PIALA DUNIA AFRIKA SELATAN 2010 GRUP D

Posted on Maret 14, 2010

1


flogowordcup Di grup ini juga menjadi salah satu grup pada putaran final piala dunia afrika selatan 2010 ini yang menjadi favorit bagi pesinta sepakbola di seluruh dunia, karena disini bercokol tim langganan piala dunia yaitu Jerman, bersama-sama dengan Australia, Serbia dan Ghana.

JERMAN

Pelatih: Joachim Loew

Konfederasi: UEFA
Peringkat FIFA (Dec 09): 6
Rekor Penampilan: 16 (juara 1954, 1974, 1990; final 1966, 1982, 1986, 2002; juara tiga 1934, 1970, 2006)

SEJARAH

Jerman adalah tamu rutin Paila Dunia. Piala Dunia 2010 merupakan partisipasi ke-17 mereka. Jerman hanya absen pada 1930 dan 1950. Hingga kini,  Jerman menjadi salah satu negara paling sukses. Gelar juara untuk kali pertama dicicip pada Swiss ’54 dan dilengkapi gelar kedua saat Piala Dunia 1974 digelar di tanah sendiri. Pada 1990, Jerman mengulangi keberhasilan dengan bermaterikan para pemain yang bermain di Serie A Italia. Piala Dunia terakhir digelar di markas mereka, empat tahun lalu, dan Jerman berhasil tampil mempesona sekaligus menggondol gelar juara ketiga.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Jerman memenangi persaingan dari Rusia untuk memuncaki Grup 4 kualifikasi zona Eropa dan lolos otomatis ke Afrika Selatan. Pasukan Joachim Loew adalah satu dari lima tim Eropa yang tak menderita kekalahan di babak kualifikasi. Mental Jerman selalu bicara pada saat-saat sulit. Mereka menaklukkan Rusia 2-1 di Dortmund dan menenangi laga di Moskwa, 1-0. Inilah kunci tiket otomatis Jerman.

KEKUATAN

Jangan terlalu berharap sepakbola indah dimainkan Jerman, karena kebugaran fisik dan semangat juang lebih diutamakan dalam tim. Dalam setiap turnamen, Jerman selalu diperhitungkan karena memiliki mentalitas juara. Di atas lapangan, kekuatan lini pertahanan mereka patut diawasi karena hanya kebobolan lima gol sepanjang kualifikasi. Setiap lawan yang menghadapi Jerman sadar akan kekuatan fisik serta keteraturan organisasi permainan mereka.

KELEMAHAN

Jarang menang atas tim-tim kuat seperti Brasil, Spanyol, atau Italia di masa lalu. Empat tahun lalu, Jerman disingkirkan Italia di semi-final, sedangkan pada Piala Eropa 2008, Jerman takluk dari Spanyol di final. Jerman juga membutuhkan pemain kreatif, tak hanya sebelas pemain berkarakter pejuang dan pemimpin seperti kapten Michael Ballack.

PELATIH

Sebelum menjabat sebagai pelatih timnas, Loew sempat menjadi asisten Juergen Klinsmann pada Piala Dunia 2006. Menurut media, Loew bertindak sebagai pelatih dari segi taktik, sedangkan Klinsmann lebih sebagai motivator. Loew selalu punya gagasan jelas untuk tim. Jadi, jangan heran jika bintang masa lalu tak diberinya kesempatan karena tidak masuk dalam kerangka strategi tim. Contohnya: Torsten Frings.

PEMAIN BINTANG

Michael Ballack (FC Chelsea)

clip_image001 Kapten dan pemimpin tim sekaligus tangan kanan Loew di atas lapangan. Ballack tipe pemain yang sangat dihormati, juga oleh pemain lawan. Pandai membaca permainan dan punya tendangan keras, Ballack siap meraih kejayaan terakhirnya bersama Jerman kali ini.

