JANGAN MENELPON SAAT BERKENDARAAN

Posted on Januari 28, 2009

0


Dari musibah kecelakaan Bus Kramat Jati di daerah Malangbong Garut Jawa Barat, ada isu yang berkembang, bahwa penyebab kecelakaan tersebut adalah akibat supir tidak dapat mengendalikan kendaraan dengan baik karena sedang menelpon.Memang alat komunikasi saat ini sangat mudah kita pergunakan dimana saja kapan saja, pada waktu dan tempat dimanapun kita berada.

Tapi melihat musibah kecelakaan bus Kramat Jati, setidaknya ini membuat kita harus lebih waspada saat berkendaraan. Musih bisa terjadi bukan karena faktor di jalan raya saja, tapi juga karena kita sebagai pengemudi yang tidak mentaat atura berlalu lintas.

Pada saat kita sedang berkendaraan, sebaiknya HP kita matikan, apalagi bisa kita sedang menyetir kendaraan. Atau bila dirasa perlu dan menanti telpon masuk, kenapa tidak pergunakan Head Set saja, untuk memudahkan percakapan telpon

Perusahaan telekomunikasi yang memproduksi berbagai jenis HP,terutama merek ternama, sudah menyediakan sarana untuk aktifitas mobile kita. Karena mereka telah melakukan uji coba dan mengkajinya lebih dalam lagi soal menggunakann telpon saat berkendaraan.

Atau kalo memang perlu sebaiknya hentikan terlebih dahulu kendaraan anda di pinggir jalan, maka anda bisa dengan leluasa melakukan percakapan telpon.

Mang sering melihat orang dengan kendaraan motor roda dua, sambil berkendaraan mereka melakukan percakapan telpon tanpa menggunakan headset.

Ini sungguh berbahaya, apalagi bila membawa penumpang di belakangnya. Jelas faktor keseimbangan berkendaraan jadi tidak stabil, disamping itu ini sangat berbahaya.

Mang kok ga habis pikir, bagaimana mereka bisa melakukan percakapan telpon saat berkendaraan, baik itu dengan motor roda dua atau mobil bahkan juga bus.

Tindakan seperti ini jelas-jelas sangat membahayakan, bukan hanya bagi pengendara tapi juga bagi orang lain atau penumpang, seperti korban kecelakaan bus Kramat Jati ini yang sampai mengakibatkan adanya korban meninggal dunia.

Disinilah seharusnya peran polisi lalulintas dalam membuat aturan berkendaraan terutama mereka yang menggunakan telpon saat berkendaraan.

Tindakan seperti ini seharus diperingati, kalo perlu di stop kendaraannya, di suruh ke pinggir, lalu biarkan mereka menggunakan telpon terlebih dahulu, baru setelah itu ditegur dan diingatkan oleh pa Polisi.

Di Indonesia orangnya aneh-aneh sih, punya HP ga beli headsetnya, padahal dia selalu menggunakan HP saat berkendaraan. Alasannya merasa risih, kayak orang gila bicara sendiri….. alasan yang ga masuk akal……

Mang aja pernah terima telpon dari HP pake headset, karena mang kebetulan lagi masak. Jadi walau lagi masak, kita tetap bisa berkomunikasi menerima telpon masuk.

Tapi itu dulu, sekarang dah ga lagi tuh……Sekarang kalo ada telpon masuk pas kebetulan mang lagi masak…yah dibiarkan aja. Paling nanti juga dia telpon lagi…..

Nah buat anda yang sedang berkendaraan apalai sedang melakukan perjalan keluar kota, pake dong headset HP nya, kalo dirasa memang perlu. Tapi kalo ga juga, ya udah matikan dulu HP nya tuk sementara, nanti pada saat berhenti baru deh nyalakan lagi HP anda.

Jangan sampai gara-gara terima telpon dari teman, atau sahabat atau juga rekan bisnis, tapi berakibat membahayakan diri anda sendiri bahkan juga keluarga anda.

Peluang bisnis hilang begitu saja, karena anda tidak menerima telpon anda saat berkendaraan, tidak masalah, pasti lain waktu datang lagi.

Dari pada hilang nyawa anda, tidak akan bisa kembali lagi…yah ga…….

Drive Safety…..Safety First……..Utamakan keselamatan anda dan penumpang selama berkendaraan….

Jangan lupa awali semuanya dengan mengucap Bismillah….semoga perjalan anda ada dalam lindungan Allah SWT, dan diberikan keselamatan hingga anda tiba di tempat tujuan.Amin

Iklan
Posted in: Blog, ibsn