SPBU = Rest Area

Posted on November 9, 2009

1


Kerja Keras Adalah Energi Kita

Mungkin kita pernah mengalami saat kita sedang dalam perjalanan secara tiba-tiba ingin berhenti untuk keperluan tertentu maka yang kita cari biasanya adalah spbu terdekat atau spbu yang terlewati.

banner1mpp

Hal ini pasti pernah juga teralami oleh kita terutama dalam perjalanan baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Kita mencari pemberhentian di spbu hanya untuk sekedar keperluan ke wc, atau juga untuk keperluan shalat atau bahkan untuk beristirahat sejenak melepas kantuk saat perjalanan malam hari.

Jadi memang spbu bukan hanya tempat untuk mengisi bahan bakar bagi kendaraan saja, tapi juga sebagai tempat untuk istirahat melepas lelah selama dalam perjalanan bagi para pengemudi.

Karena itu adalah wajar bila sekitar 5 tahun terakhir ini, banyak spbu yang mulai merubah pola kerjanya dengan menambahkan beberapa fasilitas tambahan yang khusus bagi para pengunjungnya.

Fasilitas standar sekarang sudah bukan hanya wc umum saja, tetapi juga dilengkap dengan berbagai sarana lainnya, seperti mini market, kantin, atau bahkan juga restaurant yang cukup ternama ikut pula meramaikan suasana spbu.

Beberapa tahun terakhir bahkan kita pernah melihat berita baik di televisi atau lewat media lainnya, kalo salah satu spbu di daerah Tegal telah tercatat dalam Musieum Rekor Indonesia sebagai spbu dengan Toilet terbanyak di Indonesia.

spbu-muri-tegal Dengan jumlah toilet sebanyak 67 buah, lengkap dengan sarana ibadah, temapt melepas lelah bagi pengemudi, juga ada sarana bermain bagi anak-anak dan tentu saja juga sarana seperti kantin atau restoran.

Pemilik spbu ini sangat peka melihat situasi terutama saat menjelang libur lebaran dengan arus mudiknya, dimana banyak kendaraan yang berhenti tidak hanya untuk mengisi bensin bagi kendaraannya, tapi juga sekalian untuk melepas rasa lelah bagi penumpangnya.

Karena itulah akhirnya spbu ini membuat terobosan baru dengan melengkapi berbagai fasilitas tambahan dengan tidak tanggung-tanggung sebanyak 67 toilet dibangun, secara permanen dan memberikan fasilitas kenyaman bagi para penggunanya.

Sehingga sambil keperluan untuk mengisi bahan bakan kendaraannya, sekali juga bias untuk tempat istirahat bagi para penumpangnya melepas rasa lelah dalam perjalanan. Konsep inilah yang sekarang ini banyak diminati oleh para pemilik spbu dimanapun berada.

Dengan adanya penambahan fasilitas bagi para konsumennya pada sebuah spbu, bukan bermaksud untuk mematikan usaha yang lain yang mungkin saja ada disekitar lokasi spbu tersebut, tapi itu semua dilakukan oleh pihak pengelola dalam memanfaatkan momen yang sangat pas serta memberikan kenyamanan bagi para konsumennya dan berharap dapat meningkatkan penjualan volume bahan bakannya setiap bulan.

Jelas dengan cara seperti ini, income sebuah spbu tidak hanya dari penjualan bbm saja dan pelengkap lainnya, tapi dengan adanya fasilitas tambahan ini juga merupakan income yang bisa membawa dampat positif terhadap keberadaan spbu tersebut.

Apakah dengan penambahan fasilitas kenyamana bagi konsumen di spbu ini tidak menyalahi aturan dan ketentuan dari Pertamina sendiri?

Dengan marakanya spbu yang serba lengkap dan nyaman ini, justru tidak membada pengaruh apa-apa etrhadap Pertamina sebagai induk perusahaannya. Tetapi malah sangat menguntungkan karena dengan demikian penjualan volume bahan bahan bakar akan terus meningkat, dan tentunya pihak pengelola jadi jadi tambah untung.

Namun tentu saja ada beberapa yang harus diperhatikan, misal tidak mendirikan bangunan diatas lahan timbun tangki bbm. Adanya sarana pembungan air limbah yang baik terutama air pembuangan dari wc jangan sampai menimbulkan dampak negative terhadap lokasi sekitarnya.

Tentunya semua ini pasti sudah diperhitungkan oleh pihak pengelola spbu itu sendiri. Karena yang lebih utama adalah dalam pengisian bahan bakar untuk kendaraan tetap berjalan normal seperti biasa tanpa harus terganggu akibat adanya penambahan fasilitas baru di spbu tersebut.

pertamina-spbu-dlm Konsep spbu dengan one stop rest ini sebetulnya sudah ada di Negara-negara maju, seperti di Jepang dan Amerika.

Saat mang dulu mengikuti program pertukaran pelajar ke Jepang mungkin lebh dari 20 tahun yang lalu, spbu di sana sudah melengkapi dengan berbagai fasilitas seperti yang sekarang ini ada di Indonesia.

Bahkan disana lebih canggih lagi, yaitu pelayanan spbu layaknya pelayanan disebuah hotel berbintang, karena kita sebagai pengemudi dibantu secara baik dan ramah mulai dari membuka tutup bensin, menjelaskan meteran sampai hasil serta tidak henti-hentinya selalu memberikan ucapan terima kasih kepada kita sebagai konsumen.

Fasilitasnya bukan hanya kenyamana bagi konsumen saja, tapi bahkan ada yang melengkapi juga dengan sarana pencucian mobil otomatis. Kita sebagai pengemudi tidak harus turun keluar dari mobil menunggu mobil kita di cuci oleh petugas.

Yah seperti di film-film itu loh…….. hebat tuh…… hehehehehe………

Kembali lagi ke Indonesia dengan spbu yang telah melengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan untuk para konsumennya. Salah satu contoh yang lebih komplit dan serba ada adalah spbu yang berada di lokasi jalan Tol.

SPBU yang berlokasi di jalan tol, selain untuk mengisi bahan bakar kendaraan, juga adalah tempat untuk istirahat bagi para pengemudi bila merasa lelah dan mengantuk. Belum cukup itu juga, kita bisa sambil bersantai selama di spbu dengan menikmati sajian masakan dari restoran yang tersedia di area tersebut.

Anak-anakpun bisa bersantai selama di spbu dengan bermain di tempat bermain yang tersedia, serta para orang tua yang takut tertinggal dalam hal ibadah, juga tersedia sarana berupa masjid yang cukup besar dan nyaman untuk kita beribadah.

Namun demikian, pada akhirnya tinggal bagaimana dari pihak pengelola untuk mengurus dan mengatur lokasi res area tersebut agar tetap menjadi tempat yang nyaman bagi para konsumennya.

Inilah yang mungkin harus diperhatikan oleh para pengelola spbu dengan konsep rest area tersebut. Jadi bukan hanya sekedar membangun atau menambah fasilitas umum untuk konsumennya, tapi juga harus bisa merawat dan memelihara tempat tersebut agar tetap bersih dan nyaman.

billboard_on_bus_station_1dkqpcmdc

This Blog support by ;

Digg This
Iklan