MENGAPA FACEBOOK JADI BOOMING?

Posted on Februari 23, 2009

3


Sejak diluncurkan jejaring sosial facebook ini, memang bukan dengan tujuan untuk meraih pengguna internet terbanyak, tapi hanya sekedar untuk memberikan pilihan alternatif tentang jejaring sosial kepada pengguna internetTapi nyatanya,sejak 2 tahun terakhir ini, website Facebook tumbuh dengan cepat bak jamur di musim hujan.

Terutama setelah diperkenalkan lewat berbagai media elektronik nasional, maka mulailah orang-orang khususnya di Indonesia ini melirik facebook sebagai tempat untuk menjalin pertemanan di dunia maya.

logo facebook-rgb-7inch

Memang, kalo dibandingkan dengan website yang mengkhususkan diri dalam aktifitas pertemanan di dunia maya, facebook kalah bersaing dari segi kuantitas dengan website serupa, misalnya Friendster.

Sampai saat ini Indonesia termasuk pengguna friendster terbanyak di kawasan Asia, bersama-sama dengan Philipine, Malaysia dan Singapore.

Kalo melihat dari segi tampilan antara facebook dengan friendster, jelas sangat jauh sekali.

Kalo di friendster kita bisa dengan mudah mengutak-atik halaman profile kita sesuai keinginan kita. Bahkan kita bisa pasang foto kita untuk tampil sebagai background profile di friendster.

Selain itu segmentasi pengguna friendster sendiri sangat beragam, tapi paling dinominasi oleh kalangan anak muda dan pelajar.

Cara kerja dari friendster sendiri tidak terlalu rumit, tapi hanya perlu membutuhkan waktu untuk menerima atau approved permohonan kita kepada orang yang dituju.

Tampilan menu-menu yang dapat digunakan juga tidak terlalu rumit alias bisa kita coba lakukan sesuai keinginan dan maksud dari pemilik profile tersebut.

Kalo di facebook, jelas hal seperti ini tidak akan bisa kita lakukan. Karena seluruh isi dari halaman profile di facebook adalah sama bagi setiap penggunanya.

Yang membedakan mungkin hanya bahasa yang digunakan, dan seberapa banyak applikasi yang kita pake di facebook.

Selebihnya semuanya sama. jadi kalo kita berkunjung ke halaman profile teman kita di FB, pasti secara umum tampilannya halaman profile akan tetap sama seperti yang kita punya.

Disini kita tidak bisa merubah, pasang templet atau mengganti warna untuk halaman profile kita.

Proses pencarian teman juga dilakukan dengan sangat mudah. Karena sebagai kata kunci untuk pencarian orang adalah dengan menggunakan nama sebenarnya, alamat email, atau berdasarkan nama perusahaan, nama perguruan tinggi, atau sekolah di sma.

Sehingga kebanyakan orang yang menggunakan facebook selalu menggunakan nama yang sebenarnya, bukan nama beken kita atau hanya sebuah sebutan biasa saja.

Pengguna terbanyak dari facebook ini adalah berasal dari golongan menengah keatas, orang-orang kantoran, atau hanya ibu rumah tangga biasa yang ingin meningkatkan jaringan sosialnya.

Menurut mang sendiri yang membedakan antara facebook dengan friendster adalah, di facebook kita bisa dengan mudah dan cepat melakukan tambah teman, karena prosesnya hanya berjalan satu arah saja.

Artinya bila kita hendak menambah teman di facebook, tinggal kita pilih foto orang-orang yang telah bergabung di facebook yang tersedia di halaman beranda facebook kita.

Setelah kita klik link untuk tambah teman, maka tidak membutuhkan waktu lama, bila orang yang kita add ini sedang tidak online, maka begitu dia membuka facebooknya, maka akan muncul satu perubahan terbaru berupa pesan yang mengingatkan kita bahwa ada seseorang yang telah menambahkan kita sebagai temannya.

