MENGAPA PILIH BISNIS MLM?

Posted on April 30, 2009

3


Sudah sekitar 5 tahun terakhir ini bisnis mlm begitu marak di Indonesia. Dari hanya sebuah produk kebutuhan rumah tangga sehari-hari sampai kepada obat-obatan, kesehatan bahkan sampai kepada peralatan atau perkakas teknik juga bisa dijadikan bisnis mlm

Kalo kita perhatikan, dalam mlm ini apapun bisnisnya bisa kita manfaatkan sebagai sebuah jaringan pemasaran produk yang ditawarkan agar mencapai sasaran yang diinginkan

Dengan cara mlm ini maka produk tersebut akan semakin luas jangkauannya, dan semakin dikenal oleh banyak orang, dan orang mulai merasakan manfaat dari suatu produk tersebut.

Bagi anda yang sekarang sedang bergelut dalam bisnis mlm, pastinya hafal betul bagaimana cara kerja dari bisnis ini.

Tapi ternyata dari puluhan bahkan ratusan member grup mlm, masih terbuka lebar peluang untuk mengembangkan jaringan, karena masih banyak orang yang belum bergabung atau mungkin juga yang tidak ingin bergabung dalam bisnis ini.

Sehingga dengan demikian, bisnis ini tidak akan jenuh, bahkan boleh dibilang kalo bisnis seperti ini tidak akan pernah ada matinya.

Karena perkembangan bisnis ini justru mengikuti perkembangan yang terjadi dimasyarakat. Semakin banyak tuntutan kebutuhan hidup yang bisa dipasarkan melalui mlm, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mencoba, atau bergabung secara serius dalam bisnis ini.

Inilah menariknya bisnis mlm tersebut. Tapi bukan hanya itu saja, masih banyak lagi hal menarik lainnya dalam mengeluti bisnis mlm

Bagi mereka yang telah berhasil dalam bisnis ini, mereka bisa merasakan seperti apa perjuangan mereka untuk mengenalkan suatu mlm kepada orang lain, bagaimana mereka mempengaruhi orang lain untuk mau bergabung, dan bagaimana pula mendapat cercaan, cacian, bahkan sikap melecehkan kepada mereka sebagai orang yanghidup dalam dunia mimpi.

Tapi memang begitulah perjuangan untuk mencapai sukses dalam suatu mlm. Disini kita tidak bisa secara santai atau setengah hati menjalani bisnis ini. Kalo mau sukses, maka harus ditekuni secara serius. Kalo mau berhasil maka harus berjuang lebih keras lagi.

Buah hasil perjuangan dan upaya kerja keras ini, mendapatkan hasil yang sebanding berupa bonus atau reward dari perusahaan.  Inilah bisnis mlm.

Mengapa harus MLM

Kalo kita lihat dari sektor bisnis atau produk yang ditawarkan dalam program mlm ini, sekarang sudah sangat beragam. Dari mulai kebutuhan sehari-hari kita di rumah, sampai keperluan kita di kantor, atau juga bahkan keperluan kita terhadap suatu barang atau jasa yang juga bisa dijadikan bisnis mlm.

Hampir semua jenis usaha, di coba dengan cara mlm. Dan boleh dibilang kalo mlm ini sudah memasuki area kebutuhan pribadi kita yang mungkin sangat jarang kita bicarakan hanya kepada orang terdekat saja.

Melihat akan hal tersebut, maka wajarlah banyak perusahaan besar yang mulai memasarkan produknya dengan cara mlm ini. Karena selain produk yang dipasarkan langsung mengena kepada konsumennya, juga dari segi keuntungan, perusahaan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding kalo hanya cara konvensional saja.

Mengapa demikian, karena produk yang dihasilkan, sudah jelas sasarannya, sudah jelas kapasitas produksi setiap bulannya. Semakin banyak member yang bergabung, maka semakin banyak pula produk yang harus ditingkatkan setiap bulannya.

Tapi itu baru kita lihat dari segi produsen yang memproduksi produk dengan cara pemasaran secara mlm. Lalu bagaimana dengan konsumen sendiri?

Menurut data dari Apli, setiap bulanya jumlah member yang tergabung dalam program mlm selalu bertambah. Dan ini juga yang membuat pertumbuhan bisnis ini terus berkembang dari tahun ketahun.

Dari sini bisa kita lihat, bahwa sebenarnya banyak juga orang yang ingin terjun dalam bisnis mlm, mengeluti secara serius dan mendalami systemnya secara mendetail, sehingga mereka bisa mencapai apa yang mereka inginkan, berupa kekayaan materi dari hasil kerjakerasnya itu.

Dasar sebuah MLM

Hal penting yang harus kita pahami dalam bisnis mlm ini adalah, bahwa semua pihak yang terlibat didalam bisnis ini, akan memperoleh keuntungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Produsen merasa diuntungkan karena produknya laku. Konsumen merasa senang ikut memasarkan produknya, karena mereka akan mendapat reward dari perusahaana atas jerih payahnya mengenalkan produk tersebut.

