TIPS PRAKTIS POSTING BLOG

Posted on September 2, 2009

3


Mungkin sudah ada ratusan blog yang ngebahas soal menulis atau posting untuk blog, tapi tidak ada salahnya juga kalo mang sengaja membuat tulisan ini tentang cara kita melakukan posting blog agar bisa secara kontinyu dilakukan sehingga blog kita bisa tetap update setiap hari.

banner1mpp

Sudah menjadi konsekwensi kita kalo kita punya blog, maka harus mau dirawat, minimal kita harus posting blog kita.

Tapi terkadang kita bingung harus posting apa untuk blog kita ini. Kendala seperti ini adalah wajar dan sudah biasa terjadi dikalangan para blogger.

Terkadang ada juga yang posting blog kalo kita sedang mood atau sedang ada sesuatu yang ingin kita tuliskan untuk blog kita. Sehingga dengan kondisi seperti ini secara otomatis kegiatan posting blog dilakukan saat kita ingin saja, tanpa secara rutin.

Padahal punya blog itu agar kita bisa dikenal oleh banyak orang dan bisa mendatangkan pengunjung yang banyak ke blog kita, salah satunya adalah selalu update blog kita.

Update blog bisa kita lakukan dengan posting secara teratur terhadap blog kita dan tentunya dengan materi atau tema yang sedang trend saat ini.

Mencari topik atau tema yang sedang trend saat ini memang sangatlah sulit, malahan kita bisa-bisa sibuk mencari tema terus menerus tanpa kita punya waktu untuk posting blog kita.

Mang selalu menganjurkan kepada siapa saja yang punya blog atau yang masih baru sekalipun, jangan pernah pedulikan terhadap tema tulisan kita dulu. Tapi yang terpenting sekarang adalah teruslah menulis apa yang ingin anda tuliskan untuk blog kita.

Anggaplah kegiatan menulis blog adalah sebuah sarana untuk mengungkapkan isi hati dan pikiran kita lalu kita tuangkan dalam bentuk tulisan untuk kemudian kita publish di blog kita.

Jadi disini sebagai langkah awal kita tidak perlu dulu membahas soal topik dari tulisan kita. Semua ini akan mengalir dengan sendirinya seiring semakin terbiasanya anda untuk posting blog.

Langkah yang biasa mang lakukan agar bisa tetap posting blog adalah sebagai berikut :

  • Siapkan selalu catatan kecil berupa notebook atau kertas kosong di dekat anda atau di meja kerja komputer anda.
  • Tuliskan apa yang saat ini anda ingat untuk menjadi bahan tulisan blog anda. Cukup tuliskan intinya saja, tanpa harus secara mendetail.
  • Buatlah daftar semampu anda tentang berbagai hal yang ingin anda tuliskan untuk blog anda.
  • Kemudian mulailah anda menyusun kalimat untuk setiap tema tulisan yang telah anda buat sebelumnya.
  • Tentunya tidak harus selesai hari itu juga, bila dirasakan ide anda kembali mentok, cobalah untuk melakukan aktifitas lain yang akan membuat otak anda kembali mengingat apa yang akan anda buat dalam posting blog.
  • Setelah seluruh tulisan ini anda buat, maka sekarang tinggal anda copy paste ke media blog anda, dengan membuka panel admin kemudian add new post, lalu bila semua sudah selesai tinggal publish posting anda.
  • Lakukan hal yang sama dengan tema-tema yang telah anda buat sebelumnya. Dengan menyusun dan merangkainya dalam satu tulisan penuh.
  • Bila dirasa anda tidak mampu melakukan hari ini mungkin bisa dilakukan besok hari, atau kapanpun anda siap. Yang penting anda telah membuat tema-tema tulisan yang akan anda buat untuk posting blog anda.
  • Biasakan setiap anda mempunyai ide baru tentang tulisan, anda tuliskan dalam catatan kecil anda, sehingga anda tidak lupa terhadap tema yang akan dibuat untuk menjadi posting blog anda.

Nah, bila cara-cara yang pernah mang lakukan untuk posting blog ini anda lakukan, mungkin blog anda akan terus update setiap harinya.

Tidak perlu merasa kuatir bila kita hari ini tidak bisa melakukan posting blog karena adanya kesibukan atau kegiatan lain di keseharian kita.

Kita bisa melakukannya lagi dihari yang lain, yang penting anda sudah membuat catatan kecil tentang tema yang akan anda buat posting untuk blog anda.

Usahakan dalam membuat posting blog ini sebaiknya dibuat lebih dari 300kata. Tapi kalo merasa sulit anda bisa membuatnya minimal 100kata untuk setiap posting blog anda tersebut.

Kegiatan posting blog sangat menyenangkan dan mengasyikkan, tinggal sekarang bagaimana kita mau dan pandai-pandai  menyisihkan waktu untuk posting blog kita setiap hari.

Kata Pa Hari, kita harus bisa posting blog minimal 2 hari sekali, dengan tema yang berbeda-beda tergantung keinginkan kita.

Persoalan tema tulisan, nanti akan dengan sendirinya mengikuti kata hati anda. Hal ini seiring dengan semakin seringnya anda menulis untuk blog dan mulai mengenal berbagai tema yang menarik yang bisa menjadi topik utama posting blog.

Menulis untuk blog juga mengajarkan kita untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Jangan salah kondisi disekitar kita juga bisa kita jadikan bahan untuk posting blog.

Atau bila perlu anda mendengarkan pembicaraan di warung rokok, atau di kios yang sedang membicarakan tentang sesuatu dari topik mereka.

Dari hanya pembicaraan orang lainpun bisa anda jadikan bahan untuk posting blog anda. Atau anda melakukan apa saja yang anda anggap perlu untuk bisa menjadi bahan posting blog anda.

Dengan cara seperti ini, jelas akan membuat kegiatan posting blog jadi lebih menyenangkan dan mengasyikkan sekaligus bisa mendapat nilai positif dari ide dan pemikiran anda tersebut.

Lakukanlah posting blog secara teratur, kontinyu, dan sepenuhnya anda lakukan dengan hati dan perasaan anda, sehingga akan menghasilkan tulisan yang lebih bermakna serta banyak dibaca oleh orang lain.

Semoga sukses, tetap terus ngeblog sebelum ngeblog dilarang oleh pemerintah……..

banner1mpp

Follow me on Twitter

Digg This
Iklan