BATIK ITU BUATAN INDONESIA ASLI

Posted on Oktober 1, 2009

0


Sudah bukan rahasia umum lagi, kalo Batik yang merupakan warisan seni budaya dari leluhur kita adalah asli buatan Indonesia dan hanya Indonesia yang memiliki keanekaragam batik yang menjadi ciri khas masing-masing.

Bila setelah keputusan UNESCO yang menyatakan bahwa batik adalah warisan seni budaya Indonesia yang tak ternilai harganya, maka pemerintah Malaysia pun mulai kebakaran jenggot.

Mereka mengakui bahwa di Malaysia sendiri memiliki Batik yang menjadi ciri bangsa mereka.

Tapi kok kenapa juga justru saat bangsa Indonesia mulai mengakui Batik sebagai seni budaya Asli Indonesia dan diakui oleh dunia, maka Malaysia pun ikut uring-uringan dengan mengakui kalau ternyata mereka juga memiliki batik sebagai salah satu seni warisan budaya mereka.

Aneh juga memang orang Malaysia ini, setiap kita bangsa Indonesia ingin mengukuhkan warisan budayanya, justru mereka pun semakin gencar ikut-ikutkan mengklaim bahwa mereka juga memiliki yang sama persis seperti di Indonesia.

Contoh yang paling konkret adalah soal Batik ini. Dimana pihak UNESCO sudah memasuki Batik Indonesia sebagai warisan budaya yang tak ternilai harganya. Maka Malaysia pun ikut-ikutan ingin menyatakan bahwa Batik mereka juga adalah bagian dari seni budaya yang patut juga mendapat tempat dari UNESCO.

Secara jujur saja, mang sendiri belum pernah melihat atau mendengar kalau di Malaysia ada Batik Malaysia.

Kalau memang mereka punya batik Malaysia, kenapa juga mereka baru mengatakannya sekarang dan bukan sejak dari dulu memperkenalkan batik buatan mereka kepada masyarakat umum.

Dunia luar pun sudah mengakui bahwa Batik hanya ada di Indonesia, dan karena itu wajarlah bila akhirnya UNESCO memasukan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia yang tak ternilai harganya.

Jelas sudah kalo semua ini dilakukan oleh Malaysia hanya untuk kepentingan negara mereka saja, mereka ingin membuat bahwa sebenarnya bangsa Indonesia itu tidak punya apa-apa. Setelah berbagai kesenian dan tarian serta lagu kebangsaan ataupun lagu daerah dengan terang-terangan mereka klaim sebagai milik negara mereka.

Dengan demikian maka dimata masyarakt dunia bisa di ketahui bahwa sebenarnya Indonesia hanya menjiplak dari Malaysia.

Itulah opini yang ingin di ciptakan oleh bangsa Malaysia terhadap negara kita.

Dengan tanpa rasa malu atau mingkin tidak memiliki rasa malu, mereka mengklaim bahwa apa yang ada di Indonesia semua tersedia di Malaysia. Mulai dari makanan, seni budaya, hingga kepada lagu daerah, semuanya ada di Malaysia.

Dengan cara ini maka mereka dapat menarik sebanyak mungkin wisatawan untuk datang ke Malaysia, sehingga tujuan wisata sudah bukan lagi Bali atau Indonesia, tapi menjadi Malaysia.

Orang Malaysia bilang… anda ingin berlibur ke Bali…tidak perlu repot cukup berkunjung saja ke Malaysia, karena tarian Bali juga ada di Malaysia…..

Orang Malaysia bilang…anda mau makan sate… tidak perlu berkunjung ke Indonesia, karena di Malaysia juga ada sate yang lebih enak dari di Indonesia…….

Di Indonesia tidak aman, karena banyak bom dan teroris…… padahal pelaku terorisnya adalah orang Malaysia juga……..

Di sini kita bisa menilai betapa kecilnya orang Malaysia ini, karena hanya bisa mengambil dari apa yang telah orang lain perbuat untuk kemudian mereka kemas sendiri sebagai merk dagang mereka……..

Yang jadi permasalahan adalah bahwa mereka telah mengklaim apa yang telah menjadi adat dan tradisi bangsa Indonesia. Negara dimanapun di dunia ini pasti tidak sudi kalau budaya dan adat istiadatnya diakui sebagai milik orang lain.

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2009/09/30/91351/Malaysia-Keberatan-dengan-Keputusan-UNESCO-soal-Batik-Indonesia

Dasar orang Malaysia tidak punya rasa malu……….

banner1mpp

Follow me on Twitter

shannypersonalblog support by :

Digg This
Iklan
Ditandai: , , ,