BIKIN DAFTAR TEMAN

Posted on Juli 31, 2009

4


Nah…ini juga bagian yang paling disuka, karena kita bisa memajang teman-teman kita dalam blog kita dan akan terhubung secara langsung bila kita mengklik nama teman kita tersebut

Mungkin daftar teman ini bisa sama juga dengan fungsinya kalo kita membuat daftar teman di media sosia network seperti di Facebook misalnya.

Tapi karena ini adalah blog yang jelas berbeda dengan sosial network, maka kita harus membuat daftar teman kita tersebut dan kemudian mengaktifkannya agar tampil di halaman depan blog kita.

Silahkan anda perhatikan, deretan nama-nama yang ada pada daftar teman pada blog ini dibagian tengah dari halaman utama blog mang ini.

Disebelah kiri ada judul Bisnis Internet dan deretan menu lainnya kebawah. Ditengah ada Judul Meta dan deretan menu lainnya kebawah, dan disebelah kanan ada judul MPP Syariah dan deretan menu kebawahnya.

Nah daftar teman yang ada pada blog mang ini, sengaja mang tempatkan pada bagian tengah dari sidebar menu berderet hingga kebawah.

Untuk bisa membuat daftar teman seperti pada blog mang ini, khususnya bagi yang membuat blog di wordpress, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut ;

Pertama anda harus aktifkan terlebih dahulu Widget blogroll.

Widget Blogroll adalah satu perangkat yang telah disediakan oleh wordpress yang berfungsi untuk membuat daftar teman pada blog kita.

Untuk bisa mengaktifkan widget blogroll ini, silahkan anda perhatikan pada menu dasbor anda pada Kotak Sekarang. Cari tulisan dengan huruf Widget yang sedikit agak tebal, kemudian anda klik sehingga nanti akan terbuka halaman khusus widget di wordpress.

widget-3

widget

Pada bagian kotak Widget yang tersedia, silahkan anda cari widget dengan tulisan Blogroll atau Taut, cari hingga kebawah dari halaman tersebut.

widget-2

Bila telah menemukan widget dengan Tulisan Taut atau Blogroll, langkah selanjutnya anda klik kotak Taut tersebut dan tahan mouse anda kemudian arahkan pointer mouse anda ke samping kanan

Simpan kotak widget Taut ini pada salah satu sidebar menu yang tersedia, misalnya anda simpan di bagian kanan, atau Right

Setelah kotak Taut atau Blogroll ini anda simpan pada sidebar anda, kemudian anda klik kotak tersebut sehingga nanti akan muncul seperti pada gambar berikut

widget-4

Dalam hal ini, sebenarnya anda tidak perlu melakukan perubahan apapun untuk mengaktifkan widget blogroll ini.

Anda hanya memindahkan kotak widget Taut ini ke sidebar menu yang nantinya akan tampil dihalaman utama blog anda.

Sampai disini kotak daftar teman anda atau Blogroll sudah aktif, tetapi daftar teman anda masih kosong, alias anda belum membuat isi dari daftar teman-teman anda yang nantinya akan tampil di halaman blog anda.

Membuat Daftar teman

Sekarang saatnya anda membuat daftar teman anda agar terisi dalam kotak blogroll yang nantinya muncul di halaman utama blog anda

Silahkan anda klik tabmenu Taut yang ada di panel dasbor di sebelah kiri anda, didalamnya ada menu yang bisa anda pilih lagi seperti Sunting, Add New dan Kategori.

Silahkan anda klik Add New pada kotak Taut ini, karena saat ini anda akan membuat daftar teman baru anda, kita anggap saja mang ini adalah teman anda yang akan dimasukkan dalam daftar teman di blog anda dengan nama Belajar WordPress.

Perlu diingat untuk membuat daftar teman ini, maka yang harus anda cantumkan dalam daftar teman ini, adalah link atau url dari blog teman anda tersebut.

Karena disini anda akan menambahkan blog mang sebagai teman anda, maka url blog ini harus anda masukan dalam menu Add New di kotak Taut ini.

Url blog mang adalah

https://shannypersonalblog.wordpress.com

Ingat anda harus mencantumkan semuanya secara benar dan lengkap, salah dalam menulisan maka akan membuat anda tidak akan terhubung dengan blog teman anda tersebut.

Untuk memudahkannya, maka sorot link blog mang tadi kemudian klik kanan mouse dan pilih copy.

Setelah anda memilih Add new pada kotak Taut ini, maka akan muncul halaman baru yang berjudul Tambahkan Tautan Baru

tambahtaut

Pada kotak alamat Web, silahkan arahkan pointer mouse anda, kemudian klik kanan lalu pilih paste.

Maka dengan sendirinya url blog mang ini telah terisi didalam kotak ini. Ini bila anda sebelumnya telah menyorot url blog mang kemudian klik kanan dan pilih copy.

Pada kotak nama yang ada diatasnya silahkan anda tuliskan Belajar blog

Pada kotak Kategori silahkan anda pilih kategori untuk taut anda ini. Secara standar wordpress akan menganggap setiap taut yang kita buat akan menjadi kategori Blogroll, tapi kita bisa membuatnya kategori sesuai keinginan anda, caranya ;

Silahkan pilih pada kotak Taut, menu Katerogi, sehingga nanti muncul halaman baru seperti pada gambar berikut ini ;

kategoritaut-2

Pada bagian Tanbahkan Kategori Taut, silahkan anda tuliskan pada kota yang tersedia disana, misal kategorinya anda buat Belajar bikin blog, lalu klik tombol Tambah Kategori.

Ini akan terlihat pada saat anda memasukan kategori taut pada menu Tambahkan Tautan Baru, dengan muncul pada kotak Kategori, setelah muncul silahkan anda tandai kategori tersebut

Kemudian pada bagian bawah kotak Kategori taut ini, anda tandai pada pilihan Blank yang ada dibawahnya.

Setelah selesai semua silahkan kembali ke atas layar anda, kemudian lihat kotak yang ada disamping kanan dengan nama Simpan, anda klik tombol Tambahkan Taut yang berwarna Biru Tua tersebut.

Selesai, sekarang anda telah membuat daftar teman dalam blog anda, silahkan lihat hasilnya seperti apa dengan membuka halaman depan blog anda.

Silahkan anda lakukan ini untuk teman-teman anda yang lainnya. Untuk membuat daftar teman ini, tidak harus blog yang berasal dari wordpress saja, tapi semua media blog bisa anda tambahkan sebagai daftar teman di blogroll anda.

Mulai sekarang untuk menambah indah tampilan blog anda, maka daftar blogroll ini sebaiknya harus ada di blog anda, ini membuktikan bahwa anda telah menjalin pertemanan lewat blog dengan membuat nama mereka tampil pada blog anda, dan blog anda juga akan tampil dalam daftar temen di blog mereka

Tunggu posting berikutnya yah…….

Iklan
Posted in: Blog, ibsn, menulis, wordpress