PENGGUNA INTERNET AKAN DI SENSUS

Posted on Februari 2, 2010

2


Beberapa waktu yang lalu, pemerintah pusat melalui Dinas terkait, berencana akan melakukan sensus kependudukan tahun 2010. Namun ada sesuatu yang berbeda untuk sensus kali ini.

Yah, sensus kependudukan kali ini akan melibatkan para pengguna internet sebagai objek pendataan kependudukan 2010.

Apa tujuan dari sensus kependudukan bagi pengguna internet ini, kita masih belum tau pasti, tapi yang jelas dunia maya di Indonesia juga akan ikut mempengaruhi jumlah penduduk Indonesia.

Ini mungkin kali pertamanya sensus kependudukan akan melibatkan juga pengguna internet di Indonesia.

Mungkin dengan adanya sensus kependudukan bagi pengguna internet ini, nantinya akan mengetahui dengan pasti berapa jumlah penduduk Indonesia yang sering menggunakan internet dalam kegiatan sehari-harinya.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa ternyata para pengguna internet ini, bila kita telusuri secara mendalam, ada banyak beragam jenis orang atau masyarakat dengan tujuan yang juga berbeda.

Tapi pada umumnya mungkin para pengguna internet ini adalah mereka yang berasal dari golongan pekerja, mahasiswa atau mereka-mereka yang terlahir di era tahun 80-an.

Mari kita buat sedikit perbandingan, kita lakukan yang paling mudah saja dulu, yaitu dari lingkungan tempat anda tinggal saat ini atau dari keluarga anda sendiri.

Berapa banyak anggota keluarga kita, termasuk Ayah, Ibu, Adik, Kakak, Keponakan, Paman, dan sebagainya yang telah mengenal internet untuk kegiatan sehari-harinya.

Mereka yang berasal dari golongan ekonomi menegah keatas, pasti sudah terbiasa dengan internet dalam kehidupannya.

Tapi bagaimana dengan golongan ekonomi menengah kebawah atau masyarakat kebanyakan?

Belum lagi diantara kalangan pelajar dan mahasiswa, yang mereka lebih sering menggunakan internet untuk keperluan mereka.

Kalo mo lebih detail lagi, mungkin kita bisa memilah dari para pengguna internet itu sendiri.

Apakah anda menggunakan internet setiap hari, rutin, atau hanya sekali dalam seminggu, atau mungkin hanya sekedar untuk kesenangan saja belum untuk keperluan bisnis dan usaha yang lainnya.

Apapun bentuknya dari sensus kependudukan yang melibatkan pengguna internet ini, akan membawa dampak yang positif bagi perkembangan internet di Indonesia.

Karena kita ketahui bahwa perkembangan internet di Indonesia sangat berkembangan dengan pesat, tapi kita sendiri juga belum tau berapa angka yang pasti dari pengguna internet itu sendiri.

Nah, kalo nanti ada petugas sensus datang kerumah anda, maka janganlah anda tutupi tentang berbagai pertanyaan yang akan di sampaikan oleh petugas sensus tersebut.

Karena ini menyangkut kepentingan dalam pendataan kependudukan, yang akan sangat berguna bagi kita semua untuk mengetahui dengan pasti berapa jumlah penduduk Indonesia saat ini.

Digg This
Iklan