REVIEW OFFLINE BLOG

Posted on Oktober 29, 2009

0


Setelah beruasaha dalam beberapa hari terakhir ini, sampai harus begadang hingga pukul 4 pagi, hanya untuk mengobati rasa penasaran agar bisa download dan instal program offline blog dari windows live writer, hari ini program tersebut sudah terpasang di komputer mang….akhirnya…….

qumana1 blogdesk-logo-2

microsft_word_2007_training

windows-live-writer-logo

zoundy-raven

Akibat terus-terusan surfing dan mencari informasi tentang offline blog, terutama program windows live writer yang dalam beberapa hari ini tidak bisa terpasang di komputer, ternyata semuanya sudah berjalan dengan normal kembali alias sudah terpasang kembali di komputer mang ini.

Nah karena sudah berselancar cukup jauh inilah, akhirnya mang bisa memberikan sedikit masukan tentang beberapa program offline blog yang bisa anda pilih untuk kegiatan posting blog anda.

Tapi mohon maaf, reviews ini hanya berdasarkan pendapat mang saja, tidak melihat atau meminta penilaian dari orang lain, jadi ini benar-benar murni dari pendapat mang pribadi tentang offline blog.

BlogDesk

Ini merupakan media offline blog yang pertama kali mang pergunakan sejak mengenal adanya media offline blog.

Cara penggunaannya sangat mudah, tidak memutuhkan waktu lama untuk instalasinya, serta hebatnya lagi apa yang kita buat di BlogDesk ini hasilnya tidak jauh berbeda bahkan sama persis setelah kita publish post.

blogdesk-post-2

Bagi anda yang masih baru dalma hal ngeblog dan ingin mencoba menggunakan media offline blog, mungkin pilihan dari BlogDesk ini bisa menjadi alternatif sebagai langkah awal memulai offline blog.

Fasilitas tool yang disediakan juga terbilang sudah cukup komplit, seperti untuk menulis ada perataan kiri, kanan, tengah bahkan justified semua sudah tersedia.

Singkatnya tidak jauh berbeda dengan tool yang biasa kita pergunakan saat kita menulis dengan menggunakan media word office

Selain itu, fasilitas seperti category tulisan, tag tulisan serta tanggal untuk kita publish juga sudah tersedia dan bila semua proses instalasi berjalan dengan baik, maka tool yang ada pada blog kita terutama category tulisan dan tag, akan terdeketesi oleh BlogDesk yang akan tampil pada panel menu di BlogDesk

BlogDesk ini juga support untuk berbagai media blog yang ada, seperti untuk Blogspot, livejournal, Blogsome, Typepad dan tentu saja wordpress.com

Sayang untuk pengguna wordpress.org, anda harus sedikit kerja ektra dengan melakukan perbaikan tampilan terutama kode Html segera setelah kita publish post kita ke blog.

Kalo kita memberi peringkat dari angka 1 sampai 9 dimana angka 9 adalah yang paling tinggi, maka untuk BlogDesk ini mang bisa kasih nilai 8

Mang sangat yakin sekali, kalo anda menggunakan media BlogDesk untuk posting blog anda, pasti kegiatan ngeblog jadi lebih menyenangkan

Zoundry Raven

Nah, ini mungkin sedikit berbeda dari media offline blog yang pernah mang ketahui.

raven

Bagi mang sendiri, baru pertama kali ini menggunakan Raven sebagai media offline blog.

Saat pertama kali memakainya, sedikit agak risih terutama dalam tampilan pertama kali saat kita mulai.

Karena secara umum file ini akan mendeteksi terlebih dahulu data yang ada terutama dalam hal konektifitas jaringan, sehingga dapat mengenali url blog kita dengan tepat dan benar.

Selain itu tampilan saat setelah terbuka fasilitas untuk edit blognya, juga terlihat agak sedikit diluar dari kebiasaan dari media offline blog yang ada.

Seperti yang anda perhatikan pada gambar di atas, dimana saat anda menuliskan judul posting, tepat di bawahnya terdapat kolom untuk tags tulisan dan di samping kanan atas ada kolom category.

Tampilan ini sedikit agak risih terlihatnya, dan terasa kurang nyaman, tapi mungkin saja bagi anda tidak masalah.

Yang paling penting lagi dalam menu tool yang tersedia, tidak terdapat fasilitas untuk menjadwal posting blog kita.

Sehingga saat kita selesai menulis di Raven ini hanya ada dua pilihan, akan kita simpan sebagai file di Raven atau langsung kita publish ke blog kita dan langsung tampil saat itu juga.

Hal inilah yang mungkin bagi mang sendiri terasa kurang nyaman. Karena dengan tidak adanya fasilitas untuk mengatur tanggal publish, maka kita tidak bisa membuat posting blog yang terjadwal.

Selain itu, fasilitas editing html berupa tag more yang akan membuat posting kita terlebih lebih sedikit, tidak tersedia.

Mang sendiri memberikan penilaian untuk Raven ini hanya sebesar 6 saja.

Hal ini dengan pertimbangan, bila kita terpaksa ingin melakukan offlineblog dan tidak ada pilihan lagi, maka mungkin Raven ini bisa menjadi alternatif terakhir untuk posting blog.

