JALUR NAGREG

Posted on September 3, 2010

0


nagreg Lintas jalur utama kawasan selatan, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kawasan Nagreg. Ini merupakan kawasan jalur utama arus mudik baik dari arah Bandung ke selatan ataupun sebaliknya.

macet-cover

Perlintasan Nagreg ini sangat terkenal, mana kala beberapa tahun yang lalu sempat menjadi pusat perhatian arus mudik, karena ternyata menimbulkan kemacetan hingga berjam-jam akibat perlintasan jalur jalan tersebut.

Memang jalur nagreg adalah unik, karena jalur ini membelah antara arah dari Bandung menuju ke Garut, dan arah dari Bandung Menuju ke Tasikmalaya, dengan juga dengan sebaliknya.

Jalur ini menjadi sangat unik karena kondisi jalan yang berada di ketinggian pebukitan, serta dengan kondisi tanjakan jalan yang cukup terjal, sehingga banyak korban berupa kendaraan bermotor yang tidak kuat melintasi jalan ini sehingga mengakibatkan antrian yang cukup panjang di belakangnya.

nagreg-isi Inilah mengapa jalur Nagreg ini akhirnya menjadi pusat perhatian dari pemerintah pusat melalui Dinas PU nya, dan sejak beberapa tahun terakhir ini telah merencanakan jalur alternatif dan membangun jalur baru untuk memberika kemudahan dalam melintasi jalur nagreg.

Jalur lingkar luar nagreg di bangun untuk memudahkan para pengemudi menghindari dari tanjakan nagreg yang cukup terjal.

Namun demikian jalur lingkar nagreg ini juga tidak relatif aman, karena menurut pantau ternyata daerah ini sangat rawan terhadap kondisi longsor.

Tercatat ada 3 lokasi titik yang lawan longsor di jalur lingkar luar nagreg ini, yaitu pada KM3, KM 5 dan KM 9, karena selain konstruktur tanah yang labil juga di daerah ini sering terjadi pergerakan tanah yang mengakibatkan longsor dan sangat membahayakan bagi penduduk di bawahnya.

Namun demikian dari upaya yang telah dilakukan oleh PU dan pemerintah pusat ini, patutlah kita acungi jempol, karena telah berhasil membangun jalur baru membelah bukit batu kapur yang cukup keras dan membuat jalur baru melintasi jalur utama nagreg.

presiden20081004jabar

Diharapkan dengan telah berfungsinya jalur luar nagerg ini, maka dapat mengatasi kemacetan yang biasa terjadi di perlintasan nagreg sehinga mengurangi dampak kecelakaan yang biasa terjadi di jalur ini.

Diharapkan dengan telah terbukanya jalur nagreg ini, maka kelancaran arus mudik jalur selatan melalui nagreg hingga Tasikmalaya dan Ciamis, akan kembali lancar dan normal, sehingga membuat arus mudik kali ini berjalan lancar dan aman serta tertib. Semoga…………

logoformatweb

Digg This
Iklan