AKHIRNYA KEJADIAN JUGA KOMPORKU MELEDAK

Posted on Juni 19, 2009

1


Pada awal-awal pembagian progam konversi mintah tanah ke gas, banyak sekali kejadian yang berakibat fatal dari para penggunanya.

Dari mulai tabung gas yang bocor, kualitas kompor yang tidak baik, regulator yang tidak berfungsi maksimal sampai mengikibatkan kecelakaan yang merenggut nyawa pemiliknya.

Nah, kemarin mang juga merasakan hal itu. Peristiwa tabung gas meledak terjadi juga di warung mang.

Walaupun beruntung tabung gas tidak sempat meledak, karena langsung bisa dimatikan oleh alat pemadam dari tetangga sebelah rumah.

Tapi dari peristiwa itu, sempat membuat panik, takut sekaligus bingung bagaimana mematikan api, yang regulatornya masih terpasang ke tabung gas.

Ini memang beresiko besar, dan sangat berbahaya. Untung banyak tetangga yang membantu, banyak orang yang ikut pula berusaha untuk mematikan apinya.

Berbagai upaya dilakukan, dari mulai menyiram dengan air, menutup dengan karung basah, sampai menaburkan tanah ke atas tabung gas.

Namun karena panik dan takut tabung meledak, kita semua tidak berani mendekat. Pada saat itulah tetangga depan rumah membawa alat pemadam kebakaran dan langsung menyemprotkannya ke atas tabung yang sedang menyala api besar.

Mungkin kurang dari 5 menit kalo tidak segera di padamkan, bisa terjadi tabung yang meledak dan menimbulkan kebakaran besar di warung mang ini.

Alhamdulillah mungkin Allah masih memberikan mang kesempatan untuk mencari nafkah lagi, sehingga warung annissa masih berdiri kokoh sampai hari ini.

Dari peristiwa kemarin, semua ini ada hikmahnya yang bisa kita ambil, salah satunya kita harus lebih teliti lagi untuk secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kompor yang kita gunakan, terutama memperhatikan kondisi slang antara kompor dengan tabung gas.

Yang jelas peristiwa kemarin jadi pengalaman berharga sekali bagi mang, walaupun sebenarnya dalam urusan seperti ini mang sudah biasa, tapi karena kehendak Allah juga, dan mungkin ini teguran buat mang juga, akhirnya peristiwa kebakaran ini terjadi juga.

Namun demikian tetap kita harus selalu waspada dan hati-hati, paling tidak kita harus rajin merawat peralatan masak kita, terutama yang menggunakan gas, agar selalu dirawat, dipelihara dan dibersihkan setiap waktu, sehingga bila terjadi kerusakan dapat segera diketahui tanpa harus menimbulkan kebakaran terlebih dahulu.

Iklan
Ditandai:
Posted in: catatan, ibsn