BLOGWALKING EFEKTIFKAH MENDATANGKAN TRAFFIC?

Posted on Maret 3, 2009

10


new-blueGa tau kenapa secara tiba-tiba selagi beres-beres warung, muncul ide kepingin menulis soal blogwalking, yang mungkin sudah tidak aneh lagi bagi kita yang punya blogBlogwalking, merupakan salah satu aktifitas kita dalam ngeblog, dimana disini kita menjelajahi para pemilik blog dimanapun berada untuk sekedar menyapa, membaca tulisannya, kemudian berkomentar, sambil berharap blog yang dikunjungi melakukan kunjungan balasan ke blog kita

Mungkin hanya itu gambaran singkat dari pengertian blogwalking itu?

Namun kemudian timbul pertanyaan, apakah betul dengan kita melakukan blogwalking secara rutin, bisa mendatangkan traffic ke blog kita?

Nah, inilah sebenarnya yang perlu kita pahami, sehingga jangan terjadi salah kaprah yang pada akhirnya usaha kita melakukan blogwalking jadi sia-sia belaka

Sebetulnya upaya kita dengan melakukan blogwalking tidaklah sesuatu yang sia-sia. Apapun itu pasti ada hasilnya, paling tidak blog yang kita datangi, merasa tersanjung telah dikunjungi orang, dan berharap melakukan hal yang sama kepada blog kita.

Tapi tidak cukup hanya itu saja, ternyata dalam kita melakukan blogwalking juga ada sesuatu yang justru disinilah akan menambah daya saing bagi blog kita.

Maksudnya adalah bahwa bila kita sering melakukan blogwalking, maka orang akan mengganggap kita aktif dalam blog kita, dan selalu merespon terhadap pengunjung yang telah mampir ke blognya.

Lebih spesifik lagi, adalah bahwa kita aktif dalam ngeblog. Setiap saat kita selalu buka halaman blog kita, mengecek bila ada komen yang masuk, memeriksa bila ada komentar yang nyasar, atau melakukan update posting blog kita.

Dengan demikian, maka orang lain menganggap bahwa blog kita adalah blog yang hidup, selalu ada pemiliknya yang siap untuk merespon setiap komentar yang sudah masuk dan melakukan kunjungan balasan ke blog yang sudah mampir.

Secara jujur mang terakhir kali melalukan blogwalking di blog ini adalah sekitar 2 bulan yang lalu, dan sempat membuat posting tentang perjalan mang menjelajahi blog tersebut, dengan judul Mas, Semalam saya Nekad!

Terutama sejak Januari tahun ini, mang sangat jarang sekali melakukan blogwalking, bukan karena tidak merespon setiap komentar yang masuk, tapi karena kesibukan mang di fesbuk yang sedang hangat-hangatnya untuk kontak dengan teman-teman lama di smp dulu, karena kita akan melaksanakan reuni untuk pertama kalinya.

Tapi dalah hati kecil ini, mang tetap aja merasa ada tanggungjawab yang hilang akibat tidak melakukan blogwalking kepada rekan-rekan yang telah mampir di rumah mang ini.

Jadi memang betul, bila kita ingin meningkatkan traffic blog kita, maka kita harus rajin update blog, melakukan blogwalking dan selalu berusaha untuk membuat posting yang menarik untuk di kunjungi orang.

Posting mang yang terakhir bulan kemarin yang membahas soal trend internet 2009 dan mengangkat Facebook sebagai topiknya, ternyata menurut laporan dari pa Heri, pada saat publish, langsung menjadi BOTD “Blog Of The Days” di wordpress.com

Selain itu sudah satu minggu terakhir ini, mang aktif minimal dua hari sekali untuk mempromosikan blog mang melalui situs khusus yang bisa kita pergunakan untuk mempromosikan blog atau bahkan posting kita sendiri.

Yah, melalui situs ini, hanya dengan sekali kita membuat iklan, maka secara otomatis akan langsung terpasang di website yang telah terafiliasi dengan situs ini secara langsung.

Beruntung mang aktif di situs ini, karena dengan demikian mang bisa melakukan promosi blog kapan saja, dengan mudah dan lebih enaknya gratis loh……….

Ayo siapa penasaran ingin promosikan blognya? klik aja langsung dari sini yah…..jangan dari yang lain…awas!!!…hihihihi……..

Oce…back to topic…..soal blogwalking tadi…..dari apa yang telah mang jelaskan ini, sebetulnya mang ingin memberikan penjelasan, bahwa untuk mendatangkan traffic ke blog kita, tidak harus selalu dengan melakukan blogwalking, ada banyak cara yang bisa kita tempuh tapi tentunya dengan cara yang sopan, benar dan mematuhi kode etik blogger……emang ada kode etiknya yah????

Terus kalo mo kita susun lagi, apa saja yang bisa mendatangkan traffic ke blog kita ini, ada banyak sekali, tapi salah satunya mungkin bisa mang sampaikan seperti ini ;

  • Update posting minimal 2 hari sekali
  • Membuat posting yang menjadi topik hangat pembicaraan, baik di media elektronik maupun di internet sendiri
  • Bergabung dengan blog directory yang banyak terdapat di internet, seperti kampung blog, MyBlogLog, atau yang lainnya
  • Bergabung juga dalam sosial network, dan usahakan untuk juga meninggalkan jejak url blog kita pada halaman profile
  • Segera merespon setiap komentar yang masuk, untuk kemudian kita balas dalm bentuk kunjungan balasan
  • Gabung dalam millis, dan tidak lupa tinggalkan jejak url blog kita disana
  • Buatlah posting secara daftar, seperti 10 wanita terseksi di dunia, 10 pemain sepakbola termahal di dunia, atau yang lainnya
  • Fokus terhadap topik pembahasan

Tidak cukup hanya sampai disitu aja, secara offline juga bisa kita lakukan dengan mempromosikan blog kita, misal mengajak teman kita untuk melihat blog yang kita punya, sambil sedikit meracuni supaya dia juga mulai suka ngeblog……..

Jangan lupa untuk mencantumkan juga url blog anda di kartu nama anda, atau sekedar bikin tempelan tulisan yang cukup besar yang dipasang di depan pintu kamar kita.

Nah semua ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan blog kita. Apapun bisa kita lakukan, tapi yah itu tadi…harus sopan, dan sesuai kode etik blogger….walaah emang ada kode atiknya???????

Jadi kalo kita kembali lagi kepada judul dari posting kali ini, bisa jadi blogwalking adalah sangat efektif untuk mendatangkan traffic ke blog blog.

Tapi jangan jadikan blogwalking sebagai tujuan utama, masih ada cara lain yang bisa kita tempuh untuk mendatangkan traffic.

Dalam mendatangkan traffic ke blog kita, sebaiknya jangan hanya mengandalkan kepada satu cara saja, tapi cobalah kita aktif dengan beberapa cara lainnya, yang mungkin saja justru dari situ traffic blog kita akan meningkat.

longbanner-2 copy

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: Blog, komunitas, wordpress