HARI JADI KABUPATEN CIAMIS

Posted on Juni 12, 2009

1


Hari ini tepatnya tanggal 12 Juni 2009, merupakan hari yang bersejah bagi warga Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Pada hari ini, pemerintah Daerah telah menetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Ciamis.

Sejarah Kabupaten Ciamis tak lepas dari sejarah jaman kerajaan Galuh dahulu kala yang merupakan cikal bakal daerah atau kabupaten Ciamis.

Walaupun ada polemik ditengah masyarakat, khususnya warga asli Ciamis yang menginkan nama Ciamis diganti menjadi Galuh sesuai dengan latar belakang sejarah daerah ini, tapi tetap saja Ciamis merupakan daerah yang menjadi kebanggan bagi masyarakat Ciamis sendiri maupun jawa barat pada umumnya.

Sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda pun,  wilayah keresidenan Ciamis masih bernama Tjiamis. Dan nama itulah yang tetap dipertahankan sampai sekarang.

Entahlah, yang penting, mang, dan yang lainnya yang hidup dijaman sekarang ini, nama Ciamis sudah menjadi satu nama yang tak asing untuk diucapkan, dan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita ini.

Walaupun mang bukan asli orang ciamis, tapi besar dan hidup serta mencari nafkah di tanah leluhur inilah, rasa bangga terhadap daerah sendiri lebih diutamakan.

Apapun kondisi Ciamis saat ini, siapapun yang memimpin daerah ini, pastinya sudah berusaha maksimal untuk mensejahterakan warga ciamis pada khususnya.

Ditengah isu politik yang menginginkan adanya pemekaran daerah Ciamis Selatan menjadi Kabupaten Pangandaran, tetap saja itu hanya sebuah pemikiran yang tidak semudah membalik telapak tangan untuk mewujudkannya.

Warga Ciamis bangga dengan Pangandaran, karena Pangandaran adalah juga warga Ciamis.

Jadi kalo ada isu yang berkembang akan memisahkan diri Pangandaran dari Ciamis, apakah itu merupakan keinginan sekelompok Partai Politik saja atau memang murni keinginan warga Ciamis Selatan?

Sepertinya isu soal pemekaran daerah sudah tidak jaman lagi untuk saat ini. Karena justru didaerah lain, masyarakatnya berusaha untuk mempertahankan lahan dan kondisi daerahnya agar tetap utuh tanpa harus memisahkan diri dari daerah asalnya.

Yang harus dibenahi oleh Ciamis sekarang, adalah terus berupaya untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerahnya agar bisa lebih mensejahterakan rakyatnya.

Perlu adanya dukungan sektor ekonomi riil terutama kepada para pengusaha kecil dan home industri agar terus berkembang dan usahanya menjadi salah satu sentra ekonomi di daerah Priangan Timur.

Buat seluruh warga Ciamis sendiri, apapun kondisi yang kita hadapi saat ini, jangan lah membuat kita lupa diri dan merasa bahwa kerja pemerintah belum maksimal.

Tapi coba liat diri kita sendiri, apa yang telah kita perbuat untuk kemajuan kabupaten Ciamis ini?

Janganlah pernah bertanya apa yang telah negara berikan untuk dirimu, tapi lihatlah apa yang telah engkau berikan untuk negaramu.

Mari kita berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan kita semua, sambil tetap mempertahankan rasa persatuan dan kesatuan di daerah, dan tetap menjadi bagian penting dari kemajuan Kabupaten Ciamis.

Anda, saya dan semua warga Ciamis dimanapun berada, mempunyai kontribusi yang berbeda-beda untuk daerah ini. Apapun yang telah kita lakukan saat ini, akan membawa dampak positif bagi kemakmuran dan kemajuan warga Ciamis dimasa yang akan datang.

Jadi, masih relevankah isu pemekaran daerah untuk saat ini?

Daripada memikirkan pemekaran daerah, lebih baik mari kita bangun bersama Ciamis ini menjadi kabupaten yang terbaik dan termaju di Jawa Barat, sehingga kesejahteraan kita sebagai warganya akan terus meningkat dan warga Ciamis akan hidup makmur Mahayunan Ayuan Kadatuan

Selamat Hari Jadi Kabupaten Ciamis, Dirgahayu Ciamis!!!!!!

=====Besok, nantikan Laporan dari Pagelaran Wayang Golek Asep Sunandar Sunarya Giriharja 3======

Iklan