DATA PEMADAMAN LISTRIK (SEPIHAK) PLN CIAMIS

Posted on Februari 2, 2009

3


Selama bulan Januari 2009 ini, pelayanan listrik yang dikuasai oleh negara, terutama di daerah mang tinggal, sering sekali melakukan pemadaman secara sepihak, tanpa mengenal waktu.Mungkin ini karena jalur saluran induk listrik yang berada di rumah mang merupakan jalur yang padat, dan selalu menjadi korban untuk menjaga agar jalur utama kota ciamis tidak mengalami pemadaman.

Memang betul, walaupun posisinya berada di kota Ciamis, tetapi karena jalur listrik yang mengaliri di rumah ini menyatu dengan daerah pinggiran, jadinya maka sering dilakukan pemadaman.

Tetapi jalur satunya, yang juga masih berada di dalam kota, sangat jarang bahkan tidak pernah mengalami pemadaman, apapun kondisinya, baik sedang hujan besar, malam, pagi atau juga bhakan subuh, selalu tetap menyala terang benderang.

PLN ciamis sepertinya malu-malu untuk bertindak atau sedikit agak plinplan, kalo memang akan mati listrik…ya matikan saja semua…..sepanjang hari sampai malam.

Tapi kalo mau menyala….yah menyalalah terus, ga perlu sampai ada pemadaman segala, apapun kondisinya. Toh jalur yang satunya masih tetap bisa menyala, lalu kenapa jalur ini selalu ada pemadaman?

Selama bulan januari 2009 ini, mang mencatat sebagai berikut ;

  • 4/1/09 pukul 19.15, mati lampu
  • 5/1/09 pukul 05.13, mati lampu
  • 9/1/09 pukul 16.37, mati lampu
  • 14/1/09 pukul 13.00, mati lampu
  • 15/1/09 pukul 09.25, mati lampu
  • 17/1/09 pukul, 18.05, 18.10 dan 21.25, mati lampu
  • 18/1/09 pukul 04.56, mati lampu
  • 19/1/09 pukul 12.04, mati lampu
  • 20/1/09 pukul 20.19, mati lampu
  • 28/1/09 pukul 13.42, 16.22, 19.47, mati lampu

Memang matinya lampu tersebut, tidaklah terlalu lama, kalo dirata-ratakan sekitar 2 menit, maksimal 5 menit, setelah itu menyala kembali seperti biasa.

Tapi coba bayangkan dalam satu hari saja, pernah sampai tiga kali pemadaman, dengan rentan waktu pemadaman sekitar 2-3 menit. Kalo 3 menit saja, kali tiga sudah sembilan menit listrik mati.

Kalo melihat data hasil pencatatan diatas, bila dirata-ratakan lamanya listrik mati sekitar 5 menit, maka akan dicapai lama waktu pemadaman sekitar 70 menit, atau satu jam lebih sepuluh menit listrik mati di daerah mang selama bulan januari 2009 lalu.

Kalo listrik di daerah mang dalam satu bulan mati sekitar 1 jam, maka dalam setahun ada 12 jam listrik mati, atau sama dengan setengah hari listrik tidak mengalir di rumah mang.

Inilah baru namanya Indonesia…….dinegara lain tidak akan pernah menemukan hal seperti ini, semua ini hanya ada di Indonesia….negeri yang paling kaya………..

Memang jalur listrik yang mengaliri di rumah mang ini, arahnya berasal dari daerah Utara menuju ke pusat kota. Sedangkan yang berada di pusat kota, atau daerah sebelah barat dari rumah mang, sama sekali jarang adanya pemadaman listrik.

Jalur listrik ini tepat berada di tengah-tengah antara kedua jalur yang tadi. Jadinya lucu…kalo pas mati lampu, terus kita lihat kearah barat, ternyata tidak mati lampu, juga kalo kita lihat kearah timur, juga tidak mati lampu.

Tapi di daerah mang, tepat ditengah-tengah diantara kedua jalur tersebut, mati listrik…..hebat yah……cuman disini bisa terjadi seperti itu………

Paling orang lain, atau mungkin orang PLN sendiri hanya bisa bilang, yah beli UPS dong untuk menyelamatkan peralatan elektronik anda.

Emang gampang beli UPS….kalo gitu, sekarang mang minta tolong PLN ciamis belikan mang UPS sebanyak yang mang butuhkan dong……….

Eh…..bayar listrik tuh ga boleh telat, batas akhirnya sampe tanggal 20 setiap bulan. Awas kalo telat, nanti kamu kena denda, kalo ga dibayar, nanti listrik kamu akan diputus ama om PLN, pokoknya ga boleh telat!

Ga peduli, apakah listrik di rumah kamu sering mati atau ga, yang jelas setiap tanggal 20 adalah batas akhir pembayaran listrik, ga boleh telat, titik.

PLN bebas kok mau melakukan pemadaman kapan aja, mo pagi, siang, malam, subuh, lagi hujan, lagi gerimis, lagi ga hujan, pokoknya PLN bebas kapan aja mematikan listrik di rumah kita….terserah meraka kok……

Tugas kita sebagai konsumen cuman satu, bayar pada waktunya. Ga boleh telat, apalagi sampai ada tunggakan, karena katanya PLN di Indonesia ini setiap tahunnya selalu rugi, sampai milyaran ruginya…..aneh yah kok bisa begitu……….

Eet…jangan aneh…ini di Indonesia bung…..bukan di Amerika…..Perusahaan rugi aja, masih bisa beli mobil dinas…dan ngegaji semua karyawannya tepat waktunya……ini disebut perusahaan yang rugi loh………..

Apapun curhat kita, apapun keluhan kita, dan di dukung dengan ratusan pengacara kelas wahid di negeri ini, kalo sudah melawan PLN, ga bakalan menang deh………percuman mo ngadu juga, karena pasti pada akhirnya kita juga sebagai konsumen yang selalu disalahkan.

Kita dianggap terlalu boros menggunakan listrik, tidak bisa berhemat, terlalu bebas menggunakan listrik. Yah mo gimana ga boros, kalo lampu yang kita beli bukan lampu hemat energi karena hanya ada di toko-toko besar dan tentunya dengan harga yang juga lumayan mahal.

Rasa-rasanya kita sudah menggunakan listrik sesuai kebutuhan kok, tapi kenapa juga setiap bulan biaya listrik selalu naik, bukan makin berkurang. Apa mulai sekarang kita harus mematikan semua lampu disaat malam, jadi hanya yang menyala lampu kecil di ruang tengah saja?

Seharusnya yang ikut disalahkan bukan hanya kita sebagai konsumen listrik saja, tapi juga para produsen peralatan elektronik juga ikut bertanggung jawab.

Kenapa mereka hanya memasarkan produk yang bikin kita tertarik untuk membelinya, tanpa mengetahui seberapa hemat penggunaan listriknya.

Seharusnya setiap produsen tadi harus bisa membuat barang elektronik yang betul-betul hemat energi, dan telah dibuktikan oleh PLN juga.

Wualah…malah jadi kepanjangan ngomongnya…jadi ngaco…dah ah…pokoknya ga bakalan memang deh lawan PLN mah, dia dah jadi juara sejati di Indonesia ini, ga ada yang bisa mengalahkan, hidup PLN, hidup PLN Ciamis……..

Iklan