TANDA-TANDA SUARA SAH PADA PEMILU 2009

Posted on Februari 7, 2009

1


Kemarin hasil rapat pleno KPU, telah menentukan berbagai langkah penting yang mungkin menjadi polemik saat ini yaitu tentang pengesahan surat suara pada pemilu 2009 nanti.Berdasarkan hasil rapat tersebut, telah ditetapkan bahwa selain tanda centang yang membuktikan bahwa suara tersebut sah. Juga diberlakukan tanda silang, garis mendatar dan coblos pada pilihan nama caleg di surat suara.

Hal ini dilakukan oleh KPU untuk meminimalkan perolehan suara yang tidak sah, akibat salah dalam melakukan pemberian tanda pada surat suara.

Jadi dengan demikian, memberi tanda centang pada no urut caleg adalah sah.

Kemudian memberi tanda silang pada nama caleg itu juga sah, demikian juga dengan hanya memberi garis lurus pada nama caleg tersebut juga dianggap sebagai suara yang sah. Termasuk didalamnya dengan mencoblos salah satu caleg pada partai tersebut juga adalah sah.

Tapi kalo anda tidak mau bingung, dan belum tau siapa yang akan anda pilih, maka tinggal anda pilih saja nama partai. Cukup anda beri tanda centang, atau tanda silang, atau tanda garis lurus atau juga di coblosnya gambar partai tersebut, maka suara anda sudah dianggap sah.

Memang ini merepotkan, bukan hanya kepada para pemilih saja, tapi tentunya juga kepada petugas di TPS yang terutama dalam penghitungan suara.

Jelas ini semua akan membuat kerja menjadi tambah berat, beban tambah besar, tapi dengan honor yang sangat minim jauh dari UMR….nah…loh..larinya ke masalah gaji kan……………..

Baik pokoknya bagi kita mengetahui mana yang dianggap sah menurut ketentuan KPU, maka itulah yang harus kita ikuti dan menjadi pegangan kita dalam menentukan pilihan nanti.

Paling tidak suara kita tidak menjadi tidak sah, hanya karena salah dalam memberikan tanda pada caleg yang kita pilih.

Tenang saja, pemilu masih sekitar 2 bulan lagi, dari sekarang masih ada waktu untuk anda mengenal masing-masing caleg, baik melalui media cetak, elektronik maupun lainnya, sebelum akhirnya anda menentukan pilihan yang sesuai menurut hati dan nurani anda.

singlebanner copy

Iklan
Posted in: Berita Pemilu