DASBOR WORDPRESS

Posted on Juli 28, 2009

0


wordpress_logo Seperti yang udah pernah mang sampaikan dalam tulisan sebelumnya, bahwa dasbor wordpress sangatlah bermanfaat dan menjadi dapur utama sebuah blog di wordpress.

Semua bisa dilakukan hanya dari dasbor ini, tanpa harus membuka halaman utama blog kita, hal ini jelas akan memudahkan kita dalam mengatur blog kita dan tidak perlu repot harus selalu melihat tampilan blog kita

banner1mpp

banner125x125

Itulah mungkin apa yang mang rasakan sejak punya blog di wordpress. Dan sampai hari ini juga mang masih tetap merasa nyaman kalo punya blog di wordpress.

Ada banyak sekali menu yang bisa kita pergunakan untuk setting blog kita didalam panel admin ini.

Namanya Admin, so pastilah sudah dilengkapi semua sarana yang bisa kita pergunakan sebagai administrator dari blog kita… tul kan?………

Kotak Sekarang

kotaksekarang

Ini adalah kotak utama dalam panel admin di wordpress dan posisinya ada di deretan pertama pada bagian tengah menu panel admin.

Kotak ini berisi informasi dari blog kita dan semua data-data yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Hanya dengan melihat dari kotak inilah maka kita sudah tau apakah ada yang telah mampir ke blog kita atau tidak.

Kotak Komentar

komentar

Nah kotak ini berisi informasi siapa saja yang sudah pernah mampir ke blog kita dan memberikan komentarnya pada hasil posting kita.

Terkadang ada juga yang mampir ke blog kita mengisi komentar pada halaman buku tamu, atau pada halaman tentang kita.

Tapi yang jelas bila komentar di blog kita ini telah di moderasi terlebh dahulu, maka setiap yang memberikan komentar terbaru akan muncul di kotak ini dan biasanya akan diberi tanda berwarna kuning tuk kotak yang belom kita moderasi tersebut.

Kotak Stat

kotakstat

Ini adalah informasi tentang statistik jumlah pengunjung blog kita.

Baik pengunjung yang telah mampir dan memberi komentar maupun pengunjung yang hanya numpang lewat tanpa memberikan komentar apa-apa di blog kita.

Atau bila ada pengunjung yang mampir ke blog kita berdasarkan informasi dari google, karena google akan selalu mengindex setiap blog yang ada terutama yang terkait dengan tema yang dipilih pada saat kita serching di internet melalui google.

Dengan adanya kotak ini maka kita juga akan mengetahui ada atau tidaknya orang yang sudah mampir ke blog kita dan kita bisa mengetahui dengan jelas berapa rata-rata jumlah kunjungan setiap harinya.

Kotak Tulis Cepat

terbitkan

Adalah adalah kotak yang secara khusus dibuat oleh admin wordpress untuk memudahkan kita dalam melakukan upload file tanpa harus membuka kotak Tulisan.

Nantinya setiap file baik dengan format jpg, gif, atau yang lainnya, semua akan tersimpan dalam Media Library

Di Media Library inilah semua file2 yang udah pernah kita upload akan disimpan, dan hebatnya lagi wordpress memberikan kita jatah cukup besar untuk menyimpan file di blog kita.

Kita diberi jatah oleh wordpress sampai sekitar 3GB kapasitas tuk menyimpan filenya.

Dengan 3GB ini jelas kita sudah bisa menyimpan apa saja dalam blog kita, mulai dari video, foto, bahkan juga lagu atau mp3 dan mp4

Kotak Whats Hot

whatshot

Kotak ini berisi informasi dari pengguna wordpress lain yang saat ini sedang mengalami perkembangan cukup pesat.

Artinya bila blog pengguna wordpress sedang banyak di kunjungi, maka nanti akan muncul di kotak ini, sebagai Blog WordPress.com Nge Top hari ini.

Hebat ga tuh…….

Kalo kita bisa membuat posting blog kita dan ternyata banyak di kunjungi atau dibawa oleh para netter, maka blog kita bisa masuk dalam kategori ini.

Hebatnya lagi, kalo nanti anda buka www.wordpress.com maka akan muncul juga foto kita atau nama blog kita di halaman depan wordpress

Untuk bisa seperti itu, perlu proses dan waktu. Mang aja hanya baru sekali pernah masuk kategori BOTD Blog Of The Day, tapi sore harinya langsung hilang lagi dari daftar tersebut.

Kotak Taut Kemari

tautkemari

Ini adalah kotak khusus untuk mengetahui siap saja yang sudah memberikan link balik ke blog kita melalui blognya.

Lewat kotak ini juga kita bisa mengetahui dari mana asal sebuah link yang telah masuk ke blog kita.

Bila kotak ini mempunyai cukup banyak link yang masuk, itu sama artinya bahwa blog kita banyak mempunyai link balik yang akan terdeteksi oleh google

Kotak Your Stuff

yourstuff

Kotak ini berisi informasi apa saya yang sudah kita lakukan untuk blog kita hari ini, kemarin, pekan ini atau minggu kemarin

Ini berguna untuk mengetahui seandainya kita lupa apa yang telah kita lakukan kemarin di blog kita.

Termasuk bila kita telah memberikan komentar di blog orang lain, maka informasi tersebut akan terrekam dalam kotak Your Stuff ini.

Gimana mulai paham…..

Jangan lupa yah tuk bookmark blog mang ini di browser anda atau copy paste url blog ini untuk anda simpan dalam daftar teman dan beri judul Belajar WordPress

https://shannypersonalblog.wordpress.com

header2

Seperti biasa tunggu besok lagi yah ada posting berikutnya masih tentang wordpress kok……..

Iklan