MENGENAL BEBERAPA OFFLINE BLOG

Posted on Desember 26, 2008

0


Ngeblog merupakan sarana untuk menyampaikan tulisan yang kita buat sehingga dapat diketahui oleh orang banyak dan ada orang lain yang membaca tulisan kita. Ngeblog juga tak ubahnya seperti sebuah koran atau media cetak lainnya yang harus selalu tampil dengan berita-berita terbaru dan menjadi topik utama setiap pembacanya

Nah, syarat agar blog yang kita punya bisa dikenal oleh setiap orang, salah satunya adalah dengan selalu update blog kita, dengan berbagai posting terbaru setiap harinya.

Karena itu, mau tidak mau kita harus selalu membuat posting terbaru apapun itu topik yang ingin kita publish di blog kita.

Karena keterbatasan waktu yang kita miliki, juga adanya kesibukan offline yang tidak bisa kita tinggalkan, namun kita ingin agar blog kita bisa tetap update setiap hari, maka jalan yang diambil adalah menggunakan software pendukung untuk posting blog kita

Di dunia internet hal seperti ini dikenal dengan istilah Offline blog yang menggunakan software blog editor. Dengan software seperti ini, maka kita dapat meantenan blog kita tanpa harus kita koneksi dengan internet.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengedit beberapa hasil posting yang telah dibuat sebelumnya yang sudah publish, atau kita bisa juga upload foto-foto kita baik yang berasal dari PC kita dirumah, atau melalui website yang menyediakan sarana untuk fhoto sharing.

Pada saat komputer kita terkoneksi dengan internet, maka tinggal kita publish saja posting yang telah kita buat tersebut, tanpa harus kita membuka blog kita, bahkan juga tanpa harus membuka browser internet kita

Langkah seperti ini dipandang efektif sekaligus menghemat waktu pemakaian internet kita. Juga hal ini dilakukan untuk menghindari bila terjadi koneksi internet yang lambat atau sedang mengalami gangguan, maka kita tetap bisa publish posting kita

Bagi mang sendiri, yang udah sekitar hampir 2 bulan terakhir ini selalu menggunakan sarana offline blog, dirasakan sangat memudahkan kinerja kita. Kapanpun kita punya ide, bisa langsung ditulis di software ini, untuk kemudian bila nanti kita terhubung dengan internet, maka tinggal tekan tombol publish, maka posting kita sudah terpasang di blog

Sehingga pada akhirnya, ketika kita memasuki blog kita, paling yang kita lakukan hanya sekedar menjawab komentar yang masuk, menambahkan daftar blogroll, atau sedikit perbaikan themes, tanpa perlu kita merasa kuatir karena blom posting blog

Jadi buat rekan-rekan mang semua, mang sangat menganjurkan kalo bisa anda menggunakan juga softwre offline blog ini, pasti anda akan merasakan bedanya setalah anda menggunakannya.

Kalo begitu, apa dong offline blog yang bagus untuk saya gunakan yang dapat mendukung blog saya?

Terus terang kalo ditanya soal ini, jawabannya tergantung dari anda sendiri. Anda merasa cocok dengan offline blog mana?

Tapi jangan kuatir, disini mang akan mencoba sedikit memberikan gambaran tentang berbagai offilne blog yang udah pernah mang coba sebelumnya.

Soalnya dah 2 hari terakhir ini, mang sibuk mencari berbagai offline blog yang cocok dan pas buat mang. Sebelumnya mang menggunakan BlogDesk, tapi karena penasaran, jadi pengen juga tau offline blog yang lain

Windows Live Writer (windows, free)

Blog editor yang satu ini, mungkin paling banyak direkomendasikan oleh setiap pengguna internet. Karena memang software ini masih satu induk dengan windows yang dah kita pasang di komputer kita

Sehingga dengan demikian settingnya tidak terlalu sulit. Namun fasilitas menunya cukup lengkap serta support untuk beberapa platform blog, seperti wordpress, blogger, typPad, movebale dan lainnya

Cara penggunaannya juga tidak terlalu sulit, karena memang ini sudah support dengan windows

Namun ada satu yang jadi kendalanya, yaitu software ini baru bisa jalan kalo kita menggunakan OS Vista atau XP. Kalo diluar itu, maka ketika akan di install, akan meminta kita untuk upgrade windows kita, atau malah tidak bisa berfungsi sama sekali.

Nah, kalo anda mo menggunakan software ini, maka pastikan dulu kalo windows anda adalah Vista dan memiliki cukup besar kapasitas RAM, serta HD yang juga cukup besar kapasitasnya.

BlogDesk (windows, Mac, free)

Mungkin inilah blog editor yang pertama kali mang pergunakan sampai hari ini. Cara kerjanya yang sangat mudah, serta instalasi softwarenya juga tidak sulit. Sudah begitu untuk mengenali blog kita dengan software tidak membutuhkan waktu lama, dan caranya juga sangat mudah

BlogDesk support untuk worpdress, blogger, moverable, Typad dan banyak lagi. Cara kerjanya hampir sama dengan semua blog editor yang ada. Bisa juga untuk upload foto dan yang lebih enak lagi karena aga tag more yang dibutuhkan untuk posting blog.

