PIALA DUNIA AFRIKA SELATAN GRUP F

Posted on April 1, 2010

1


flogowordcup Pada grup F putaran final piala dunia afrika selatan ini sebagai unggulannya ada tim dari negeri kiblatnya sepakbola dunia yaitu Italia bersama-sama dengan Paraguay, New zealeand, dan Slovakia. Manarik untuk kita simak di grup ini, siapakah yang akan lolos ke putaran selanjutnya?

ITALIA

Pelatih: Marcello Lippi.

Konfederasi: UEFA
Ranking FIFA (Des 09): 4
Rekor Penampilan: 16 (Juara 1934, Juara 1938, 1950, 1954, 1962, 1966, final 1970, 1974, 1978, Juara 1982, 1986, tempat ketiga 1990, final 1994, 1998, 2002, juara 2006)

LATAR BELAKANG

Hampir semua orang mengenal Italia dan tak ada pengenalan khusus untuk tim ini. Setelah Brasil, Italia adalah tim yang paling banyak mereka gelar juara dunia, yakni empat kali. Jerman 2006 menjadi sukses terakhir mereka, meski pada saat itu Italia tak pernah menempati unggulan utama.

Setelah Euro 2008 dan Piala Konfederasi 2009 yang mengecewakan, fans Italia tak yakin pasukan Marcello Lippi bisa kembali mempertahankan gelar juara mereka. Sikap skeptis ini bisa menjadi senjata bagi Italia, atau bahkan menjadi bumerang.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Dua laga sebelum pertandingan terakhir, Italia sudah memastikan melenggang ke Afrika Selatan setelah bermain imbang melawan Irlandia. Tak ada yang menarik dan semuanya dijalani dengan enteng.

Timnas Italia juga tidak memainkan sepakbola yang mengagumkan di fase kualifikasi. Tak jarang juga keberuntungan memayungi Azzurri, termasuk saat melawan Siprus dan Georgia..

KEKUATAN

Marcello Lippi mengandalkan kesolidan di timnya, kekuatan kolektif skuadnya, tim. Dia tidak suka pemain individual. Karena itulah kohesi antarlini menjadi hal yang sangat penting di timnas Italia.

Italia juga memiliki pertahanan yang terkenal kuat. Saat ini posisi poros halang dihuni oleh trio Juventus, Fabio Cannavaro, Giorgio Chiellini dan Gigi Buffon sebagai tembok terakhir. Ketiganya sejauh ini masih bisa diandalkan.

KELEMAHAN

Lini serang Italia dinilai sejumlah pihak kualitasnya cukup buruk. Mereka tak punya pemain seperti Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic atau fernando Torres. Alberto Gilardino, Vincenzo Iaquinta dan Giuseppe Rossi memang bagus, tapi penampilan mereka kerap angin-anginan. Mungkin kembalinya Francesco Totti atau Antonio Cassano bisa membawa perubahan untuk tim.

PELATIH

Marcello Lippi adalah jaminan mutu. Pengalaman yang dimilikinya di berbagai level kompetisi sudah menjadi bukti tersendiri. Dia juga terkenal memiliki prinsip yang tegas dan rencana yang jelas untuk timnya. Meski kebijakan dan keputusannya tidak populis, hampir semua tugas dituntaskannya dengan memuaskan.

PEMAIN BINTANG

Gigi Buffon (Juventus)

clip_image001 Setelah beristirahat lama karena cedera, Buffon kembali menunjukkan performa terbaiknya dan menjadi kiper nomor satu di dunia lagi. Jika dia berada dalam kondisi 100 persen, dijamin gawangnya tidak akan kecolongan.

Giorgio Chiellini (Juventus)

clip_image002 Berdiri di bawah bayang-bayang Cannavaro tidak membuat talenta Chiellini tertutupi. Dia tetap tampil lugas dan menjadi salah satu pemain belakang terbaik Italia saat ini.

