TIPS PRAKTIS BELANJA ONLINE

Posted on November 26, 2009

1


rupiah Maraknya sarana untuk berbelanja secara online, sehingga lebih memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan yang kita perlukan baik untuk keperluan sehari-hari maupun hanya yang bersifat hobiess atau yang lainnya.

banner1mpp

Lalu, apakah aman bila kita berbelanja secara online lewat internet?

Sebagaimana kita ketahui bahwa internet adalah dunia maya yang amat sangat luas, didalamnya ada banyak aktifitas yang dilakukan secara terhubungan tanpa ada batas wilayah atau negara sekalipun.

Jelas dengan terbukanya system kerja internet yang sangat luas ini, maka akan menimbulkan dampak yang beraneka ragam, salah satunya adalah faktor keamanan dalam berbelanja online.

Mengingat bila kita berbelanja online, maka secara otomatis akan terhubung dengan data pribadi kita terutama menyangkut data rekening bank, baik tabungan, kartu kredit atau sejenisnya, yang sangat rentan terhadap tindakan penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu kita harus selalu berhati-hati bila kita hendak melakukan belanja secara online, berikut ini sedikit tips buat anda yang sering berbelanja secara online di internet

  1. Pastikan anda mengunjungi website toko online yang ternama dan memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak. Bisa anda lihat di data website yang menyajikan toko online ini, statistis pengunjungnya, serta hal-hal detail lainnya menyangkut website tersebut.
  2. Pastikan anda dapat memenuhi kebutuhan yang akan anda beli hanya dari satu sumber yang terpercaya. Lihat juga kontak alamat website, data tentang layanan kostumer service dan bila perlu anda bisa melakukan kontak langsung dengan pihak admin untuk menanyakan produk yang anda inginkan
  3. Pastikan produk yang akan anda beli memiliki stock persediaan yang cukup dari pihak admin. Ini bisa anda tanyakan langsung dengan menelpon ke bagian kostumer service memastikan bahwa produk yang anda beli memiliki stock persediaan yang cukup.
  4. Lihat dan pelajari tata cara pembelian atau pemesanan barang. Pastikan bahwa anda telah melakukan pemesanan barang yang sesuai dengan keinginan anda.
  5. Lihat juga data cara melakukan pembayaran, apakah memiliki Bank-bank yang mudah dipercaya, seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, Visa, atau menerima pembayaran lewat transaksi internet seperti Paypal, E-Gold dan sebagainya
  6. Pastikan anda selalu kontak dengan pihak admin kostumer service sebelum akhirnya anda memutuskan untuk membeli produk yang didinginkan secara online.
  7. Lakukan konfirmasi bila anda telah melakukan transfer dana pembelian barang ke pihak kostumer service dan mohon untuk di periksa / di cek langsung oleh pihak pengelolan apakah dana anda sudah diterima atau belum.
  8. Lakukan transaksi pembelian dan belanja online sebaiknya hanya dilakukan di komputer pribadi anda bukan pada komputer umum seperti di warnet atau sebagainya. Ini untuk menghindari tertinggalnya data rekening bank online anda di komputer tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain secara tidak bertanggung jawab.

Nah, dari beberapa tips yang telah mang sampaikan ini, semoga bisa membantu anda untuk berbelanja online secara lebih aman dan kebutuhan anda bisa terpenuhi dengan mudah.

Keuntungan dalam berbelanja secara online adalah ;

  • Menghemat waktu, karena anda tidak harus pergi ke toko tersebut untuk melihat barangnya secara langsung.
  • Kemudahan dalam hal memperoleh informasi secara lengkap dan akurat langsung dari kostumer service pihak toko online
  • Akan terjalin kontak secara langsung dengan bagian kostumer sehingga anda bisa lebih mengenal tentang produk-produk lain yang mungkin bisa lebih bermanfaat dari yang anda beli sekarang
  • Anda bisa bebas memilih barang-barang yang anda inginkan tanpa terikat masalah waktu dan mungkin terganggu juga oleh orang lain.

Pada masa sekarang ini, dimana teknologi sudah sangat berkembang dengan pesat, dan banyak membawa manfaat positif bagi kita semua, termasuk didalamnya berbelanja secara online, maka di masa depan kebutuhan akan berbelanja secara online mungkin akan lebih besar dan sudah menjadi bagian dari kehidupan keseharian kita

Karena itu adalah wajar bila saat ini kita melakukan transaksi belanja secara online, seperti untuk membeli keperluan kita sehari-hari melalui website toko online di internet.

Nah, apakah anda sudah pernah melakukan belanja secara online di internet?

iklanmassal7

This blog support by ;

Post by ;

windows-live-writer-logo

Digg This
Iklan