SUKSES PIALA DUNIA AFSEL

Posted on Juli 11, 2010

0


flogowordcup Tanpa terasa sebentar lagi kita akan menyaksikan laga final piala dunia afrika selatan 2010 antara Spanyol vs Belanda.

Namun, ajang putaran final piala dunia ini, bukan saja telah melahirkan sejarah baru pemenang piala dunia, tapi juga menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi tuan rumah afrika selatan.

Bukan dari segi timnas yang ternyata tidak bisa lolos ke babak selanjutnya, namun dari segi penyelenggaraan yang oleh Fifa dinilai sebagai penyelenggaraan paling sukses di luar benua eropa.

Memang sejak Afrika Selatan pertama kali dinyatakan sebagai pemenang dalam penentuan tuan rumah piala dunia oleh Fifa, banyak orang yang meragukan akan seperti apa piala dunia di selenggarakan di benua afrika.

Mampukah Afrika selatan menyelenggarakan ajang terbesar didunia yang akan menjadi pusat perhatian seluruh negara di dunia ini.

Sejak pembukaan resmi piala dunia afrika selatan yang disaksikan oleh seluruh negara didunia, kita semua seolah-oleh tersihir oleh kemegahan yang ditampilkan oleh afrika selatan.

Dunia tersentak, ternyata di afrika selatan bisa menyelenggarakan event akbar seperti piala dunia ini, jauh lebih baik dari negara-negara sebelumnya.

Orangpun mulai mempercayai afrika selatan bukan hanya sebagai sebuah negara besar di benua afrika, tapi kemampuan dan dukungan masyarakat afrika selatan terhadap ajang akbar ini.

Afrika Selatan ternyata sangat serius untuk mewujudkan agar ajang akbar ini bisa berhasil sukses dan meriah, serta dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dari berbagai sektor, yang pada akhirnya akan pula meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Karena itu wajarlah bila akhirnya, pemerintah afrika selatan sangat konsens untuk mewujudkan keinginannya, serta sekaligus juga untuk mengangkat moral dan derajat khususnya benua afrika, bahwa mereka pun mampu berbuat yang terbaik untuk ajang seperti piala dunia ini.

shakira1

shakira2

 

Banyak sekali dampak yang bisa dirasakan dari sebagai tuang rumah piala dunia, seperti di afrika selatan ini.

Salah satunynya yang nampak jelas adalah venue-venue atau stadion  tempat perntandingan diselenggarakan, akan menjadi asset yang sangat berharga bagi afrika selatan.

Tidak sia-sia membangun stadion atau melakukan renovasi besar-besar dengan biaya hingga miliaran dollar, karena setelah selesai acara ini, keuntungan besar akan didapat oleh pemerintah afrika selatan dari pendapatan atau penjualan tiket selama putaran final berlangsung.

Bukan hanya itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapat oleh tuan rumah, tapi yang paling jelas terlihat adalah dampak phisikologis yang akan mengangkat moral bangsa afrika selatan.

Ajang piala dunia afrika selatan sebentar lagi akan berakhir dan akan melairkan juada baru piala dunia.

Bagi afrika selatan ini adalah satu kehormatan yang tidak akan dilupakan oleh warganya, juga oleh kita semua di dunia ini.

Afrika selatan telah mengukir sejarah dalam dunia sepakbola internasional, dan telah masuk dalam catatan sejarah sepanjang masa yang tidak akan terlupakan oleh setiap orang terutama para peserta putaran final piala dunia 2010 ini.

Mari kita saksikan Closing ceremony sebagai tanda penutupan piala dunia afrika selatan sebelum laga final dimulai antara Spanyol melawan Belanda.

Terima kasih Afrika, kamu telah memberikan sungguhan tontonan yang menarik bagi kami semua……

Lalu, siapakah juara piala dunia afrika selatan 2010 ini? Akankah Belanda tampil sebagai pemengnya atau Spanyol yang menjadi pusat perhatian pecinta sepakbola internasional?…. Kita saksika bersama sesaat lagi….

Digg This
Iklan
Posted in: Blog, ibsn, indonesia, olahraga