Andrea Pirlo (Milan)

clip_image003 Jika Pirlo bermain bagus, maka tim yang dibelanya juga akan bermain apik juga, dan aturan ini berlaku di Milan dan timnas Italia. Lippi juga memberinya tempat dan peran khusus di timnya untuk membebaskan Pirlo mengeluarkan kemampuan terbaiknya

MOMEN TERBAIK

Tahun 1982 dan 2006, kala Italia menjadi juara dunia adalah momen yang tidak terlupakan. Bahkan di tahun 1982, Italia tampil begitu meyakinkan sebelum menyegel titel dengan mengalahkan tim kuat seperti Argentina, Brasil dan Jerman. Di Jerman 2006, Italia menunjukkan performa yang kurang lebih sama.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Mulai dari otomotif, fesyen, makanan hingga bangunan bersejarah dunia. Italia juga menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia.
Jika Anda mendengar suara ‘Popopoppopopopo’ dengan melody ‘Seven Nation Army’, tak usah takut. Itu adalah momen di mana fans Italia akan melintas.

TARGET DI PIALA DUNIA

Juara dunia harus bisa kembali menjadi juara dunia, tak ada target lain dan memang target itu dijunjung tinggi skuad Italia. Tersingkir sebelum semi-final sudah pasti akan membuat banyak fans mereka kecewa berat.

PARAGUAY

Pelatih: Gerardo Martino.
Konfederasi: Conmebol
Ranking FIFA (Nov 09): 30
Rekor penampilan: 7 (1930, 1950, 1958, 1986, 1998, 2002, 2006)

LATAR BELAKANG

Piala Dunia 2010 akan menjadi turnamen kedelapan bagi Paraguay dan menjadi ajang keempat yang diikuti secara beruntun. Paraguay juga ambil bagian di 33 edisi Copa Amerika dan memenangi dua gelar juara, yakni di tahun 1953 di Peru dan 1979 di Argentina. Paraguay juga pernah meraih medali perak di Olimpiade 2004.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Satu laga menjelang akhir di zona Amerika Latin, Paraguay baru lolos dengan menang 2-1 atas Venezuela. Paraguay menempati peringkat ketiga, di bawah Brasil dan Cile, dan di atas Argentina dan Cile.

KEKUATAN

Kekuatan Paraguay ada pada lini pertahanan mereka. Mereka hanya kebobolan 16 gol dari 18 pertandingan selama kualifikasi Piala Dunia 2010.

Keampuhan serangan balik juga menjadi senjata pamungkas Paraguay. Mereka juga berbahaya dalam permainan zona area. Paraguay juga tak jarang bermain bagus ketika menghadapi lawan yang di atas keras lebih diunggulkan.

KELEMAHAN

Kerap tak mampu menjaga bola dengan baik. Pemain Paraguay lebih senang menunggu bola datang dan kemudian melakukan serangan cepat ke jantung pertahanan lawan..

PELATIH

Gerardo Martino merupakan sekolah pelatih Marcelo Bielsa, jadi dia banyak mengadopsi gaya melatih mantan arsitek timnas Argentina itu. Dia menggunakan formasi 4-4-2, namun tak jarang menggunakan 4-3-3, tergantung situasi dan kondisi.

PEMAIN BINTANG

Salvador Cabañas (América, México)

clip_image001[4] Dia mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Amerika Latin tahun 2007. Dia dikenal sebagai striker haus gol dan bagus dalam mengeksekusi setiap kesempatan yang dimilikinya. Namun Cabanas bukan striker yang individualis. Dia tak jarang memberikan umpan kepada pemain lain yang lebih berpeluang untuk mencetak gol. Hanya saja, untuk ukuran pemain sepakbola, bentuk badannya tidak proporsional dan ideal..

Nelson Haedo Valdez (Borussia Dortmund)

clip_image002[4] Salah satu striker berbakat yang dimiliki Paraguay. Memiliki karakter yang berbeda dibanding Cabanas, pemain ini lebih cepat dan berani berduel dengan pemain belakang lawan. Selain memiliki kecepatan, Valdez juga punya teknik yang mumpuni dan tendangan keras, yang menjadikannya predator di depan gawang lawan.

Cristian Riveros (Cruz Azul)

clip_image003[4] Menjadi pengatur serangan Paraguay. Riveros juga bisa bermain di semua posisi di lini tengah, dan memiliki kelebihan dalam hal akurasi umpan.

