GURU BANGSA TELAH BERPULANG

Posted on Desember 31, 2009

0


gusdurcvr Kemarin sejak diberitakan bahwa mantan Presiden Indonesia yang ke empat, menjalani perawatan akibat sakit yang dideritanya, semua orang terhanyut akan pemberitaan tersebut. Dan semakin terperanjat lagi setelah beberapa saat kemudian tim dari dokter keluarga menyatakan bahwa Gus Dur telah meninggal dunia tepat pukul 18.45 di RSCM Jakarta.

Sekitar satu jam sebelumnya, Presiden SBY sempat berkunjung dan melayat ke RSCM untuk melihat kondisi terakhir Gus Dur yang dikabarkan telah menjalani operasi gigi pada satu hari sebelumnya.

Tim dokter menyatakan bahwa kondisi Gus Dur mengalami penurunan pada sekitar pukul 18.15 wib, dan setelah melalui upaya yang diberikan oleh tim dokter akhirnya mantan Presiden ke empat Indonesia ini telah berpulang ke rahmattullah menghadap sang Illahi meninggalkan kita semua.

Kondisi ini jelas membuat kita semua kaget sekali tidak percaya, bahwa mantan Presiden kita talh di panggil menghadap Allah SWT meninggalkan duka yang amat dalam bagi bangsa Indonesia.

Abdul Rahman Wahid yang merupakan cucu dari tokoh pendiri NU ini, adalah merupakan sosok yang sangat di kagumi, di hormati bahkan mendapat berbagai penghargaan tingkat dunia dari lembaga Internasional.

Gus Dur adalah anak bangsa yang patut kita hormati sebagai seorang anak bangsa yang telah berjasa kepada kemajuan bangsa Indonesia.

Warisan yang paling berharga bagi bangsa ini adalah Demokrasi yang selalu di pertahankan oleh beliau semasa hidupnya.

Kebebasan demokrasi yang kita rasakan saat ini, tak lebih karena Gus Dur lah yang memulainya pada masa pemerintahan beliau sebagai Presiden Indonesia ke empat.

Tidak hanya itu, beliau juga yang mulai membuka kran kebebasan beragama dan kerukunan umat beragam di Indonesia, sehingga kaum minoritas yang dulunya tersisihkan sekarang menjadi terbuka di tengah-tengah masyarakat kita semua.

Dengan menjadikan hari libur nasional pada perayaan tahun baru Imlek umat Tiong hoa, serta mengakui keberadaan mereka sebagai bagian dari bangsa ini, telah membawa manfaat yang sangat besar bagi kemajuan bangsa dan negara.

Inilah mungkin warisan terbesar Gus Dur yang harus terus kita pertahankan dan tetap kita jaga sebagai satu kesatuan umat beragama di Indonesia.

Kepergian Gus Dur meninggalkan kita semua adalah satu kehilangan yang teramat mendalam bagi bangsa Indonesia.

Terlepas dari berbagai kontroversi atas sikap dan komitmennya, tetap saja beliau adalah bapa bangsa, guru bangsa, dan pahlawan yang patut mendapat tepat di hati kita semua.

Salah satu pengurus PB NU mengatakan, bahwa tidak akan ada orang yang bisa menyaingi beliau dalam hal komitmen dan kecintaannya kepada rakyat kecil.

Tidak ada ulama yang bisa memberikan kontribusi yang sangat besar bagi bangsa Indonesia selain apa yang telah dilakuan oleh Gus Dur.

Selamat jalan Gus Dur, cita-citamu akan tetap kami jaga dan warisan sejarahmu akan tetap kami pertahankan

Selamat jalan Gus Dur, engkau telah membawa negeri ini menjadi negeri yang lebih demokrasi, lebih bermartabat, serta lebih dinamis

Selamat jalan Guru Bangsa, engkau telah menanamkan berbagai idealisme dan pahamnya yang telah mengakar di hari setiap warga negara Indonesia dimanapun berada

Selamat jalan Gus Dur……………

windows-live-writer-logo

This blog support by ;

Digg This
Iklan
Ditandai: ,