Miroslav Klose (Bayern Muenchen)

clip_image002 Tak terlalu diperhitungkan di Muenchen, tapi bagi timnas Jerman, Klose masih pemain penting. Topskor Piala Dunia 2006 ini sudah tampil 93 kali dan mencetak 48 gol untuk Jerman hingga 2009. Klose berpeluang menjadi pemain keenam Jerman yang menembus rekor 100 kali penampilan pada Piala Dunia tahun depan.

Mesut Ozil (Werder Bremen)

clip_image003 Mungkin Ozil belum jadi pemain bintang di timnas Jerman saat ini. Tapi, gelandang Werder Bremen ini berpotensi menjadi pemain bintang yang baru. Kehadiran Ozil diharapkan menumpahkan kreativitas yang dibutuhkan Jerman.

MOMEN TERBAIK

Gol Helmut Rahn pada final Piala Dunia 1954 menentukan kemenangan 3-2 atas tim yang lebih difavoritkan, Hungaria. Padahal saat itu Jerman sudah tertinggal lebih dahulu 2-0. Hasil itu merupakan kekalahan pertama Hungaria sejak 1950. Saking hebatnya, pertandingan kerap dikenang sebagai “Das Wunder von Bern”, Mukjizat Bern.

DI LUAR LAPANGAN

  • Jerman terkenal memiliki bir yang sangat enak. Fans di sana biasanya berkunjung saat pertandingan tandang dan meminum berliter-liter bir. Mendukung tim saat tandang merupakan keharusan bagi “fans sejati”.
  • Biasanya Jerman masuk grup empuk. Satu grip dengan Slowakia, Cili, dan Honduras takkan terlalu mengejutkan.

TARGET PIALA DUNIA

Tidak akan memainkan sepakbola terbaik, itu hampir dapat dipastikan. Sama seperti bisa dapat dipastikan Jerman mencapai babak delapan besar dalam setiap turnamen. Setidaknya fans boleh berharap semi-final sebagai target minimal.

AUSTRALIA

Pelatih: Pim Verbeek.
Konfederasi: AFC
FIFA Ranking (Nov 09): 21
Rekor Penampilan: 2 (1974, 2006)

SEJARAH

Pada Jerman 2006, Australia mengakhiri penantian 32 tahun untuk tampil lagi di Piala Dunia. Uniknya, partisipasi pertama mereka diukir ketika Piala Dunia juga dilangsungkan di Jerman. Empat tahun lalu, Australia tampil luar biasa ketika membalikkan ketertinggalan jadi kemenangan 3-1 atas Jepang pada pengujung pertandingan. Kemenangan itu terbukti sangat penting untuk membawa Australia lolos ke babak selanjutnya. Sayangnya, langkah mereka terhenti di tangan Italia melalui penalti Francesco Totti pada menit terakhir pertandingan putaran kedua.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Jalan Australia tak lagi penuh liku ketika harus menaklukkan Uruguay lewat adu penalti untuk lolos ke Piala Dunia empat tahun lalu. Kini, pasukan Pim Verbeek berhasil mengatasi kompetisi di zona Asia secara meyakinkan. Irak dan Cina ditaklukkan pada putaran pertama, sedangkan pada putaran kedua Australia lepas dari ancaman Jepang. Total 14 kali bertanding sellama kualifikasi, Australia hanya kalah sekali dan kebobolan empat kali.

KEKUATAN

Tampil sangat terorganisir dan menyatu, seperti yang dicerminkan rekor pertahanan mereka. Australia memiliki para pemain yang sudah saling mengenal permainan satu sama lain. Komposisi tim tak banyak berubah sejak lolos ke Piala Dunia empat tahun lalu. Australia juga dikenal pandai mencuri gol pada pengujung pertandingan. Ini menunjukkan semangat dan kebugaran tinggi yang mereka miliki.