Jadi dalam bisnis mlm ini tidak ada satu pihakpun yang merasa di rugikan atau bahkan merugi. Semuanya serba menguntungkan.

Secara umum pola dari sebuah bisnis mlm ini adalah ;

Produsen memproduksi suatu produk yang akan diapsarkan dengan cara mlm. Kemudian bagian pemasaran akan ikut mengenalkan produk ini kepada orang lain, dengan cara mengajak mereka untuk itu gabung dan merasakan manfaat dari produk tersebut.

Kemudian para downline akan berjuang keras memaarkan produk tersebut keapda orang lain, dan bila nanti mereka membeli juga produk tersebut, maka downline tadi akan mendapatkan bonus langsung dari perusahaan.

Semakin banyak mengenalkan orang terhadap produk mlm, maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa mereka peroleh setiap bulannya.

Begitulah secara umum pola dari sebuah mlm ini. Dan ini akan terus berlanjut semakin luas lagi seiring dengan banyaknya orang baru yang bergabung dalam bisnis mlm.

Lalu, mengapa sih mlm itu menarik?

Kalo dalam bisnis mlm ini kita bisa menjalankan bisnis ini kapanpun dimanapun tanpa mengenal waktu.

Produk yang dipsarkan adalah merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang pasti sangat dibutuhkan oleh orang lain.

Dalam menjalankan bisnis mlm ini, kita tidak memerlukan tempat untuk berusaha. Sehingga kita tidak perlu memiliki kantor bahkan menyewa tempat sekalipun.

Menjalankan bisnis mlm ini, tidak ada bos, supervisor atau bahkan juga manajer. Semua adalah sama, jadi masing-masing dari anggota mlm adalah pemilik dari perusahaan, sehingga kita tidak perlu untuk menggaji karyawan atau membuka lowongan bagi pencari kerja.

Adanya reward yang cukup besar bagi mereka yang bisa memasarkan produk mlm, juga menjadi daya tarik bagi calon member baru untuk bergabung dalam bisnis mlm.

Dari sekian banyak keuntungan dalam bisnis mlm ini, target yang ingin dicapai oleh para membernya hanya ada dua pilihan.

Yaitu kebebasan financial dan kebebasan waktu.

Dua hal inilah yang menjadi sasaran utama bagi para member mlm yang ingin dicapai dalam mengikuti program bisnis ini.

Kebebasan financial, artinya kita sudah memiliki cukup dana yang besar hasil dari kerjakeras kita memasarkan produk. Sehingga kita bisa menumpuk kekayaan bagaikan seorang milyuner baru.

apapun yang kita inginkan, karena dulu kita tidak memiliki cukup harta untuk membelinya, maka sekarang semua itu sangatlah mudah. Banyak diantara pelaku bisnis mlm yang telah sukses ini, memanfaatkan dananya untuk kepentingan sosial bahkan juga untuk kepentingan daerahnya dan keluarganya.

Kebebasan waktu, artinya, sekarang setelah semuanya tercapai, maka mereka bisa dengan leluasa mengatur waktunya sendiri untuk dimanfaatkan sepenuhnya demi keperluan orang-orang tercinta.

Mereka punya banyak waktu untuk melihat pertumbuhan anaknya, tanpa perlu merasa kuatir tidak terpenuhi kebutuhan si anak. Mereka punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga tanpa perlu kuatir peluang usahanya hilang an masih banyak lagi.

MLM Masih dipandang sebelah mata

Bagi sebagian orang di masyarakat ini, mereka yang trjun dalam bisnis mlm, dianggap sebagai orang yang terlalu mengidolakan sebuah mimpin yang tidak akan mungkin tercapai.

Mereka beranggapan bahwa mlm hanyalah sebuah bisnis menjual mimpi yang tidak akan mungkin tercapai tanpa kerja keras seperti dirinya.

Pandangan seperti ini memang masih banyak di masyarakat. Tapi justru karena itulah maka bisnis mlm dapat tetap eksis ditengah-tengah mayarakat.

Karena banyak juga orang yang berhasil dalam bisnis ini, sebagian karena mereka ingin membuktikan kepada pihak yang melecehkannya, bahwa dia terjun dalam bisnis mlm ini bukan hanya menjual mimpi, tapi ini kenyataan yang siapa saja bisa mencapainya asal ada keinginan dan tekad uang kuat untuk meraihnya hanya melalui program bisnis mlm

Meskipun banyak marayarakat yang beranggapan kalo mlm ini hanya sebuah bisnis tipu menipu dan hanya untuk mementingkan orang yang pertama kali bergabung saja.

Tapi kenyataannya, semakin banyak juga orang baru yang bergabung dalam bisnis mlm. Setiap bulan banyak anggota baru yang bergabung dalam bisnis mlm dan telah membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka telah berhasil.

Nah… bagaimana dengan anda, apakah tertarik untuk bergabung dalam bisnis mlm?

Iklan