MEMBANGUN PABRIK DI FARMVILLE

Posted on Juli 27, 2010

11


Farmville-logo Sudah sekitar satu minggu ini, game Farmville yang merupakan salah satu game favorit pengguna Facebook, melakukan penambahan items yang bisa kita manfaatkan untuk bermain game di farmville.

Salah satunya adalah Building Crafting, atau membangun fasilitas berupa bangunan yang memproduksi beberapa item untuk nantinya kita akan mendapatkan reward atau hadiah dari hasil produksi di pabrik tersebut.

Ada tiga pilihan bangunan yang bisa kita pilih sesuai keinginan kita, yaitu :

  1. The Winery : untuk membuat minuman wine
  2. Bakery : untuk membuat roti dan kue
  3. Spa : untuk membuat parfum

fm2

Hanya saja untuk fasilitas ini, tidak semua pemain di FV bisa mendapatkan, tetapi akan secara bergilir sesuai dari system yang diberlakukan oleh zynga sendiri.

Jadi kalo anda yang bermain FV saat ini belum mendapatkan fasilitas ini, mungkin tunggu saja, pasti nanti juga akan muncul pop ini pada saat kita login di FV yang berikutnya.

Dari ketiga bangunan yang dirilis oleh zynga ini, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, dengan pilihan menu serta recipe yang juga berbeda-beda.

Secara garis besar bisa kita artinya bahwa kita membangun fasilitas berupa pabrik, untuk kemudian kita produksi sesuai recipe yang ada, kemudian kita jual hasil produksi kita, sehingga kita mendapat rewar berupa tambahan koin dan juga yang terpenting adalah fuel untuk kita pergunakan.

Zynga sendiri membatasi untuk bisa mendapatkan ini berlaku untuk level 25 keatas, artinya bila anda saat ini belum mencapai level 25 maka anda hanya bisa mengumpulkan bushel dari hasil harvest kebun anda saja.

Kebetulan sekali mang memilih Bakery sebagai tempat untuk bermainnya. Dan saat ini baru sekitar 3 hari bermain sudah mencapai level 3 untuk Bakerynya sendiri.

bakery1

Cara bermain

Untuk bisa bermain dalam Bakery atau mungkin juga bangunan yang lainnya, namun secara garis besar caranya hampir sama, tetapi mang disini hanya menjelaskan yang ada pada Bekery saja.

Jika anda klik bangunan pabrik anda, maka anda pilih Ramer Market, sehingga nanti akan muncul popup seperti pada gambar diatas.

Secara umum pada bagian Bakery ini, ada 4 menu utama yang perlu kita perhatikan, yaitu Stall, Make, Use, dan Buy yang berada pada bagian samping kiri bertanda kuning.

Masing-masing dari menu tersebut terdapat beberapa menu tambahan didalamnya. Bila anda klik salah satunya, maka akan muncul menu berikutnya yang bisa anda pilih.

Pada menu Stall, mungkin anda sudah terbiasa atau mengetahuinya dari penggunaan Stall yang ada sebelumnya.

Pada menu Make, disini bila anda klik ada tiga pilihan menu yang berbeda, yaitu Make Goods, Recipe dan Good’s I’m Selling.

Untuk mulai membuat roti atau kue, maka yang kita pilih adalah Recipe. Seperti gambar di bawah ini….

bakery2

Pada bagian ini, maka ini adalah tempat anda untuk membuat roti atau kue sesuai yang terdapat disana.

Mulai dari Pumpikn Bresd, Strawberry cake, Spicy Muffin dan seterusnya. Untuk melihat seluruh menu yang tersedia, tinggal anda klik saja panah disampingnya.

Sebagai contoh anda akan membuat Pumkin Bread, bila anda klik gambarnya, maka dibawahnya akan muncul beberapa item yang diperlukan untuk membuat pumpin bread tersebut.

Untuk membuat Pumkin Bread dibutuhkan pumkin bushel dan wheat bushel, dimana masing-masing di butuhkan 4 item.

Bila persediaan bushel anda telah memenuhi, maka akan langsung dipergunakan, tapi bila ternyata bushel anda belum anda, maka tinggal anda klik Buy yang ada dibawahnya.

Setelah anda klik buy, langkah selanjutnya anda akan melakukan belanja bushel dari para tetangga anda yang menyediakan bushel yang diperlukan.

bakery3

Pada gambar diatas, adalah tempat untuk kita memperoleh bushel yang kita butuhkan, anda tinggal mencari saja bushel yang ingin anda pergunakan untuk membuat recipe yang diminta tadi.

Bila seluruh bahan yang diperlukan sudah lengkap semua, maka anda kembali lagi ke menu Make dan pilih recipe, lalu perhatikan pada bagian menu yang  ada, cari tulisan Make it.

Bila telah ada tulisan Make it, itu artinya recipe anda sudah siap untuk dibuat, tinggal anda klik saja tulisan tersebut.

Sampai disini seluruh proses untuk membuat kue atau roti sudah selesai. Tinggal bila anda ingin membuat lagi bahan yang lainnya maka tinggal anda lanjutkan kembali seperti pada langkah sebelumnya.

Bila Bakery anda masih bintang 1 itu artinya bakery anda masih dalam tahap permulaan, dan anda hanya bisa menggunakan oven sebanyak 2 buat untuk sekali produksi.

Bila Bakery anda sudah bintang 3 maka anda bisa menambahkan 1 oven lagi untuk anda pergunakan dalam membuat roti.

Bila sudah mencapai bintang 3, maka oven yang bisa anda pergunakan bisa mencapai 4 buah untuk sekali produksi.

Reward

Untuk hasil yang telah anda buat, baik di Bakery maupun Spa atau The Winery, masing-masing akan memperoleh reward, berupa koin dari hasil penjualan atau pun reward dari hasil produksi kita.

Rewardnya dapat berupa Fuel, ataupun koin dimana untuk koin kita bisa mendapatkan lebih banyak bila kita bisa menjual lebih banyak juga kepada orang lain.

fm6

fm9

Nah semoga sedikit informasi dari pengalaman mang ini bisa membuat anda lebih mengenal lagi cara bermain di FV, terutama pada bagian Craffting Building ini, jadi kita bisa lebih asyik lagi bermain FV… hehehehe….

Selamat mencoba dan keep produce ok!!!…. 

Digg This
Iklan