KELEMAHAN

Australia masih kesulitan mencari cara mencetak gol. Andalan mereka adalah Tim Cahill. Tapi tim lawan bisa dengan mudah menempatkan dua bek untuk mengawalnya dan Australia tak berkutik. Tampil di ajang seperti Piala Dunia, Australia harus memiliki mesin gol yang mumpuni. Mereka juga tidak memiliki kecepatan di setiap sektor.

PELATIH

Pim Verbeek tak banyak dikenal ketika ditunjuk sebagai pelatih Australia. Verbeek menjadi pilihan kedua, atau malah ketiga, federasi sepakbola Australia (FFA) 18 bulan silam. Penunjukan tersebut disambut cibiran para pengamat sebelum sang pelatih memberi bukti di atas lapangan. Cara pelatih Belanda ini menjawabnya adalah dengan rekor nyaris sempurna saat kualifikasi, plus penampilan meyakinkan melawan tim kelas dunia pada partai kompetitif maupun non-kompetitif. Verbeek memiliki karakter jujur dan punya hubungan erat dengan para pemain. Secara strategi, Verbeek tipe pelatih konservatif yang mengutamakan disiplin di atas keindahan.

PEMAIN BINTANG

Tim Cahill (Everton)

clip_image001[4] Pemain inilah yang mencetak gol pertama Australia sepanjang sejarah Piala Dunia. Ketika itu, Cahill tampil sebagai pemain pengganti dan mencetak gol pada pengujung pertandingan ke gawang Jepang. Sejak saat itu, Cahill menjadi pemain andalan Australia untuk mencetak gol. Bukan berlebihan mengatakan Australia memang mengandalkannya. Cahill adalah faktor-X tim.

Mark Schwarzer (Fulham)

clip_image002[4] Selama kualifikasi, Schwarzer kerap menyelamatkan gawang Socceroos dari ancaman lawan. Sebuah penyelamatan penalti dilakukannya pada menit terakhir pertandingan tandang melawan Cina untuk menjaga kedudukan tetap imbang tanpa gol. Penampilan apik Schwarzer pula yang mengukuhkan rekor bagus pertahanan tim.

Harry Kewell (Galatasaray)

clip_image003[4] Kebugaran Kewell boleh diragukan, begitu juga dengan keputusannya meninggalkan Liga Primer Inggris untuk menuju Turki. Tapi, penampilan Kewell tidak boleh diabaikan begitu saja karena masih menampilkan kualitas tinggi. Biasa tampil dalam partai-partai kompetitif, Kewell menjadi pemain andalan selain Cahill untuk mengancam pertahanan lawan. Reputasinya masih diakui sepakbola internasional.

MOMEN TERBAIK

Menit-menit terakhir pertandingan melawan Jepang di Jerman ’06 adalah salah satu kisah yang akan terus diperbincangkan masyarakat Australia. Tapi dari segi sejarah, perjalanan menembus Piala Dunia pertama mereka pada 1974 akan selalu dikenang. Untuk lolos ke Jerman 32 tahun lalu, Australia harus menjalani beratnya kualifikasi zona Asia dan hanya diperkuat beberapa pemain amatir.

DI LUAR LAPANGAN

  • Australia terkenal atas hewan-hewan khasnya, seperti buaya, hiu, dan kanguru; serta AC/DC.
  • Konsumsi bir per kapita Australia paling tinggi di dunia sehingga pesta pora seperti apa yang terjadi jika mereka bertahan empat pekan di Afrika Selatan

TARGET PIALA DUNIA

Lolos dari babak penyisihan grup akan menjadi mukjizat kecil, meski hal itu harus didukung oleh hasil undian penyisihan grup.

