WAYANG GOLEK HIBURAN RAKYAT MURAH MERIAH

Posted on Juni 14, 2009

5


wawan_kuncung_z_cepot2_purwa Tadi malam setelah nonton sebentar pertunjukkan wayang golek dalam rangka memperingati hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-365, sempat menjadi pusat perhatian warga masyarakat ciamis atas hiburan yang diselenggarakan tersebut

Namun entah kenapa, justru pada pertunjukkan malam ini, sedikit agak berbeda.

Hal ini dilihat dari jumlah penonton yang menyaksikan pertunjukkan tersebut tidak seperti biasanya selalu padat.

Padahal dayang yang tampil adalah bapak Asep Sunandar Sunarya Giriharja3, yang merupakan tokoh pedalangan terkenal di Indonesia.

Bisa jadi, karena suasananya yang kurang pas, atau mungkin saja pertunjukkan seni wayang golek ini sudah mulai dianggap kurang memasyarakat dan kurang menghibur.

Yah, memang seni wayang golek adalah merupakan salah satu kesenian tradisional asli Indonesia khususnya Jawa Barat yang sudah menjadi ciri dan kebanggaan masyarakat Sunda pada umumnya.

Memang seni pertunjukkan wayang golek, sangat identik dengan hiburan merakyat, murah meriah dan hanya kalangan menengah kebawah yang menyukainya.

Mungkin anda, orang – orang yang terlahirs dijaman modern ini, pasti kurang menikmati pertunjukkan wayang seperti ini.

Ada upaya dari para pedalang senior dan juga pedalang muda saat ini, untuk melakukan perubahan pakem seni wayang mengikuti perkembangan jaman.

Maka dimanfaatkanlah teknologi sebagai sarananya. Dengan permainan cahaya lampu, tampilan screen latar belakang yang tampak hidup, dan sebagainya.

Semua ini dilakukan untuk agar seni budaya wayang golek ini tidak punah dan dapat tetap lestari meskipun harus mengikuti perkembangan jaman dan menyesuaikan dengan kondisi terkini.

Benarkah seni wayang golek sudah ditinggalkan oleh masyarakatnya?

Pada para generasi tua terutama yang hidup dan berada dipedesaan, pertunjukkan wayang golek masih mendapat tempat dihati pecintanya.

Tapi bagi anda yang hidup dijaman yang serba modern ini, dengan perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang berkembang, melihat wayang golek adalah sebuah pertunjukkan yang sudah sangat tertinggal dan kuno.

Tapi melihat kenyataan dari pertunjukkan wayang golek tadi malam, ternyata meskipun tidak sebanyak yang biasanya, tetap saja orang berduyun-duyun datang untuk melihat pertunjukkan ini.

Ini satu bukti bahwa seni wayang golek ditenga kondisi jaman sekarang ini masih ada penikmatnya yang dengan setiap mengikuti setiap alur cerita yang disampaikan oleh dalang hingga selesai.

Mungkin yang perlu diperbaiki adalah kemasan seni wayang golek itu sendiri, yang harus bisa mengikuti dan mengena terutama dikalangan generasi muda saat ini.

Perlu ada inovasi dari alur cerita dan menyisipkan beberapa skuel tentang kondisi saat ini yang paling pas dan mengena di kalangan generasi muda.

Apapun itu, dan upaya yang telah dilakukan oleh para pecinta seni sunda dan seni pewayangan ini, hiburan yang dilaksanakan oleh Pemda Ciamis dalam rangka memperingati hari Jadi Kabupaten Ciamis, tetap mendapat perhatian yang luar biasa dari para pecinta kesenian tradisional.

Disini kita masih bisa berbangga diri, bahwa kita sebagai negara yang besar, ternyata masih juga menghargai sebuah karya asli anak bangsa, kebudayaan yang menjadi ciri dari leluhur kita untuk tetap kita pelihara dan kita lestarikan demi masa depan bangsa ini.

Iklan