NGEBLOG DI WORDPRESS YUK!!

Posted on Juli 23, 2009

5


Belajar bikin blog di wordpress

Panduan bagi Pemula

wordpress_logo Sebelumnya mang minta maaf bukan bermaksud untuk menyombongkan diri terhadap kemampuan yang mang miliki ini dengan membuat posting seperti ini.

banner1mpp

Hal ini dilakukan semata-mata karena ingin berbagi pengalaman dan wawasan kepada rekan-rekan yang ingin membuat blog di wordpress.

Mang bukanlah ahli dalam hal blog di wordpress ini, kalo mau yang lebih ahlinya silahkan kunjungi blog pa Lutvi Avandi yang merupakan pakar dari blog di wordpress

Posting kali ini dilakukan karena banyak sekali rekan-rekan mang yang merasa bingung bila harus membuat blog di wordpress.

Yah karena selama ini mang selalu menganjurkan setiap rekan mang untuk membuat blog di wordpress, sambil sedikit mempengaruhi juga bahwa bikin blog di wordpress lebih asyik, lebih mudah dan komplit… hehehehe biasa….. teknik merayu gombal agar mau bikin blog di wordpress

Padahal panduan tuk wordpress ini sudah banyak beredar di internet ini, banyak para pakar internet yang telah mengulas tentang blog wordpress ini, salah satu guru wordpress yang paling top adalah A Fatih

Silahkan anda ikuti tulisan beliau tentang blog di wordpress ini, karena semuany sudah beliau persiapkan untuk kita, kita tinggal mengikuti tulisannya dan praktekan, maka kita sudah bisa menggunakan wordpress sebagai media blog anda.

Tapi karena mang merasa ingin berbuat sesuatu untuk rekan-rekan mang, maka akhirnya mang juga ikut-ikutan bikin posting yang ngebahas soal blog ini, khususnya tentang wordpress.

Padahal kalo tidak salah mang sudah pernah bikin Ebook tentang ngeblog di wordpress ini, tapi biarlah mungkin posting itu sudah terlalu lama, sehingga perlu update lagi dengan materi blog wordpress versi yang terbaru sekarang ini

Sebelum mulai ngebahas, silahkan anda Bookmark link blog mang ini agar tersimpan dalam web browser anda, atau simpan link blog mang ini dalam daftar teman atau Blogroll anda dengan judul Belajar WordPress,

silahkan copypaste link blog mang ini

https://shannypersonalblog.wordpress.com

Baiklah, sekarang mari kita mulai dengan melakukan register di wordpress agar anda mendapat jatah lahan sehingga bisa mempunyai blog di wordpress.

Register di WordPress

Untuk melakukan register di wordpress silahkan anda klik link berikut ini http://wordpress.com dari browser anda

Nanti akan tampil halaman utama wordpress seperti pada gambar dibawah ini

wordpressbhsindo

Beruntung orang seperti mang ini dan mungkin juga anda, yang kurang mengerti dengan bahasa inggeris, kita bisa menggunakan wordpress dengan bahasa utama adalah bahasa Indonesia.

Silahkan klik di kotak kecil yang ada diseblah kanan dibawah kotak warna kuning, lalu sorot ke bawah lalu pilih Bahasa Indonesia lalu klik.

Tunggu beberapa saat, nanti wordpress akan berganti tampilan dengan menggunakan bahasa Indonesia

wordpressdaftar 

Anda akan lihat perbedaannya, dengan tulisan berbahasa Indonesia, nah sekarang tinggal anda klik tombol besar yang ada di kotak kuning daftar sekarang

Nanti akan muncul halaman baru yang berisi tentang data register untuk pertama kali anda membuat blog di wordpress

registrwp

registrwp-2

Kedua gambar diatas tadi adalah halaman pertama saat anda melakukan register di wordpress, yang berisi ;

  • Nama pengguna ; tulisan nama anda sebagai pemilik dari blog tersebut
  • Kata Sandi : buatlah password untuk anda melakukan login di wordpress ini
  • Konfirmasi : tulis ulang password yang telah anda buat sebelumnya
  • Email address : tuliskan alamat email aktif anda sebagai kiriman untuk konfirmasi aktifasi blog anda di wordpress
  • Legal Platform : centang pada kotak kecil disampingnya
  • Tandai pada pilihan berikan saya blog

Setelah semua selesai anda isi, maka tinggal klik tombol lanjutkan yang ada dibawah pojok kiri halaman ini.

Sebelum melanjutkan, mang ingin mengingatkan, pada saat mengisi kata sandi, sebaiknya buatlah password yang hanya anda ketahui dan buat juga dengan penulisan menggunakan karakter atau _, @ atau karakter lainnya yang akan membedakan password ini sehingga sulit untuk diketahui orang lain.

regstrwppass

Seperti pada gambar diatas, pada saat anda menuliskan password tersebut, akan muncul kotak berwarna dibawahnya yang menyatakan kekautan dari password anda.

Buatlah agar password anda hingga menjadi Strongt pada indikator password tersebut. Bila belum, maka sebaiknya anda buat lagi password sampai indikator tersebut bertuliskan Good.

Bila sudah, nanti akan muncul halaman berikutnya setelah anda klik tombol lanjutkan dihalaman pertama ini

domainwp

Pada halaman berikut masih pada proses registrasi blog di wordpress ini adalah tampilan seperti pada gambar diatas tadi.

Dimana disini ada 4 kotak isian yang perlu anda lengkapi, yaitu

  • Domain blog : silahkan anda isikan nama url untuk blog anda. WordPress akan secara otomatis menganggap nama pengguna adalah nama domain untuk wordpress anda, tapi anda bisa merubahnya bila diperlukan
  • Judul Blog :  Silahkan masukan judul utama dari blog anda, misalnya judulnya adalah Bisnis Syariah Membawa berkah
  • Bahasa : pilih bahasa yang ingin anda pergunakan sebagai bahasa utama blog anda
  • Privasi : tandai pada pilihan yang ada

Setelah semua terisi, maka sekarang tinggal klik tombol Signup

Maka selanjutnya wordpress akan mengirimkan konfirmasi ke email anda. Sialhkan anda buka email anda, kemudian buka pesan yang muncul dari wordpress.

Pada pesan ini akan muncul link konfirmasi yang harus anda klik untuk memulai ngeblog di wordpress.

Dengan anda mengklik link konfirmasi dari email anda, maka secara otomatis wordpress telah menyetujui anda untuk membuat blog menggunakan wordpress sebagai medianya.

Sampai disni, anda sudah siap untuk mulai ngeblog menggunakan wordpress, sekarang anda sudah punya lahan khusus dari wordpress dengan nama domainnya adalah http://namaanda.wordpress.com

Selamat datang di wordpress!!!!! Horee bisa euyyy!!!!!!!

banner1mpp

Silahkan tunggu posting berikutnya masih tentang wordpress………

Iklan
Ditandai: , , ,
Posted in: Blog, ibsn, wordpress