JANGAN BERMITRA DENGAN 3 ORANG

Posted on Januari 10, 2009

1


Ini mungkin sedikit pengalaman mang selama ini dalam menjalin persahabatan ataupun mitra usaha yang pernah mang lakukan sebelumnya.Bila anda saat ini sedang menjalin mitra usaha, atau bisnis atau sedang mencoba membangun usaha secara bersama-sama dengan rekan anda atau sahabat anda, maka sebaiknya jangan anda lakukan hanya dengan 3 orang saja, yaitu anda, dan dua orang teman anda.

Ini juga termasuk salah satu petuah yang pernah disampaikan oleh almarhum Ayahanda mang, yang mengatakan bahwa kalo kita ingin menjalin mitra usaha sebaiknya jangan dengan tiga orang saja, tapi lakukan lebih dari tiga orang sebagai mitra usahanya.

Pertamanya, memang mang tidak begitu mempedulikan dengan petuah dari almarhum ini, tapi setelah sekarang mang baru sadar, ternyata memang benar juga petuah tersebut.

Mang pernah mengalami kegagalan dalam bisnis, yang kebetulan saat itu mang jalani usaha tersebut secara bertiga.

Kemudian mang juga pernah gagal membangun sebuah grup bisnis dengan skala yang lebih besar lagi, karena pada dasarnya bisnis ini dilakukan oleh tiga orang sebagai mitra utama bisnis tersebut

Dan terakhir, mang gagal dalam menjalin silaturahmi persahabatan dengan rekan sesama pelatih DB juga karena terdiri dari tiga orang rekan didalamnya.

Setelah semua itu terjadi, mang baru sadar dan ingat dengan petuah Almarhum tersebut, yang mengatakan jangan bermitra usaha dengan hanya tiga orang saja.

Ternyata apa yang disampaikan oleh almarhum terbukti sudah. Dan mang sendiri sudah tiga kali mengalami kegagalan berbisnis akibat bermitra hanya dengan 3 orang saja.

Kalo diperhatikan, memang kalo kita menjalin mitra usaha hanya dengan tiga orang saja, secara psikologis ada ketimpangan yang menyebabkan salah satunya merasa bukan bagian dari sebuah tim atau kelompok mitra tersebut.

Pastinya dalam menjalani keseharian kita, kita akan berusaha untuk mendekati diri dengan dengan pasangan mitra kita untuk saling berbagi tentang pengalaman, wawasan serta langkah-langkah apa yang akan diambil menyangkut perkembangan usaha tersebut.

Nah karena keseringan tersebut, dan merasa rekan yang satu tidak menjadi bagian dari tim tersebut, maka akhirnya akan timbul kecemburuan, atau juga akan muncul prasangka yang bukan-bukan.

Sehingga ini akan berdampak negatif terhadap perkembangan usaha tersebut. Yang justru dalam bermitra hal seperti ini harus selalu dihindari oleh masing-masing individunya.

Tapi karena adanya ketimpangan tersebut, yang menyebabkan salah satu mitra merasa bukan bagian dari sebuah tim tersebut, maka pola kerja dari usaha tersebut akan terganggu dan bisa jadi malah berakhir dengan bubarnya usaha yang tengah dirintis tersebut.

Inilah mungkin kenapa sebaiknya dalam kita bermitra usaha jangan dilakukan hanya oleh tiga orang saja, tapi akan lebih bagus bila lebih dari tiga orang.

Sehingga salah satunya merasa tidak terpojokkan, atau menjadi bagian yang minoritas dari kelompoknya, karena masih ada rekan yang lain yang membantunya.

Dalam kasus mang yang terakhir, dalam membina silaturahmi dengan rekan pelatih DB yang sudah mang bina hampir 2 tahun terakhir, ternyata harus mang akhiri atas keputusan mang sendiri.

Hal ini mang ambil, karena mang sudah merasa bukan bagian dari tim kerja lagi, tapi hanya sekedar sebagai pelengkap saja, dimana peran mang sudah mulai tergantikan oleh dua rekan mang yang lain, dan daripada nantinya hubungan ini akan menjadi tambah runyam diakhirnya, maka segera saja mang putuskan untuk keluar dari tim yang mang bangun sendiri waktu itu.

Setelah keluar mang baru sadar, ternyata memang ini bukan yang paling cocok untuk memulai membangun sebuah silaturahmi karena hanya terdiri dari tiga orang saja, dimana satu dengan yang lainnya juga mempunyai sifat egoisme yang tinggi, memiliki rasa menjadi bagian yang terpenting, dan terlebih lagi sudah menjadikan dirinya merasa paling berguna untuk tim

Mang menyadari semuanya itu, karena pada akhirnya memang keputusan ini harus diambil untuk menjaga kredibilitas dan nama baik mang sendiri dimata rekan-rekan yang lain juga untuk membuktikan bahwa mang bukan yang paling dominan dalam tim tapi hanya bagian terkecil dari sebuah kelompok untuk membangun silaturahmi lebih baik lagi.

Singkatnya, buat anda yang sekarang sedang membangun usaha, memulai usaha bersama dengan rekan anda, mulai menjalankan persahabatan dengan rekan anda, maka sebaiknya jangan anda lakukan hanya bertiga saja, tapi buatlah lebih dari tiga orang.

Sehingga hal-hal yang pernah mang alami diatas tidak terjadi dalam kelompok anda.

Kalaupun ada yang berhasil membina kerjasama dengan tiga orang, pastinya itu membutuhkan pengorbanan dan semua unsur yang ada, untuk saling rela, saling menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing individu, sehingga dapat membuat kelompok ini menjadi lebih solid dan lebih kuat dalam membina persahabatan dan silaturahmi

Yang jelas bila anda akan menjalin mitra usaha atau hanya sekedar persahabatan saja, maka pastikan anda sudah mengenal betul karakter dari masing-masing individu tersebut.

Anda sudah mengenal luar dan dalamnya individu tersebut, sehingga dalam membina kemitraan akan timbul rasa saling percaya, saling hormat dan satu dengan yang lainnya memiliki pandangan yang sama tentang pola atau kerja yang akan dilakukan.

Bila ini anda perhatikan sejak dari awal anda membina hubungan, maka pastinya silaturahmi ini akan tetap bertahan sampai kapanpun, dan usaha anda akan semakin berkembang.

Jadikan pengalaman mang sebagai contoh untuk anda membangun mitra silaturahmi baik untuk tujuan usaha anda atau persahabatan anda, sehingga anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya bila ditengah-tengah perjalanan menghadapi kendala dari salah satu rekan anda.

Iklan
Posted in: annissa, ibsn, komunitas