KENAPA FACEBOOK?

Posted on Maret 23, 2009

1


Ada banyak sekali yang bertanya sama mang, kenapaa sih kok akhir-akhir ini banyak sekali orang yang bikin acount di facebook, padahal sebelum ini lebih banyak yang suka main di friendster atau yang lainnya

Jujur, kalo kita bicara soal facebook, memang seolah ga ga matinya. Hampir setiap hari orang membicarakan situs jejaring sosial ini. Bahkan yang tadinya tidak tertarik untuk membuka acount di situs jejaring sosial, sekarang justru mereka memiliki acount dan mulai aktif mencari dan menjalin pertemanan.

Sebetulnya tidak ada yang terlalu aneh dari facebook itu. Karena seperti halnya situs jejaring sosial yang ada, di facebook ini tidak jauh berbeda dengan kita bermain di FS, Multiplay atau situs lainnya.

Cara kerjanya adalah untuk menjaring pertemanan, baik itu dengan teman sekolah kita, teman kantor, teman kuliah atau juga dengan teman lama yang sudah lama tidak bertemu.

Hal ini sesuai dengan tagline dari facebook sendiri yaitu “Facebook helps you connect and share with the people in your life”.

Yah facebook memang membantu kita untuk berhubungan dengan teman-teman kita dalam kehidupan nyata.

Karena itu banyak mereka pengguna FB yang menjalin pertemanan karena mereka berasal dari kelompok yang sama, seperti asal sekolah mereka, asal kota mereka, teman sewaktu kuliah, teman di kantor yang lama atau juga menjalin pertemanan dalam kelompok komunitas blogger dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri FB sebetulnya sudah ada cukup lama, hanya saja karena di Indonesia ini komunitas pengguna fb waktu itu belum terlalu banyak, kalah bersangi dengan situs yang lebih dulu populer di Indonesia yaitu Friendster, maka facebook kurang begitu diminati pada saat itu.

Tapi sekarang sekitar 2 tahun terakhir ini, komunitas pengguna fb di Indonesia mulai bertambah. Terutama sejak komunitas blogger Indonesia yang mulai memperkenalkan fb kepada para penggunanya.

Mereka melakukan sosialisasi berbagai acara seperti pesta blogger juga menggunakan fb sebagai sarananya. Itulah mungkin awal mulanya perkembangan fb di Indonesia

Terutama, pada pada kampanye Presiden amerika serika yang juga menggunakan fb sebagai sarana kampanye nya, mulailah pengguna fb sedikit demi sedikit bertambah dengan pasti.

Selain itu karena kalangan selebritis di Indonesia juga mulai menggunakan fb sebagai sarana untuk mendekati para penggemar atau fans mereka masing-masing.

Maka mulailah fb semakin dikenal di kalangan anak muda di Indonesia. Mereka yang masih kekeh bertahan bermain di FS, akhirnya tidak tahan juga untuk mencoba membuat acount di fb dan sedikit melakukan experimen membandingkan dengan situs jejaring yang lain.

Karena itu wajarlah bila saat ini di Indonesia, jumlah pengguna fb semakin terus bertambah. Menurut data terakhir yang sempat mang ketahui dari salah satu situs personal, mengatakan bahwa data pengguna fb sampai bulan januari 2009 ini sudah mencapai 2,5 juta orang. Dan angka ini dipercaya akan terus bertambah seiring semakin banyaknya pengguna baru di fb.

Tapi memang ada yang berbeda antara facebook dengan jejaring sosial yang lain, dan ini menjadi ciri bagi fb yang pada akhirnya justru karena komitmen yang kuat dari manajeman fb sendiri, membuat fb semakin banyak disukai oleh mereka yang suka melakukan jalinan pertemanan di dunia maya.

Salah satunya, di fb ini kita tidak bisa melakukan perubahan setting layout dengan memasang templet yang berbeda-beda. Jadi bisa dipastikan seluruh pengguna fb akan memiliki tampilan profile yang sama setiap orangnya.

Selain itu, fb sangat ketat dalam hal aturan untuk menambahkan teman atau add friends. Setiap hari kita hanya bisa melakukan penambahan teman maksimal sebanyak 50 orang saja. Lebih dari itu, pihak fb akan menutup acount kita alias membannednya untuk sementara waktu atau bahkan menghapus acount kita selamanya.

Juga di fb ini ada batasan teman yang boleh berada di list kita. Maksimal teman yang boleh berada di list kita hanya sebanyak 5000 teman. Bila telah lebih dari itu, maka kita harus membuat acount baru lagi.

Inilah mungkin yang membedakan fb dengan situs jejaring sosial yang lain yang banyak bertebaran di internet ini.

Yang pasti sejak banyaknya mereka yang menggunakan fb, kegiatan atau acara reunian teman sekolah waktu smp, teman sma atau teman kuliah jadi lebih sering dilakukan. Dan komunikasi dengan teman-teman kita yang sudah lama tidak bertemu dapat tetap terus dpelihara sehingga jalinan pertemanan kita menjadi sebuah ikatan kekeluargaan.

Bahkan untuk yang satu ini, ada muncul istilah CLBK…. Cinta lama kembali bersemi lagi….. yah karena kita mungkin saja bertemu dengan teman-teman lama kita yang dulu pernah mengikat kisah cinta semasa sekolah dulu…..

Belum cukup sampai disini aja, bahkan acara pernikahan teman, acara ulang tahun anak juga bisa di undang lewat fb ini. Meeting di kantor dengan boss juga pemberitahuan tentang jadwal acara di kantor semua bisa dilakukan lewat fb.

Terakhir, perusahaan Telkom sudah mewajibkan seluruh kanryawannya untuk bermain fb dan memiliki acount di fb. Selain untuk menjalin pertemanan juga di manfaatkan oleh perusahan untuk melakukan promosi berbagai program Telkom kepada para penggunanya secara online.

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: Blog, komunitas