SUSAHNYA KALO TIDAK SATU PERSEPSI

Posted on Mei 18, 2009

2


Yah beginilah susahnya kalo kita bekerja dalam satu tim yang tidak memiliki persepsi yang sama tentang kerjaan atau juga tentang kegiatan yang akan kita kerjakan

Ini semua memang merupakan bagian dari sebuah perjalan tim atau kelompok, dimana antara anggota tim perlu ada satu kesamaan visi dan misi dalam menjalankan suatu proyek atau tugas lainnya.

Memang sulit, tapi kalo kita bisa menage dengan baik pasti tidak akan terasa bahwa itu semua merupakan kerja sebuah tim. Tapi terkadang apa yang kita lakukan apa yang sedang kita perbuat untuk tim, tidak semua anggota tim bisa menerimanya, bahkan malah menimbulkan rasa kecurigaan diantara anggota tim.

Hal inilah yang sebenarnya perlu dihindari agar kerja dalam sebuah tim bisa lebih maksimal. Sayang terkandang anggota tim sendiri selalu bertindak atau bekerja tanpa mengetahui tujuan dari sebuah konsep yang telah direncanakan.

Pemahaman seperti ini memang perlu proses dan pastinya perlu orang-orang yang bisa menerima ide, saran dan gagasan secara mendalam serta memahami betul dari tujuan konsep kerja tersebut.

Bila pemikiran kita terhadap konsep kerja tersebut tidak maksimal atau mungkin saja kurang dipahami, maka dipastikan hasil kerjanya tidak akan maksimal. Dan pertanggungjawabannya adalah nama besar dari sebuah acara atau tim itu sendiri.

Kondisi itulah yang sedang dialami saat ini dalam menjalankan sebuah rencana besar yang rutin setiap tahun kita lakukan. Namun sayang justru setiap tahun pula selalu menimbulkan konflik internal yang sebetulnya tidak perlu terjadi kalo saja diantara anggota tim semua memahami tentang konsep kerjaan serta tugas dari masing-masing anggota tim.

Mungkin ini juga menjadi kesalahan saya pribadi terutama dalam mengatur kerja anggota tim. Tapi memang begitulah adanya, sementara kegiatan ini harus terus berjalan dan saya sendiri juga punya tanggungjawab untuk menyukseskan acara tersebut lebih dari yang lainnya.

Bukan berarti mereka tidak punya peran, tapi memang terkadang apa yang ada dalam konsep tidak sesuai dengan pemikiran dari masing-masing anggota tim, sehingga akhirnya semua tidak berjalan secara maksimal.

Sepengetahuan saya pribadi, saya sudah berusaha untuk memaksimalkan kerja tim ini dengan berbagai upaya yang saya lakukan agar kegiatan ini berjalan sukses dan lancar. Bahkan saya mempertaruhkan nama saya pribadi dan keluarga untuk sebuah acara bisa berjalan lancar dan berhasil.

Tapi rupanya, apa yang saya lakukan ini tidak mendapat respon yang baik dari anggota tim. Mereka mungkin kurang paham atau mungkin juga karena saya sendiri yang tidak menginformasikan apa yang telah saya kerjakan selama ini.

Selama dalam tim ini masih menimbulkan kecurigaan diantara anggota tim, maka hasil kerjanya tidak akan maksimal. Kalopun acara ini berhasil diselenggarakan, tapi mungkin akan ada efeknya diakhir acara.

Saya sendiri sedang mencoba untuk introspeksi diri, mungkin semua ini juga karena kesalahan saya pribadi, dan saya bersedia untuk dipersalahkan oleh anggota tim kalo memang mereka menghendaki saya sebagai biang dari kesalahan tim ini.

Tapi yang jelas, saya akan terus berusaha agar acara ini berjalan dengan lancar, sukses dan kalo bisa lebih baik dari tahun-tahun yang lalu.

Biarlah semua ini menjadi pembelajaran buat saya dan juga anggota tim, bahwa untuk bekerja dalam satu tim dibutuhkan kekompakkan dan kepercayaan diantara masing-masing anggota tim.

Ini pembelajaran berharga bagi saya pribadi…….

Ditandai:
Posted in: catatan