SERBIA

Pelatih: Radomir Antic
Konfederasi: UEFA
Ranking FIFA (Nov 09): 20
Rekor Penampilan:

LATAR BELAKANG

Piala Dunia 2010 akan menjadi debut Serbia sebagai negara sendiri. Sebelumnya, saat masih berada di bawah bendera Yugoslavia, mereka berhasil dua kali tampil di semi-final, yakni di Piala Dunia 1930 dan 1962. Pencapaian terbaik Serbia adalah memenangi medali emas Olimpiade dan meraih juara dunia di tahun 1987 untuk Piala Dunia Junior.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Serbia menunjukkan penampilan meyakinkan. berada di grup 7 bersama Prancis, Serbia tampil dominan dan akhirnya keluar sebagai juara grup dan memaksa Prancis bermain di fase playoff. Kemenangan Serbia paling membanggakan adalah ketika menghajar Rumania 5-0 di Belgrade.

KEKUATAN

Keunggulan Serbia ada di lini belakang, di mana Nemanja Vidic dan Branislav Ivanovic berada di sana. Milos Krasic dan Milan Jovanovic menjadi andalan di lini tengah.

KELEMAHAN

Tak punya striker kelas dunia dan bisa menjadi andalan. Nikola Zigic tak mendapat tandem sepadan yang membuat potensi terbaiknya tak muncul secara sempurna.

PELATIH

Radomir Antic sempat mendapat penolakan dari fans dan media Serbia saat pertama kali dipilih untuk menangani timnas. Akan tetapi, dia berhasil membungkam kritik itu dengan prestasi yang cukup bagus dengan mengantar Serbia ke putaran final Piala Dunia 2010.
Antic dikenal dengan gaya melatihnya yang tegas dan disiplin, tapi mengayomi pemainnya. Sejumlah anggota tim skuad Serbia menilai Antic adalah ‘ayah’ mereka.

PEMAIN BINTANG

Milos Krasic (CSKA Moscow, Rusia)

clip_image001[6] Memiliki pengaruh besar di lini tengah Serbia. Dia memiliki kelebihan dalam akurasi passing dan tendangan. Imbasnya, sejumlah klub besar Eropa berusaha menggaetnya.

Milan Jovanovic (Standard Leige, Belgia)

clip_image002[6] Sempat diklaim sebagai pemain terbaik Serbia saat ini. Dia dikenal sebagai pemain yang cepat dan memiliki performa yang sempurna. Saat ini, dia menjadi topskor timnas Serbia dengan lima gol.

Nemanja Vidic (Manchester United, Inggris)

clip_image003[6] Andalah Manchester United dan timnas Serbia di sektor belakang. Bersama Branislav Jovanovic, dia menjadi tandem pemain belakang terbaik saat ini. Vidicjuga menjadi kapten tim serbia.

MOMEN TERBAIK

Tahun 2010, para pecinta sepakbola bisa jadi akan melihat penampilan terbaik dari Serbia. Afrika Selatan akan menjadi tempat mereka mengekspresikan diri.

DI LUAR LAPANGAN

Famous For: Serbia dikenal sebagai pusatnya olahraga tim, mulai dari polo air, bola voli hingga basket. Prestasi demi prestasi banyak diukur di cabang-cabang tersebut.
Yang mungkin akan dilakukan: Melakukan protes dengan hasil drawing karena ditempatkan di grup yang berat.

TARGET DI PIALA DUNIA

Serbia akan menjadi kuda hitam di Afrika Selatan. Mereka memasang target menembus semi-final dan apabila hal ini bisa terwujud, maka peta sepakbola di Eropa akan kembali berubah.

