UNTUNG RUGI PUNYA BLOG DI WORDPRESS

Posted on Juni 6, 2009

2


wordpress_logo Beberapa waktu lalu, mang sempat berbicara langsung dengan kang Deny (http://cantiqi.wordpress.com). Beliau pernah bilang bahwa hampir seluruh website yang ada sekarang ini semuanya menggunakan engine dari wp

Itu menurut hasil pengamatan beliau selama beberapa tahun ini selalu aktif dalam web.

Kalo dibahas lagi, mungkin ada benarnya juga apa yang disampaikan oleh kang Deny tadi.

Soalnya menurut pengalaman mang sendiri, yang sejak pertama kali mengenal blog, sudah diperkenalkan dengan mesin blog yang bernama wordpress ini.

Jadi sudah terbiasa ngeblog menggunakan mesin dari wp.

Mang sendiri punya beberapa pengalaman menarik selama ngeblog di wp ini. Salah satunya mang pernah bertanya langsung ke admin wp tentang kendala yang dihadapi saat mang setting blog.

Pada saat itu, mang memberanikan diri untuk bertanya melalui email dan mengirimkannya langsung ke admin wp.

Hasilnya, sungguh luar biasa…. dalam hitungan beberapa jam, eh mang dapat kiriman email dari admin wp yang menjelaskan dan memberikan jawaban atas pertanyaan mang yang diajukan lewat email tersebut.

Wow… keren bro dapet email dari admin wp!!!!

Yah, walaupun pake bahasa inggeris, sambil rada-rada bingung, tapi lumayan bisa juga dipahami.

Yang bikin mang kagum adalah, bahwa pengguna wp ini setiap hari atau setiap bulannya selalu bertambah, bahkan sekarang sudah hampir puluhan juta orang menggunakan wp sebagai media blognya diseluruh dunia.

Kok masih bisa-bisanya menjawab email dari mang yang mungkin hanya sebagian kecil pengguna yang bertanya langsung ke admin.

Entah apa itu jawaban emailnya secara otomatis atau bukan, tidak masalah, tapi begitu responnya admin wp terhadap para penggunanya dengan menjawab langsung setiap pertanyaan yang muncul ke admin

Hal ini satu bukit kalo wp memang berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh penggunanya dimanapun berada.

Yang bikin mang suka ngeblog di wp ini adalah, bahwa kita tidak harus selalu terbuka dengan halaman utama blog kita.

Semuanya dapat kita atur hanya melalui menu dasbord kita.

Seperti menjawab komentar, menghapus spam, melihat perkembangan blog lain, melihat statistik blog, merubah layout, ganti themes, upload foto, posting dan sebagainya.

Semua cukup dilakukan hanya dari menu dasbor saja, tanpa harus membuka halaman utama blog kita.

Tuh asyik kan, hanya dari dapur blog kita, kita bisa mengatur semuanya dengan mudah.

Berikut ini sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekurangan blog wordpress yang mang ambil dari posting pa Darmawan di http://darmawanku.wordpress.com

Kelebihan

  • Gratis dengan domain username.wordpress.com.
  • Pengunjung mudah untuk memberikan komentar.
  • Anda dapat posting dan menjawab komentar dengan email.
  • Ada fitur posting terjadwal.
  • Mengganti themes tidak merubah widget.
  • Mempunyai statistik pengunjung.
  • Ada antispam bernama akismet.
  • Komentar baru bisa terlihat dari dashboard.
  • Notifikasi email apabila ada komentar baru.
  • Ada versi mobile (m.wordpress.com).
  • Mempunyai fitur Turbo sehingga mempercepat membuka halaman di Firefox atau IE.
  • Menu untuk menulis lebih lengkap daripada di Blogspot.
  • Ada website  id.wordpress.com yang berisi blog dan postingan terhangat.
  • Mempunyai space 3 giga untuk menyimpan foto dan dokumen office.

Kekurangan

  • Tidak dapat diberi java script misalnya untuk chatbox dan sebagainya.
  • Tidak diperbolehkan serta tidak dapat untuk iklan seperti adsense atau kumpulblogger.
  • Themes dan widget terbatas.
  • Agak susah untuk menulis dan mengedit melalui ponsel, kecuali menulis dengan email atau mobile.
  • Hanya mendukung upload foto dan dokumen office.
  • Tidak adapat langsung mengupload video, hanya bisa dari url.
  • Berbayar untuk mempergunakan domain sendiri. Sekitar 10 dolar setahun.

Kelebihan dan kekurangan ini, adalah wajar, karena mang pikir masing-masing perusahaan punya aturan main tersendiri yang tentunya akan menjadi ciri bagi perusahaan tersebut.

Tinggal sekarang bagaimana anda menerapkannya, dan menggunakannya untuk kepentingan yang lebih bermanfaat.

Bagi mang sendiri, merasa sudah sangat komfertable menggunakan blog di wp ini, selain karena sudah terbiasa, yah, menurut mang wp ini selalu memberikan berbagai terobosan terbaru untuk para penggunanya.

Tentu kita masih ingat adanya tayangan televisi dari wp. Wp mempunyai jaringan televisi online yang dapat diakses oleh seluruh penggunanya.

Selain itu, wp sendiri selalu mengadakan acara offline bagi seluruh penggunanya, seperti adanya summercamps, yang rutin diadakan oleh admin wp.

Mang mohon maaf sekali lagi, posting kali ini bukan bermaksud untuk membedakan wp dengan media blog yang lain. Tapi ini semata-mata untuk memberikan gambaran tentang media blog wp yang banyak diminati oleh seluruh pengguna internet di dunia.

Nah, bagaimana dengan anda? Apakah sudah merasa betah ngeblog di WP?

Memang sih untuk menambah pengalaman dan wawasan, sebaiknya anda jangan hanya punya satu media blog saja.

Akan lebih bagus kalo anda punya blog juga di blogspot, atau di media yang lainnya. Karena dengan begitu nantinya anda akan mempunyai wawasan dan pengetahuan yang lebih dari orang lain.

Tapi ini semua tergantung dari pribadi anda dan kesukaan anda. Kalo anda rasa anda sudah cukup ngeblog di wp tanpa harus punya blog lain di tempat lain, yah ga masalah.

Tapi kalo anda ingin menambah wawasan, ingin punya pengalaman dan ingin mengetahui lebih dalam tentang ngeblog, maka bisa juga anda punya beberapa blog dengan media yang berbeda.

Semua tergantung anda, anda yang menentukan, bukan mang yah?????

Yang penting tetap terus ngeblog, terus berkarya dengan tulisan anda, tapi awas sekarang jangan sembarangan nulis atau mengyampaikan keluhan terhadap pelayanan masyarakat, nanti anda akan dipenjara seperti kasus Ibu Prita Mulyasari… ihhh seremmmmm………

Selamat ngeblog!!!!!!!

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: Blog, ibsn, wordpress