MOMEN TERBAIK

Sukses memenangi Copa Amerika di tahun 19853 dan 1979 menjadi prestasi yang membanggakan bagi Paraguay. Lolos ke Piala Dunia 1986 setelah absen 28 tahun juga menjadi momen yang tak terlupakan.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Cuacanya yang sangat panas dan kering, jadi penduduk Paraguay mencari cara untuk tidak sampai dehidrasi. Salah satunya dengan meminum Terere, minuman khas Paraguay. Ada sejumlah masakan yang cukup menyita perhatian dari negara ini, antara lain sup Paraguay yang isinya adalah tepung jagung dan Mbeju.

Federasi sepakbola Paraguay memutuskan untuk membawa koki pribadi untuk menyediakan makanan untuk para pemain di Afrika selatan tahun depan.

TARGET DI PIALA DUNIA

Menembus perempat-final menjadi impian publik Paraguay dan diharapkan hal ini bisa terwujud tahun depan.

SELANDIA BARU

Pelatih: Ricki Herbert
Konfederasi: Oceania
Ranking FIFA (Nov 09): 77
Rekor penampilan: 1 (1982)

LATAR BELAKANG

Sepakbola bukan olahraga popular di Selandia Baru. Karena itulah sukses Selandia Baru menembus putaran final Piala Dunia 2010 untuk kali kedua tak begitu mendapat sambutan meriah oleh warganya.

Selandia Baru emlakoni debut mereka di Piala Dunia tahun 1982, di mana mereka sama sekali gagal meraih poin di babak grup. Selandia Baru kalah dari Skotlandia, Uni Soviet dan Brasil. Akan tetapi, setidaknya, mereka sudah mengukir sejarah.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Langkah Selandia Baru ke putaran final Piala Dunia 2010 terbilang mulus. Menjadi juara grup Oceania, Selandia Baru bertemu dengan Bahrain di fase playoff dan akhirnya menang 1-0 dalam laga tandang kandang.

KEKUATAN

Tak punya teknik bermain yang cukup bagus, Selandia Baru mengandalkan kekuatan fisik mereka dan kerja keras. Selandia Baru juga dikenal sebagai tim yang kerap memaksimalkan set pieces.

KELEMAHAN

Sekali lagi, Selandia Baru tak punya kualitas teknik bermain yang mumpuni. Minimnya pengalaman pemain berlaga di ajang internasional juga bisa menjadi hal yang menyulitkan mereka

PELATIH

Ricki Herbert termasuk salah satu dari pemain yang mengantar Selandia Baru menembus putaran final Piala Dunia 1982. Sukses di level pemain dibawanya saat menjadi pelatih tahun ini. Herbert mengandalkan pengalamannya sebagai pemain untuk menangani tim Selandia Baru saat ini.

PEMAIN BINTANG

Ryan Nelsen (Blackburn Rovers, England)

clip_image001[6] Termasuk salah satu pemain bintang yang dimiliki Selandia Baru saat ini. Dia menjabat sebagai kapten tim dan menjadi penggalang utama jantung pertahanan Selandia Baru.

Chris Killen (Glasgow Celtic, Scotland)

clip_image002[6] Salah satu pemain lain yang punya banyak pengalaman bermain di level internasional. Dia kerap menjawab kepercayaan pelatih dengan sangat baik saat mendapat kesempatan unjuk gigi.

Leo Bertos (Wellington Phoenix, New Zealand)

clip_image003[6] Menjadi motor serangan Selandia Baru. Untuk menghentikan alur serangan tim ini cukup dengan menutup dan mematikan gerak Leo Bertos.

MOMEN TERBAIK

Butuh kemenangan 5-0 atas Arab Saudi di Riyad untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 1982, Selandia Baru secara mengejutkan bisa memenuhi, skenario itu hanya di babak pertama. Selandia Baru akhirnya lolos lewat jalurplayoff dengan menang atas Cina.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Pemandangan alam yang menakjubkan, yang kerap dijadikan sebagai setting film dengan budget besar, semisal trilogi Lord Of The Ring.

Sepertinya …: Tak memiliki fans garis keras, tapi tetap mempunyai pendukung yang siap mendampingi ke Afrika Selatan..

TARGET DI PIALA DUNIA

Bisa mendapat poin sudah menjadi pencapaian terbaik bagi Selandia Baru, yang tak memiliki sejarah panjang di bidang sepakbola.

