NUANSA SERIBU PULAU

Posted on Mei 6, 2010

3


gemala Tadi sebentar sempat lihat tayangan televisi di TVone tentang Nuansa Seribu Pulau yang membahas tentang batas wilayah Negara Indonesia, salah satunya adalah Pulau Nipah yang merupakan pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara Singapore.

nipah allPulau Nipah

Ternyata ini bukanlah pulau seperti yang kita bayangkan sebelumnya, dimana banyak pepohonan atau adanya area untuk wisata dan sebagainya.

Tapi ini adalah pulau yang terbentuk akibat adanya abrasi air laut sehingga muncullah daratan baru yang menjadi batas terluar negara Indonesia.

Dulu pulau ini akan hilang saat air laut sedang pasang, tetapi akan muncul kembali saat air sudah surut.

Menurut kabar katanya kejadian ini timbul setelah seringnya pulau ini diambil pasirnya oleh Singapore untuk kepentingan mereka.

Sehingga akibat dari itu timbullah daratan baru seluar 62 hektare yang saat ini menjadi batas terluar negara Indonesia.

Pulau ini hanya terdiri dari daratan kosong hasil reklamasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, dan saat ini pulau ini ditempati oleh para anggota Marinir yang bertugas menjadi kedautalan negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pulau ini memang bukanlah pulau yang dapat kita kunjungi oleh masyarakat umum, tapi pulau yang dijaga ketat oleh TNI Al dan menjadi daerah terlarang bagi umum.

Memang seharusnya demikian, sebagai negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan negara dengan pulau terbanyak di dunia, keberadaan setiap pulau-pulau ini harus menjadi sarana untuk mengukuhkan diri terhadap kedaulatan bangsa dan negara.

Dari 90 pulau terluar di Indonesia, 12 pulau diantaranya merupakan pulau terluar dengan penjagaan yang sangat perioritas tinggi.

Hal ini dilakukan, karena pulau-pulau tersebut berlokasi sangat dekat dengan negara tetangga dan selalu menjadi jalur masuknya penyelundupan dan perampokan yang biasa terjadi di perairan Indonesia.

Karena itu pulau ini selalu dijaga ketat oleh aparat negara demi untuk tetap mempertahankan kedaulatan dan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

Terlebih lagi agar tidak terjadi kasus yang merugikan bangsa kita dimana pulau yang tadinya masuk wilayah Indonesia telah di claim oleh negara tetangga menjadi daerah milik mereka sehingga batas negara menjadi lebih kecil.

Tentunya kita tidak ingin setiap pulau-pulau yang ada di Indonesia direbut oleh negara tetangga hanya karena pulau tersebut tidak berpenghuni atau tidak ada kejelasan lokasi atau kepemilikan pulau termasuk masuk kewilayah mana.

Kita tentu masih ingat kasus sengketa dengan negara Malaysia, dimana mereka telah mengklaim pulau Sipadan adalah milik mereka.

Padahal secara jelas sesuai perjanjian yang juga terdapat di PBB, bahwa pulau termasuk masuk wilayah negara Indonesia, bukan milik negara Malaysia.

Kita juga tentu masih ingat adanya kasus dimana pulau-pulau yang banyak terdapat di Indonesia ini, telah beralih tangan menjadi milik pribadi dan menjadi area terlarang untuk di kunjungi karena status pulau tersebut yang telah menjadi milik perorangan.

Ada beberapa pulau yang akhirnya menjadi milik perorangan karena mereka telah membeli secara sah sesuai aturan yang berlaku. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Dengan adanya penjualan pulau-pulau ini, jelas sangat merugikan bangsa Indonesia, karena dengan demikian akan berkurang jumlah pulau di Indonesia.

Kita sebagai warga negara Indonesia, seharusnya bangga dengan keanekaragaman budaya dan banyaknya pulau-pulau di Indonesia, dan sudah seharusnya pula kita mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dan mempertahankan aset bangsa ini dari tangan-tangan negara yang ingin merebutnya.

Nah… apakah anda bangga dengan negara kesatuan Republik Indonesia??????

 

Bisnis Pulsa Masterlink

logoformatweb

Digg This
Iklan
Posted in: Blog, ibsn, indonesia