30 HARI JELANG PEMILU

Posted on Maret 9, 2009

4


logo-pemiluHari ini tepat 30 hari menjelang dilaksanakannya pesta Demokrasi di Indonesia, Pemilihan Umum Legislatif tanggal 9 April 2009. Sekedar untuk mengingatkan saja, kepada setiap warga negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya untuk menentukan nasib bangsa iniDitengah seruan untuk dilaksanakan Golput, bahkan lebih parah lagi ada pihak yang meminta agar Pemilu ini di undur, padahal tahapan pelaksanaan pemilu telah dijalankan, akhirnya KPU harus bisa menyelenggarakan pemilu ini tepat pada waktunya.

Proses pencetakan kertas suara sedang berlangsung, dan akan terus dipantau oleh KPU pusat hingga pendistribusiannya ke masing-masing KPUD di seluruh Indonesia.

Bahkan KPK pun ikut-ikutan sibuk mengawasi semua tahapan pemilu, dan langsung bertindak bila ada indikasi tindakan korupsi yang bisa merugikan negara. Korupsi sekecil apapun dengan alasan apapun, tidak ada maaf bagi KPK, tetap harus ditindak.

Tidak memperdulikan bagaimana mekanisme dilapangan, apa kesulitan yang ada di daerah, pokoknya kalo ada indikasi korupsi, maka itu wewenang dari KPK.

KPU sendiri tidak tinggal diam, disaat yang sudah hampir dekat ini, berbagai kesibukan mewarnai keseharian di KPU. Intensitas kerja jadi semakin tinggi, dan tingkat stress bagi karyawannya juga semakin tinggi.

Masih beruntung anggota KPU dan seluruh jajarannya, setelah selesai pelaksanaan pemilu masuk rumah sakit akibat kecapean. Dari pada harus masuk Rodeo oleh KPK…..bisa panjang urusannya….

Namun memang ada sedikit perbedaan antara pemilu tahun 2004 lalu dengan pemilu yang sekarang. Terutama dari segi minat dan antusias masyarakat menghadapi pesta demokrasi ini.

Mungkin karena masyarakat sudah terlalu jenuh, terlalu bosan dengan janji-janji tidak ada bukti, dan terlebih lagi karena mereka beranggap tidak ada perubahan sesuatu apapun yang membuat mereka bisa hidup lebih layak di negeri ini.

Selain itu, sosialisai tentang tatacara pemilihanpun dirasakan masih sangat kurang. Jarang sekali ada kegiatan sosialisasi terutama yang langsung ke masyarakat, untuk menjelaskan tentang tata cara pemilihan pada pemilu kali ini.

Iklan di media elektronik juga jarang, kalopun ada ditayangkan bukan pada jam prime time. Mungkin terkendala pada masalah anggaran, karena anggaran untuk pemilu sendiri baru bisa cair pada bulan Maret ini.

Karena memang APBN baru disahkan sekitar bulan Januari kemarin, maka otomatis proses pencairan dana juga baru bergulir pada bulan ini.

Repot memang, tapi begitulah adanya. Karena kalo tidak seperti ini, bukan negara Indonesia namanya.

Ingat! Tandai pilihan anda dan cukup hanya sekali saja. Ingat di tandai bukan di coblos. Tandai pada kolom nomor atau nama caleg saja, atau cukup tandai pada lambang partai saja. Pokoknya hanya ditandai, bukan di coblos!!!!

Untuk seluruh warga masyarakat, ingat, pada tanggal 9 April nanti, ayo datang ke TPS dan pergunakan hak anda untuk menentukan pilihan pada calon pemimpin negeri ini.

Jangan Golput…walaupun itu adalah hak anda, tapi marilah kita berpikir kedepan untuk lima tahun yang akan datang, kita tentukan nasib pemimpin negeri ini, sambil terus berharap agar ada perubahan ke arah yang lebih baik lagi untuk kita semua.

Buat para petugas TPS, persiapkan diri anda, terutama pisik, karena nanti pada saatnya, pasti kerja anda akan sangat sibuk tidak cukup setengah hari saja, bahkan bisa sampai pagi lagi anda terus berada di TPS untuk merekap hasil perolehan suara di TPS.

Meskipun uang lelah anda tidak seberapa dan tidak akan diterima secara utuh, akibat adanya pemotongan Pajak, maka terimalah hak anda itu dengan seikhlas-ikhlasnya, sambil berharap uang pemotongan pajak anda dipergunakan sebagaimana mestinya.

Para petugas TPS anda tidak perlu takut kalo sampai harus mengorbankan tenaga dan dana pribadi anda. Karena menurut aturan KPK juga tidak ada larangan menggunakan uang pribadi untuk kepentingan bersama, terutama untuk agar jalannya proses pemilihan di TPS berjalan dengan lancar.

Tetapi kalo anda menggunakan dana dari operasional di TPS tidak untuk semestinya, maka pasti KPK dan ICW akan bercuap-cuap dan melakukan investigasi adanya kecurigaan tindak pelanggaran korupsi.

Nah, untuk petugas TPS, kalo anda tidak menggunakan uang operasional yang telah diberikan oleh KPU, maka tidak ada salahnya kalo anda mencari sendiri sponsor yang dapat membantu mengatasi permasalahan dana agar TPS anda sudah sesuai atau blom

Anda boleh kok mencari dana sendiri untuk keperluan di TPS anda, sehingga uang operasional dari KPU tetap utuh, maka dengan demikian anda terbebas dari pantauan KPK dan ICW.

30 hari lagi kita akan melaksanakan pemilihan calon pemimpin bangsa yang semoga saja mereka bisa membawa angin perubahan yang positif bagi kita semua.

Pemilu 2009

Iklan
Posted in: Berita Pemilu