PRANCIS

Posted on Desember 9, 2009

0


image Sebagai mantan juara dunia wordcup FIFA tahun 1998 setelah di final berhasil mengalahkan tim unggulan lain Brazil, menjadi satu tonggak sejarah bagi Prancis dan tim kesebelasannya karena merebut juara di tanah sendiri.

image

Pelatih: Raymond Domenech
Konfederasi:
UEFA
Peringkat FIFA (Nov 09): 
7
Rekor Penampilan:
12 (1930, 1934, 1938, 1954, 1958, 1966, 1978, 1982, 1986, 1998, 2002, 2006

Meski menjadi asal negara pencetus Piala Dunia sekaligus presiden FIFA pertama, Jules Rimet, Prancis tak memiliki rekor membanggakan di turnamen. Tiga kali Prancis lolos ke semi-final: pertama, pada 1958 ketika diperkuat Just Fontaine, yang memegang rekor menciptakan 13 gol dalam satu turnamen! Kali kedua dan ketiga berturut-turut pada1982 dan 1986. Akhirnya, Les Bleus menciptakan sejarah menjadi juara baru Piala Dunia di tanah sendiri berkat kemenangan 3-0 atas Brasil pada 1998. Empat tahun lalu, Prancis lolos ke final. Prancis berpeluang menaklukkan Italia, tapi sejarah kemudian mencatat insiden Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi

Bukan catatan yang bisa dibanggakan. Kelolosan Prancis ke Afrika Selatan lebih ramai dibicarakan berkat insiden tangan Thierry Henry pada laga play-off melawan Irlandia. Banyak yang menganggap Prancis tak pantas berlaga di Afrika Selatan. Prancis memulai kampanye kualifikasi dengan buruk plus pemainan yang buruk pula. Kalah 3-1 dari Austria, imbang 2-2 melawan Rumania, dan hanya bermain imbang 1-1 melawan Serbia, mereka harus melalui babak play-off untuk merebut satu tiket Piala Dunia. Bukan kualifikasi idaman. Kursi Raymond Domenech belum akan aman hingga Piala Dunia digelar tengah tahun depan

Prancis memiliki tim yang hebat di atas kertas. Prancis memiliki sederetan pemain dari klub-klub besar Eropa, seharusnya mereka mampu menjadi kandidat kuar juara Piala Dunia. Lihat kualitas lini depan yang mereka miliki. Nicolas Anelka, Franck Ribery, Thierry Henry, Karim Benzema, dan Yoann Gourcuff. Bisa dibilang inilah lini depan terkuat di atas kertas pada Piala Dunia mendatang. Prancis kenyang pengalaman dan Piala Dunia 2006 sudah membuktikannya

Les Bleus tak punya keseimbangan di tengah pertahanan. William Gallas memang bagus, tapi Eric Abidal bukan bek tengah. Prancis butuh lebih banyak bek berkualitas, tapi hubungan mereka di atas lapangan tidak mulus. Media Prancis menganggap Sebastien Squillacci pantas mendampingi Gallas sebagai duet bek tengah. Kelemahan lainnya? Seseorang bernama Raymond Domenech!

PEMAIN BINTANG

image Thierry Henry : Kadung dianggap sebagai pemain curang akibat laga melawan Irlandia. Padahal, catatan karirnya sebagai pemain disegani. Piala Dunia 2010 menjadi kesempatan terakhir baginya berjaya bersama seragam timnas. Rekor 51 gol yang diukirnya untuk Les Bleus, 51 gol, adalah yang terbaik.

image Franck Ribéry : Bukan musim yang baik bagi gelandang Bayern Muenchen ini akibat kerap didera cedera. Bagi banyak pengamat, Ribery adalah pemimpin sebenarnya Prancis di atas lapangan. Tim bukan lagi tim yang sama jika tidak diperkuatnya. Laga kualifikasi harus dijalani dengan berat akibat Ribery kerap absen.

image Nicolas Anelka : Afrika Selatan ’10 menjadi Piala Dunia pertama bagi Anelka. Penampiilan terbaiknya muncul dalam dua tahun terakhir, bisa terlihat saat menghadapi Irlandia pada laga play-off kualifikasi. Akibat belum pernah tampil di Piala Dunia, motivasi Anelka pasti berlipat ganda. Dia bisa diandalkan di atas lapangan, tapi tidak di kamar ganti.

image

Mari kita tunggu bagaimana kiprah tim Prancis dalam ajang wordcup Afrika Selatan 2010 ini, apakah akan kembali mencatat sejarah bagi persepakbolaan dunia dengan mengalahkan tim-tim unggulan?

Sumber : http://www.goal.com

This blog support by ;

Post by ;

windows-live-writer-logo

Digg This
Iklan