GHANA

Pelatih: Milovan Rajevac

Konfederasi: CAF
Peringkat FIFA (Des 09): 37
Rekor Penampilan: 1 (2006)

SEJARAH

Sudah lama dianggap sebagai salah satu kekuatan Afrika, Ghana baru sekali merasakan pengalaman bermain di Piala Dunia. Itu terjadi empat tahun lalu di Jerman. Penampilan Black Stars meninggalkan kesan mendalam di dalam benak penggemar sepakbola dunia. Ghana bangkit setelah kalah 2-0 dari Italia dengan menumpas Ceko dan Amerika Serikat. Sayangnya, di babak 16 besar, Ghana kalah pengalaman dan teknik dari Brasil. Ghana tumbang 3-0. Catatan itu harus diperbaiki Juni tahun depan.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Ghana menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke Piala Dunia berkat kemenangan dalam empat pertandingan beruntun atas Benin, Mali, dan Sudan. Lolos sejak awal, dan dipastikan berpartisipasi dalam Piala Afrika, Ghana bisa melakukan persiapan dengan matang.

KEKUATAN

Lini tengah Ghana dipenuhi banyak pemain andalan dan pandai menditribusikan bola ke sektor sayap sebelum tiba di lini depan. Tidak heran kalau Ghana mampu lolos dengan empat kemenangan beruntun tanpa kebobolan.

KELEMAHAN

Ghana harus mencari cara melancarkan tendangan ke arah gawang. Mereka butuh striker yang bisa menciptakan peluang dan mencetak gol setiap kali dibutuhkan. Posisi bek kiri masih merupakan titik lemah Ghana, lebih cepat mereka menambalnya tentu lebih baik.

PELATIH

Milovan Rajevac menerima jabatan ini sejak Agustus 2008 dari tangan Claude Le Roy. Pria Serbia berusia 55 tahun ini pernah membawa klub kecil FK Borak menembus Piala UEFA sebelum bertualang di Afrika. Kebanyakan karir Rajevac dihabiskan bersama Red Star Belgrade, klub tebesar yang pernah ditanganinya.

PEMAIN BINTANG

Michael Essien (Chelsea)

clip_image001[8] Instrumen penting dalam mesin lini tengah Ghana. Seperti yang ditunjukkannya di Chelsea, Essien punya kekuatan fisik mengagumkan dan semangat juang tinggi. Pemain berusia 28 tahun ini salah satu yang disegani di Afrika. Gol-gol pentingnya kerap menyelamatkan Ghana dalam beberapa turnamen.

Richard Kingson ( Wigan Athletic)

clip_image002[8] Kiper utama Ghana saat ini. Kingson tampil konsisten dan berkat komandonya di bawah gawang, Ghana aman dari kebobolan dalam beberapa pertandingan kualifikasi. Gaya bermain Kingson klasik. Beberapa penyelamatan penting sempat dibuatnya selama Jerman 2006. Penampilan inspiratif serupa terulang di babak kualifikasi. Semoga saja terus begitu hingga tengah tahun depan.

Sulley Muntari (Inter Milan)

clip_image003[8] Belakangan memicu kasus disiplin dengan federasi sepakbola Ghana, tapi Muntari adalah gelandang kiri yang sangat diandalkan tim. Kekuatan tendangan kaki kirinya ditakuti berbagai kiper. Muntari pandai memanfaatkan kesempatan dalam melepaskan tembakan, jadi awasi saja tendangan keras kaki kirinya di Afrika Selatan nanti.

MOMEN TERBAIK

Asamoah Gyan menciptakan gol tercepat pada Piala Dunia 2006 ketika membobol gawang Ceko pada detik ke-68 pertandingan. Gol tersebut sekaligus gol pertama Ghana sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia.

DI LUAR LAPANGAN

  • Peti mati unik yang dilukis mobil-mobil mewah, pesawat, kupu-kupu, udang galah, sepati, merica, alat musik, hingga kelapa dapat ditemukan di kota pinggir pantai, Nungua, yang tak jauh dari ibukota Accra.
  • Akan didukung mayoritas masyarakat Afrika jika tak ada wakil Afrika yang tampil mengesankan dalam turnamen.

TARGET PIALA DUNIA

Tidak ada yang tidak mungkin. Lolos dari penyisihan grup dan buat dunia terperangah dengan lolos dari babak 16 besar.

Sumber : http://fifa.com

Digg This
Iklan