan, apalagi bila anda yang sudah dengan pekerjaan di kantor, atau sibuk mengurus keluarga di rumah.

Nah, untuk kita kita harus pandai-pandai mengatur jadwal ol kita agar kita bisa tetap bermain FV tanpa harus ketinggalan, namun kegiatan keseharian kita masih tetap bisa kita kerjakan.

Soal mengatur jadwal ol, mungkin hanya anda yang bisa mengaturnya, karena anda yang mengetahui kegiatan kesibukan anda, jadi tinggal bagaimana anda mengatur jadwal anda agar kegiatan ol anda bisa berjalan baik dan kegiatan keseharian anda juga tidak terganggu.

Perlu diketahui, bahwa di FV, ada 2 jenis tanaman yang memiliki nilai XP cukup besar yaitu 3 XP, tanaman itu adalah, Peas dan Purple Pod Peas. Bila kedua jenis tanaman ini sudah terbuka di market anda, maka sebaiknya anda menanam tanaman ini terlebih dulu untuk menaikan level FV anda.

purplepodpeas

PERLUAS FARM ANDA

Saat ini di game FV memiliki luas Farm yang terbesar adalah ukuran 26×26 dengan nilai sebesar 1 juta coin.

Bila anda sudah mempunyai cukup coin maka sebaiknya anda perluas lahan farm anda, sehingga lahan untuk menanm menjadi lebih banyak lagi.

Konsep saya dalam bermain Farmville ini adalah menanam sebanyak mungkin tanaman yang bisa kita tanam di farm kita.

Artinya, mang selalu berusaha untuk menambah lahan sebanyak mungkin agar semakin banyak petak untuk kita menanam

Saat ini lahan untuk menanam di farm mang ada sekitar 548 petak.

Untuk sementara berbagai jenis bangunan, rumah atau asesories lainnya mang simpan dulu dalam gudang atau Barn.

Saat ini Farmville baru saja merilis Barn dengan kapasitas yang cukup besar yaitu sebanyak 500 item dapat kita simpan semuanya dalam barn kita.

PERBANYAK TETANGGA

image

Karena game ini lebih kepada interaksi diantara pemainnya dengan sesama pemain lain, maka semakin banyak tetangga yang kita punya, maka semakin besar juga peluang kita untuk naik level.

Karena itu sebaiknya anda perbanyak tetangga anda di farmville.

Cara untuk menambah tetangga di FV, adalah dengan bergabung dalam grup Farmville.

Saat ini di Facebook sendiri banyak sekali grup Farmville dengan anggotanya ynga juga cukup banyak.

Salah satunya adalah dapat bergabung di grup FARMVILLE PETANI INDONESIA.

Bila anda telah bergabung disana, maka anda tinggal posting di wall grup dengan pesan “Add Me level anda”

Pasti dalam waktu singkat akan ada penambahan jumlah tetangga dalam farmville anda.

Buatlah daftar teman di Facebook anda dengan nama Farmville, sehingga setiap ada orang yang meminta untuk menjadi tetangga atau teman anda, anda sudah mengkelompokkan teman anda tersebut dalam grup Farmville di daftar teman anda.

Soal tetanggan di Farmville ini, dalam beberapa hari terakhir ini mang sedikit agak sewot juga, karena meskipun kita sudah bisa saling kirim2an gift, tetapi ternyata dalam daftar tetangga di game farmville masih dalam status pending atau bahkan masih belum menjadi tetangga kita.

Ini terjadi dengan sendirinya, mungkin karena system dari zynga sendiri yang sepertinya kurang praktis dalam melakukan app terhadap permintaan menjadi tetangga di farmville.

Namun selama anda masih bisa berkiriman gift, atau mengirim balik gift, mang pikir ga terlalu di permasalahkan saja.

Meskipun teman kita tersebut tidak ada dalam daftar tetangga di farmville, selama kita masih bisa mengirim gift hal ini tidak menjadi masalah.

Karena setelah di perhatikan, sepertinya memang soal tetangga ini sedikit agak memusingkan, karena secara tiba-tiba ada beberapa tetangga kita yang hilang dari daftar, meskipun dia sudah menjadi teman kita di FB.

BERBURU BONUS

image

Setiap tetangga kita di FV melakukan publish ke wall FB kita, maka biasanya disana ada link untuk kita mengambil bonus dari teman kita tersebut.

Nah kita harus rajin-rajin berburu hadiah atau bonus dari teman kita.

Kita harus rajin melihat-lihat halaman Beranda wall kita, siapa tau ada teman kita yang sudah melakukan publish sesuatu dari farmnya.

Ini bisa jadi menambah sesuatu untuk farm kita. Bisa menambah xp, menambah coin, atau mungkin saja kita bisa mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik tanpa harus mengeluarkan coin.

MENGIRIM GIFT

Biasakan dalam bermain game FV kita, kita selalu mengirimkan gift untuk tetangga kita.

Ada 2 keuntungan dalam kita mengirim gift untuk tetangga kita.

Pertama kita dapat memberitahukan tetangga kita kalo kita aktif di game ini dengan mengirimkan gift secara rutin.

Kedua, kita akan mendapatkan kembali gift yang kita kirimkan, bila tetangga kita melakukan pengiriman balik gift tersebut.

Jadi bila anda ingin mendapatkan wooden untuk melangkapi bangunan yang anda miliki, maka sebaiknya anda kirim tetangga anda wooden.

Maka hasilnya nanti anda akan mendapatkan kembali wooden dari hasil pengiriman yang telah anda lakukan sebelumnya.

Saat ini, kotak gift yang ada di panel game kita, bisa menampung lebih dari 250 gift. Sehingga dengan cara ini maka anda bisa menumpuk gift yang anda miliki untuk kemudian suatu saat bisa anda buka atau anda pergunakan di farm anda.

RINGKASAN SINGKAT

Untuk bisa menambahkan level di Farmville dengan waktu yang relatif singkat, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan :

  1. Mengatur jadwal panen secara konsisten dan usahakan untuk bisa ol dalam satu hari sekitar 1-2 jam untuk bermain FV.
  2. Tanam tanaman yang berumur pendek terlebih dahulu. Bila tanaman jenis Peas dan Purple Pod Peas telah terbuka di Market anda, maka tanamlah jenis tanaman ini hingga mencapai mastered 3
  3. Perbanyak tetangga anda di Farmville
  4. Perluas lahan Farm anda dengan melakukan upgrade farm
  5. Lakukan pengiriman gift secara rutin kepada tetangga anda.
  6. Jangan mudah terbujuk oleh Themes dari zynga, bila dirasakan oleh anda tidak perlu, maka sebaiknya anda tidak mengikuti themes yang ada dari zynga.
  7. Jangan menghambur-hamburkan coin dan FV cash anda bila tidak perlu.

farmkeysFarmville-logo

Silahkan download tulisan lain tentang Tips Farmville ini, langsung di sini.

Lihat Tulisan berkaitan dengan Farmville :

Semoga bermanfaat, dan selamat berkebun….

Digg This
Iklan