Qumana

Di bandingkan dengan Raven, mungkin masih lebih nyaman menggunakan Qumana untuk posting blog secara offline.

qumana

Walaupun ada beberapa kekurangan, seperti kode html untuk tag more tidak tersedia, dan fasilitas tag menjadi bagian yang terpisah dari panel blog kita, sehingga nantinya akan muncul kalo kita memasukan tag tulisan dimana kita meletakkan pointernya.

Tapi tool yang lainnya tersedia dan berfungsi dengan baik. Proses publish postnya terbilang lumayan cepat, meskipun kita membuat posting dengan menyertakan foto dalma posting kita.

Nilai yang bisa diperoleh untuk Qumana ini sekitar 8.

Sayangnya bila kita menggunakan Qumana sebagai media offline blog ini, pada bagian akhir tulisan kita akan muncul pesan singkat berupa tulisan created by Qumana di pojok kanan tulisan kita.

Dengan cara seperti ini, maka siapa saja orangnya yang melihat posting kita, pasti akan mengetahui kalo kita membuat posting melalui offline blog dari Qumana.

Word Office 2007

Microsoft mengeluarkan produk word office 2007 dengan menyertakan fasilitas untuk blog adalah karena melihat perkembangan blog di dunia maya yang begitu cepat, sehingga akhirnya menambahkan fasilitas ini dalam produk unggulannya.

Karena semua ini berbasis pada software word office, maka seluruh failitas yang biasa kita pergunakan untuk menulis di word bisa kita pergunakan juga disini.

Hanya saja memang ada banyak sekali kekurangan yang terapat dalam program ini.

Seperti tidak adanya fasilitas category tulisan, tag tulisan dan tentunya juga adalah untuk membuat jadwal posting blog kita.

Mungkin software tambahan ini di buat oleh Microsoft adalah untuk memudahkan para usernya, bila mereka akan melakukan posting blog, tanpa harus membuka program lain, cukup lewat word ini saja semua sudah bisa kita lakukan posting blog.

Sayang memang, tidak didukung oleh berbagai fasilitas tool yang bisa kita pergunakan untuk ngeblog, jadi terkesan sangat apa adanya sesuai standar dari wordnya.

Untuk yang satu ini mang bisa memberikan penilaian dengan angka 6.

Hal ini dengan pertimbangan bahwa bila kita menggunakan word2007 sebagai media offline blog kita, sangat mungkin dilakukan tetapi kita harus melakukan publish posting sebagai draft, sehingga bisa kita edit kembali dengan membuka blog kita di internet.

Windows Live Writer Thumbs-up

Boleh di bilang saat ini mang sedang jatuh cinta dengan Windows Live Writer. Rasanya ngeblog kurang pas kalo tidak pake wlw ini.

Hanya saja memang proses instalasi sedikit agak ribet, karena dari windows sendiri yang memberlakukan beberapa syarat system yang harus terpasang sebelum program ini di instal di komputer kita.

Inilah yang mang rasanya selama beberapa hari ini, akibat kesulitan untuk proses instalasi wlw, tetapi ternyata kalo kita mau memperhatikan detail informasi kesalahan yang muncul saat install ini, kita bisa menemukan juga caranya sehingga akhirnya bisa terpasang di komputer kita.

Tidak tau kenapa posting dengan menggunakan wlw ini terasa lebih nyaman dan kita bisa menambahkan beberapa plugin yang kalo kita pasang langsung di blog kita sangat sulit alias tidak terpasang dengan maksimal.

wlw

Contoh yang paling bisa kita terapkan adalah memasang tanda DIGG pada akhir posting kita ini. Seperti yang mang ini.

Plugin ini meskepun tersedia untuk kita download, namun tidak mudah untuk kita install di blog kita terutama di blog gratisan.

Selain itu tampilan secara umum juga tidak terlalu membingungkan, karena semua sudah tersedia dalam panel wlw ini.

Bahkan category tulisan tag tulisan serta kita bisa juga memberikan tambahan lampiran pada posting kita seperti halnya kita posting di blog langsung.

Koneksinya juga tidak terlalu lama, bahkan pada wordpress.org semua proses publish post berjalan dengan baik, jadi ini bisa kita pergunakan di wordpress.com dan wordpress.org.

Tapi tidak hanya itu, bila anda menggunakan blogsot, atau media blog yang ada di internet, semua sudah support

Bahkan dengan wlw ini anda bisa melakukan setting blog anda seperti pada dasbord di wordpress. Jadi tidak jauh berbeda seperti kita membuka panel admin blog kita.

Karena itulah mang memberikan nilai untuk windows live writer ini adalah nilai tertinggi yaitu 9, alias sangat cocok buat anda yang ingin selalu update blog anda setiap saat.

Nah itulah beberapa reviews yang bisa mang sampaikan untuk menjadi referensi bagi anda yang ingin melakukan posting blog dengan menggunakan media offline blog.

Kalo kita punya blog, maka harus kita rawat dan kita harus selalu update blog kita, dengan menggunakan media offline blog ini, maka kegiatan posting blog dapat tetap terus anda lakukan, tanpa perlu kuatir harus selalu koneksi internet.

Anda tinggal buat apa yang anda pikirkan untuk anda tulis dalam media offline, setelah ada koneksi baru anda publish…so blog anda akan terus update setiap saat.

Tetap semangat dan teruslah ngeblog sebelum ngeblog di larang oleh pemerintah…hehehehehehe…………….

Blog ini support by :

Digg This
Iklan
Ditandai: , ,