PEMILU DALAM HITUNGAN HARI….

Posted on April 4, 2009

0


Pelaksanaan pemilu 2009 udah didepan mata, hanya tinggal hitungan hari saja, maka kita semua akan menentukan nasib bangsa ini. Hari ini akan tercatat dalam lembaran sejarah bangsa, sebagai bagian dari sebuah perjuangan untuk membuat negeri ini menjadi lebih baik lagi.

Terlepas dari masih banyaknya kekurangan disana-sini, terutama dari pelaksana pemilu itu sendiri, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan hingga ke persiapan untuk TPS dan anggota KPPS.

Di daerah mang sendiri, khususnya kewilayah kelurahan Ciamis, persiapan untuk TPS baru dimulai kemarin.  Dengan di ambil sumpah ketua oleh PPS, maka secar resmi kita anggota KPPS sudah mulai bertugas untuk menyelenggarakan pemilu tanggal 9 April nanti.

Ternyata persiapan sekarang jauh berbeda dengan pemilu tahun 2004 lalu. Berkas formulir isian yang harus ditanda tangani oleh seluruh anggota KPPS, baik formulir C maupun yang lainnya, semua dalam jumlah yang sangat luar biasa.

Dan semuanya harus dan isi, di tanda tangani, serta data lainnya menyangkut pelaksanaan nanti.

Satu berkas formulir terdiri dari 13 halaman dan seluruhnya ada 30 buah buku yang harus diisi. Tapi itu hanya baru untuk DPD saja, belum untuk DPR, DPRD I, dan DPRD II. Jumlahnya lebih banyak lagi.

Belum lagi harus mengisi form untuk surat pemberitahuan kepada warga tentang pelaksanaan pemilu tempat dan waktunya yang sudah harus diserahkan kepada warga paling lambat akhir 3 hari sebelum pelaksanaan.

Sungguh bukan suatu pekerjaan yang mudah, walaupun hanya menuliskan nama, no urut , No tps, desa, kecamatan, kelurahan dan Kabupaten, serta tanda tangan masing-masing anggota KPPS.

Dalam hal ini saja sudah jelas sangat melelahkan, dan pastinya nanti pada pelaksanaan, dijamin tidak ada satupun TPS yang bisa menyelesaikan perhitungan suara sebelum waktu pukul 16.00

Semuanya pasti akan lebih, bahkan bisa sampai malam hari atau juga sampai pagi hari. Apakah ini yang dinamakan bakti untuk negeri ku……………..

Pada bulan Desember tahun lalu, hasil keputusan rapat pleno KPU, telah ditetapkan bahwa honor bagi anggota KPPS akan ada kenaikan. Ketua menjadi 300rb, dan anggota 250rb.

Tapi kenyataannya tidak sama sekali…..

Dari tahun 2004 lalu dengan pemilu sekarang dalam hal honor tidak ada perubahan samasekali bahkankalo boleh dibilang tidak ada bedanya.

Sedangkan PP 21 tentang pajak, tidak bisa dirubah atau diperbaharui. Jadi walaupun honor yg kita terima adalah sebesar 225rb untuk ketua dan 200rb untuk anggota, akan dikenakan potongan pajak mulai dari 5% hingga 15%

Mari kita berandai-andai….

Bila honor ketua yang hanya 225rb di potong pajak sebesar 5%, maka yang diterima hanya 213.750 saja. Itu hanya dari satu orang hanya di tps saja. Kalo satu desa ada 30 TPS, maka uang hasil pemotongan itu ada sebesar 6.412.500.

Kalo dalam satu kecamatan ada 30 Desa/Kelurahan, maka uang pemotongan untuk ketua KPPS saja ada sebesar 192.375.000 untuk satu kecamatan saja.

Kemudian lagi, bila dalam satu Kabupaten ada 30 Kecamatan, maka uang hasil pemotongan honor sebesar 5% itu ada sebanyak 5.771.250.000

Nah, angka terakhir itu adalah angka hasil pemotongan pajak untuk ketua KPPS saja se Kabupaten. Itu baru pemotongan hanya sebesar 5%, kalo 15% pasti lebih besar lagi angkanya.

Akankah uang hasil pemotongan pajak ketua KPPS itu kembali lagi kemasyarakat?

Mang berani jamin, jawabannya adalah TIDAK!!!!!!!

Itu hanya baru dari segi honor saja,belom ke masalah teknis pelakanaan.

Salah satunya adalah berkas formulir isian yang sangat-sangat banyak dan perlu waktu untuk menulisnya

Belum masalah persiapan untuk membuat TPS yang harus dipikirkan dan direncanakan dengan baik

Hebatnya, semua persiapan itu baru bisa dilakukan setelah distribusi pelakaanan pemilu tinggal beberapa hari lagi. Paling lambat hari senini besok. Itu artinya hanya tinggal 3 hari lagi untuk persiapan, mengisi dan menandatangani berkas sampai kepada mengisi data untuk surat pemberitahuan kepada warga. Semua itu harus dikerjakan oleh KPPS.

Sementara pada juragan Caleg…. lagi asyik-asyik aja jalan-jalan tebar pesona kesana-kesini mencari perhatian orang dan simpatisan agar mereka dipilih.

Apakah mereka ada memikirankan nasib anggota KPPS? Apakah para caleg ini dalam setiap pemilunya menjanjikan ada perubahan untuk para petugas KPPS?

Sama sekali tidak ada, yang penting hasilnya, soal bagaimana teknisnya itu urusan KPU, caleg ga mo ikut-ikutan… dasar…….

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: Berita Pemilu