Setelah kita konfirmasi, maka selanjutny kita sudah terhubungan dengan orang yang telah kita tambahkan dalam daftar teman kita.

Selain itu di facebook kita bisa dengan mudah melakukan percakapan langsung lewat chat yang tersedia di profile kita. Sehingga dengan teman yang juga sedang online, maka kita bisa melakukan percakapan, seperti kita sedang ber YM di Yahoo.

Belum cukup sampai disitu aja, bila ternyata ada teman kita yang memasang foto di albumnya kemudian dia menandai kita dalam foto tersebut, maka nantinya akan langsung terhubung dengan orang yang telah kita tandai sebelumnya, berikut dengan fotonya yang akan muncul di halaman profile kita.

Nah, pada saat mang mulai aktif di friendster, proses penambahan teman dengan orang yang akan kita tambahkan sebagai teman, memerlukan beberapa tahapan proses yang cukup panjang dan melelahkan.

Permohonan menjadi teman akan terkirim langsung masuk ke email kita, yang berisi permohonan untuk menjadi teman. Bila kemudian kita approved permohonan tersebut, maka selanjutnya, akan langsung menuju ke halaman profile orang yang kita setujui tadi melalui acount email kita.

Kemudian secara otomatis pula, persetujuan untuk menjadi teman akan segera di kirim ke email kita, untuk menunggu konfirmasi persetujuan menjadi teman yang kita tambahkan sebelumnya.

Setalah itu, barulah proses menjadi teman terhubung dan langsung masuk dalam daftar teman yang kita miliki.

Booming facebook di Indonesia mungkin sudah cukup lama, mungkin sejak pertama kali facebook ini diluncurkan sebagai salah satu website penyedia jasa layanan sosial network ini.

Tapi sekitar 2 tahun terakhir inilah, pengguna facebook di Indonesia mulai meningkat. Walaupun belum sebanyak pengguna FS, tapi peningkatan ini sudah merupakan satu bukti bahwa website ini mulai di gemari para pengguna internet.

Mungkin yang lebih mengenakan di facebook ini, adalah seluruhnya tampil berdasarkan nama asli kita atau email kita, walaupun email itu tidak menjadi sarana untuk melakukan konfirmasi terhadap permohonan yang muncul kepada kita.

Sehingga wajar bila akhirnya di facebook kita bisa kembali bertemu dengan teman lama, sahabat lama, teman kantor, teman masa kita kuliah, atau teman semasa kita sekolah dulu.

Bahkan tidak jarang pula melalui FB ini kita bisa mulai menjalin bisnis dengan seseorang, atau memulai untuk melakukan satu kegiatan berdasarkan kelompok yang kita miliki.

Karena itulah mengapa di facebook kita tidak dapat melakukan perubahan atau penambahan tampilan untuk profile kita. Hal ini karena para pengguna facebook sendiri tidak begitu memperdulikan soal tampilan di profile, tapi lebih kepada menambah jaringan pertemanan kita.

Mungkin pengguna FB belum sebanyak pengguna FS di Indonesia, tapi siap tahu, satu tahun kedepan atau dalam beberapa tahun lagi, pengguna FB akan meningkat lebih banyak dari sekarang ini.

Mang saja sudah membuktikan langsung, pada akhirnya kita bisa bertema kembali dengan semua teman-teman kita semasa sekolah dulu, bahkan dengan teman lama yang cukup lama tidak bertemu kembali, dan melalui FB inilah kita bisa mulai mempererat kembali silaturahmi yang dulu sempat terputus.

Buat yang belum punya FB, silahkan langsung aja menuju lokasi, kemudian isikan email anda, nama lengkap anda, dan beberapa lagi form yang diminta.

Caranya sangat mudah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama, setah acount anda aktif, jangan lupa add mang di FB yah?????

logo facebook-rgb-7inch

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: komunitas