SLOWAKIA

Pelatih: Vladimir Weiss

Konfederasi: UEFA
Ranking FIFA (Nov’09): 34
Rekor Penampilan:

LATAR BELAKANG

Slowakia dulunya merupakan bagian dari Cekoslowakia pada rentang periode 1918-1992. Pemain-pemain asal Slowakia dulunya selalu memberi kontribusi penting buat tim nasional Cekoslowakia.

Tercatat sudah delapan kali tampil di Piala Dunia semasa masih bernaung di bawah bendera Cekoslowakia. Namun sejak memerdekakan diri sebagai negara republik pada 1993, baru sekarang keterlibatan pertama Slowakia di Piala Dunia.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Slowakia tidak difavoritkan dalam laga kualifikasi grup Piala Dunia, namun pelatih Vladimir Weiss justru langsung memberikan sukses kepada skuadnya lewat jalur penyisihan grup.

KEKUATAN

Hampir semua pemain yang memperkuat tim nasional mencari pengalamannya dari kompetisi di luar Slowakia seperti di Inggris, Jerman, Belanda, dan Rusia. Mereka belajar banyak bagaimana bermain dalam tempo tinggi dan cepat. Pilar utama dari kekuatan tim ini terletak pada sektor pertahanannya dengan dipimpin kiper Mucha serta pemain bertahan Martin Skrtel (Liverpool).

KELEMAHAN

Satu-satunya kelemahan paling serius dari tim nasional Slowakia adalah terbatasnya jumlah para pemain bintangnya yang biasa bersaing di level teratas internasional. Jika saja dua atau tiga pemain utamanya cedera maka akan membuat Weiss pusing kepala untuk mencarikan penggantinya.

PELATIH

Vladimir Weiss merupakan salah satu sosok yang begitu dihormati dan dikenal di sepakbola Slowakia. Ia terlahir dari sebuah keluarga yang kaya akan tradisi sepakbola. Ayahnya pernah bermain untuk tim nasional Cekoslowakia. Begitu juga dengannya yang pernah menjadi skuad timnas di Piala Dunia 1990. Lalu putranya, Vladimir Weiss juga bermain untuk timnas dan merumput bersama klub besar di Inggris bersama Manchester City.

PEMAIN BINTANG

Martin Skrtel (Liverpool, Inggris)
Dia bermain sebagai centre-back buat Liverpool. Kariernya di awali bersama klub domestik Trencin. Lalu dia bergabung dengan Zenit St. Peterburg di Rusia.

Pemain ini memiliki kemampuan dan kecepatan untuk berduet dengan setiap pemain lawan. Dia juga jago untuk duet dalam bola-bola atas. Sehingga tak heran jika kehadirannya di dalam timnas menjadi sosok penting.

Marek Hamsik (Napoli, Italia)

Di kompetisi Serie A Italia dia tercatat sebagai salah satu pemain gelandang terbaik. Di Italia dia bergabung bersama Napoli. Secara teknik tak ada yang perlu diragukan terhadap kemampuan pemain ini.

Miroslav Karhan (Mainz, Jerman)
Pemain veteran ini telah mengantungi 96 caps bersama timnas. Sejumlah klub elite Eropa pernah dijajalnya mulai dari Sevilla, Besiktas, Wolfsburg dan sekarang membela Mainz 05 sebagai seorang pemain gelandang ulet dan kuat.

MOMEN TERBAIK

Momentum yang tak akan terlupakan terjadi ketika mereka melakoni laga melawan Republik Ceko di Praha. Momen itu terjadi di menit ke-83 ketika Jendrisek membuat gol melalui aksi solo run yang akhirnya membawa mereka unggul 2-1. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama atas Republik Ceko di ibu kota lawannya.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Pernah menjadi bagian dari Cekoslowakia. Lalu ibu kota Bratislava merupakan jantung lalulintas Eropa yang terletak di tak jauh dari perbatasan antara Hungaria dan Austria.

TARGET DI PIALA DUNIA

Ekspektasi fans sepakbola Slowakia tidak terlalu macam-macam. Bisa lolos dari babak penyisihan grup saja rasanya bakal menjadi sebuah sukses besar buat mereka.

Sumber : http://fifa.com

GRUP A

GRUP B

GRUP C

GRUP D

GRUP E

Digg This
Iklan