FACEBOOK ANCAMAN TERBESAR

Posted on Maret 12, 2009

2


logo facebook-rgb-7inchDemam fb yang mewabah di Indonesia ini, ternyata berdampak pula terhadap kebiasaan orang dalam bermain internet. Dan ini juga membawa pengaruh terhadap perkembangan situs jejaring sosial iniSitus facebook yang diciptakan oleh anak muda jenius bernama Mark Zuckerberg ini, sampai hari ini telah menjadi pusat perhatian dari berbagai kalangan praktisi di internet di dunia.

Orang yang dulu fanatik terhadap situs jejaringan sosial seperti FC, Multyplay atau Hi5 dan yang lainnya, sekarang mulai juga merambah untuk mencoba-coba kelebihan dari fb ini.

Bahkan mereka yang pada awalnya merasa tidak tertarik untuk memiliki acount di fb, dan merasa fb tidak begitu sesuai keinginan penggunannya, maka dalam waktu tidak lebih dari 2 tahun saja, semua itu sudah berubah.

Orang sudah mulai melirik fb sebagai tugas rutin yang wajib untuk dikerjakan saat kita koneksi internet. Selain tentunya browsing dan keperluan lainnya.

Tapi bisakah facebook mengalahkan friendster? Yang sampai hari ini masih tetap menjadi nomor satu situs jejaring sosial di Indonesia ini.

Memang dari segi pengguna fb masih terlalu sedikit dibandingkan dengan para pengguna fs. Friendster masih tetap mengklaim dirinya sebagai situs jejaring sosial yang terbanyak penggunanya di seluruh dunia.

Setiap bulan ada ratusan hingga jutaan pengguna baru di friendster. Tapi melihat fenomena saat ini, tidaklah mustahil bila fb suatu saat dapat juga menyangingi fs dalam segi jumlah penggunanya.

Ancaman bukan datang dari segi peningkatan jumlah pengguna saja, tapi demam fb saat ini juga mempengaruhi kebiasaan orang dalam berinternetan.

Apalagi dengan adanya dukungan perangkat yang dapat memudahkan orang untuk terus melakukan update data baik secara portable ataupun mobile, sehingga kemudahan ini membuat juga orang semakin ingin terus berkomunikasi tanpa henti.

Karena ingin agar selalu fb-nya update sehingga mendapat tempat sebagai pengguna yang paling aktif, orang rela merogoh koceknya hingga puluhan juga untuk membeli perangkat mobile yang bisa dipergunakan kapanpun.

Itulah magis internet yang bernama facebook. Bisa membuat orang menjadi tergila-gila untuk selalu online di fb.

Bukan hanya itu saja, dampak lainnya juga sudah mulai nampak, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan koneksi internet di kantornya.

Sudah ada beberapa perusahaan besar yang memblokir situs facebook ini sehingga tidak dapat diakses oleh para karyawannya dengan menggunakan komputer di kantornya.

Hal ini dilakukan, karena perusahaan beranggap, dengan perkembangan facebook ini, membuat orang atau penggunannya keranjingan, yang akan berdampak terhadap kinerja perusahaan.

Tugas-tugas kantor yang tadinya untuk keperluan bisnis, sekarang mulai dipergunakan untuk kepentingan pribadi yang memanfaatkan komputer kantor sehingga dapat bebas setiap saat melakukan update profile di fb.

Hal inilah yang dikuatirkan oleh para Bos perusahaan besar, sehingga akhirnya mereka memblokir situs ini, agar setiap karyawan tidak dapat mengakses fb, sehingga dapat kembali bekerja seperti biasa

Ini semua membuktikan bahwa demam fb bukan hanya terjadi di dunia maya saja, tapi juga sudah mempengaruhi kehidupan para penggunanya didunia nyata.

Bila ternyata perkembangan fb ini semakin baik dari hari keharinya, maka tidak mustahil suatu saat nanti akan menandingi fs dan bahkan mulai menyingkirkannya.

Kita tunggu saja perkembangan fb selama tahun 2009 ini, apakah akan terus berkembang, atau hanya menjadi trend sesaat saja, dan orang mulai kembali lagi kepada kebiasaan lama dalam berinternetan.

Iklan
Posted in: komunitas, teknologi