MENYISIPKAN FOTO DALAM POSTING

Posted on Juli 29, 2009

2


wordpress_logo Nah ini pasti bagian yang paling anda suka, karena kita bisa menyisipkan foto, gambar atau apapun dalam posting kita, sehingga posting kita terasa lebih indah terlihat oleh mata…. hhihihihih… kayak apa aja yah…..

banner1mpp

banner125x125

Seperti yang udah pernah disampaikan dalam posting sebelumnya, kalo wordpress ini memberikan jatah kepada kita sebesar 3GB untuk upload berbagai media termasuk jenis mp3,mp4,jpg,gif,ppt,pdf atau yang lainnya.

Nah kapasitas yang besar ini sangat bisa kita pergunakan secara maksimal dengan menambahkan foto-foto atau file yang sesuai untuk kita simpan dalam blog kita ini.

Menyisipkan foto dalam posting

Sebelum kita uplod foto kita ke blog maka sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu seperti ini ;

  1. Pastikan ukuran foto yang akan di upload tidak terlalu besar, usahakan dibawah 1000kb
  2. Bila fotonya terlalu besar, silahkan di edit dulu dengan menggunakan photoshop atau program lainnya tuk edit foto
  3. Sebaiknya foto yang anda upload jangan yang bersifat pribadi atau bahkan mengandung unsur pornography….. itu kata undang-undang loh…….

Setelah semua persiapkan dilakukan, sekarang saatnya kita upload foto anda dalam posting blog anda.

Langkah-langkahnya ;

  1. Pasti yang bertama bukan blog anda dulu dong… terus login ke panel admin anda (dasbor)
  2. Kemudian pilih menu Tulisan yang ada di samping kiri di deretan menu yang menyusun kebawah, klik pada tanda panahnya bila kotak Tulisan itu masih tersembunyi.
  3. Nanti akan muncul menu dari Tab Tulisan itu yang berisi Sunting, Add New, Tag Tulisan dan Kategori
  4. Pilih dan klik Add new, nanti akan muncul kotak di tengah dasbor anda untuk membuat posting blog anda.
  5. Silahkan anda lakukan posting untuk blog anda seperti biasanya, mulai dengan memberi judul posting, kemudian mulailah mengetik untuk posting anda
  6. Bila akan menyisipkan foto dalam tulisan anda tersebut, maka pilih tanda gambar kotak hitam ditengahnya di samping tulisan Unggah/Sisipkan
  7. Nanti akan muncul halaman baruuploadfoto untuk upload foto anda dengan kotak hitam akan menutupi layar anda dan ditengahnya ada kotak besar bertuliskan Tambahkan Sebuah Gambar
  8. Klik tombol Telusuri.. lalu pilih file foto yang akan anda upload dari komputer anda, setelah itu klik tombol Open di popup window tersebut.
  9. Setelah itu klik tombol Unggah, maka tunggu beberapa saat foto anda sedang di upload ke blog anda.
  10. proses upload bisa berjalan cepat kalo file foto yang anda upload berukuran kecil, tetapi sebaliknya akan terasa lama kalo foto anda berukuran besar.uploadfoto-2
  11. Bila proses upload telah selesai, maka akan muncul foto anda yang telah di upload dalam kotak tersebut di sebelah kiri atas, dibawahnya ada informasi tentang foto tersebut, seperti judul, Deskripsi, URL Taut, Perataan dan ukuran
  12. Silahkan anda isikan kotak isian tersebut, tetapi bila tidak juga tidak masalah
  13. Bila telah selesai, klik tombol sisipkan kedalam Tulisan, kemudian terakhir klik tombol Simpan seluruh perubahan
  14. Setelah selesai tutup window upload ini dengan memilih tanda X di pojok kanan atas kotak popup upload ini.
  15. Nah sekarang anda sudah menyisipkan foto anda dalam posting anda ini.
  16. Bila penempatannya kurang sesuai atau ingin anda tempatkan menjadi bagian antara tek yang terpotong, maka tinggal anda klik foto tersebut, lalu pilih marjin perataan yang ada di atas tab Tulisan ini.
  17. Maka nanti hasilnya foto anda akan berada di posisi kiri, atau posisi tengah atau di posisi kanan dari posting anda.

Selesai sudah proses upload foto dalam posting blog anda.

Ingatlah selalu langkah-langkah ini untuk melakukan upload foto anda sewaktu-waktu diperlukan kembali.

Silahkan lakukan lagi beberapa foto yang akan anda upload sambil berlatih memahami cara upload foto ini.

Langkah ini akan sama kalo anda menguplod media lain seperti video atau mp3, yang membedakannya hanya pada kotak upload saja.

uploadvideo

Bila anda melakukan upload video misalnya dari Youtube, wordpress telah menyiapkan langkah-langkahnya untuk mengambil link video guna anda tampilkan dalam blog anda.

Nah loh… sekarang anda sudah bisa upload foto ke blog anda…. jadi tinggal foto apa yang ingin anda upload ke blog?

Awas jangan foto yang menandung kekerasan, pornography, erotisme atau hal-hal yang bersifat pribadi yah….. ingat anda berada di internet, siapa aja bisa melakukan tindakan mencurigakan bahkan merugikan kita akibat kita kurang hati-hati dari perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab…… heheheheh…..

banner1mpp

banner125x125

Iklan