Tag more ini dibutuhkan, manakala dalam posting kita isi posting tidak tampil seluruhnya pada halaman utama, tapi tersembunyi melalui tag ini dihalaman berikutnya, biasa kita kenal juga dengan read more, atau more saja.

Namun ada sedikit kekurangan dari BlogDesk ini, yaitu pada menu tidak tersedia perataan kiri-kanan, tapi yang ada hanya rata kiri, rata kanan dan tengah saja. Sehingga kalo ingin agar posting kita terlihat lebih rapi, maka kita harus mengeditnya kembali melalui dasbor di blog kita

Selain itu, link yang kita buat yang ada pada tuisan kita, setelah publish post, maka akan muncul dalam bentuk kode html. Hal ini juga harus kita perbaiki kembali dari blog kita.

Namun kalo kata mang, BlogDesk lebih simpel, tidak membutuhkan instalasi yang rumit, dan mungkin ini sangat cocok buat anda yang masih baru dalam dunia blog agar mencoba menggunakan blog editor ini.

Post2Blog (windows, Mac,free)

Nah mungkin blog editor yang satu inilah yang sekarang sedang mang pergunakan. Posting ini menggunakan blog editor dari Post2Blog

Dulu pernah menginstal program ini, tapi karena kurang begitu memahami, jadinya langsung mang unsintall lagi.

Proses instalasinya sebetulnya tidak terlalu sulit, bila memang url blog kita benar, dan kita memasukan data yang di minta juga dengan benar, maka semuanya berjalan sesuai fungsinya.

Tampilan menunya sangat lengkap, bahkan ada emoticon untuk postingnya. Karena mang sudah pernah menggunakan blog editor yang lain sebelumnya, jadi pada saat instalasi Post2Blog ini tidak terlalu sulit.

Boleh dibilang, menunya lebih lengkap dibanding dengan BlogDesk. Tadi subuh sempat uji coba posting ke blog yang ini juga, hasilnya sungguh sangat memuaskan. Bisa upload foto, link tampil sebagaimana mestinya, ada tag more juga dan kita bisa menata posting kita sebelumnya yang sudah pernah publish hanya dari blog editor ini.

Mang blom tau apa kekurangannya, karena memang baru hari ini di pakainya, tapi secara umum mang merasa senang dan puas dengan blog editor yang satu ini, mudah-mudahan tidak ada kendala yang bikin ribet lagi…..he..he…dasar….mo enaknya aja………

Qumana (windows, Mac, free)

Kemarin mang sempat instal software ini, karena setelah baca info dari website Pa Yusuf di http://prayudi.wordpress.com yang menjelaskan soal Qumana ini, maka mang jadi penasaran juga

Instalasinya tidak sulit, bahkan untuk recognese blog kita, Qumana boleh dibilang lebih baik dibanding yang lain.

Secara umum tampilan menu yang terdapat didalamnya, lumayan komplit juga. Hanya saja antara Blog Manager dengan new post, merupakan bagian yang terpisah, sehingga bila keduanya diaktifkan, maka nantinya akan muncul dua tab menu yang isinya berbeda

Mungkin karena inilah, proses uploading diawalnya sedikit agak lambat dibanding dengan yang lain. Karena dia akan membaca blog kita, kemudian membaca RSS blog kita, baru kemudian membuka menu Qumana sendiri

Software ini menggunakan RSS Feed dari blog kita untuk mengenalnya. Sehingga seluruh hasil posting di blog kita yang terdahulu akan tampil pada blog manager di Qumana ini.

Yang menjadi kelemahan ari Qumana ini adalah, tidak tersedia tag more untuk posting kita, kalopun ada fungsinya hanya sebagai sisipan saja, jadi hasil akhirnya nanti di blog kita akan muncul kode html untuk more ini.

Di setiap akhir posting kita, dibawahnya akan muncul tulisan powerd by Qumana. Ini adalah standarnya dari Qumana sendiri, kita tidak bisa merubahnya.

Jadi, kalo kata mang, Qumana ini akan sangat cocok kalo posting yang kita buat tidak terlalu panjang, paling hanya 2-5 alinea saja. Kalo mo di buat panjang juga sih yah bisa aja, itu kan tergantung selera yang punya blognya…….

wBlogger (window,Mac,free)

Nah, mungkin karena ini namanya sudah wblogger, jadi pastinya ini akan sangat cocok buat blog dengan platform blogger.com

Karena setelah mang coba beberapa kali pada saat instalasi dan mengenali blog kita, ternyata ada sedikit kendala, yang mang sendiri ga tau apa masalahnya, tapi yang jelas seolah-olah software tidak mengenali url blog kita.

Mungkin kalo blognya adalah blogger, sepertinya tidak bakal menemukan kesulitan instalasi. Jadi buat anda yang punya blog di blogger, nah…sekarang anda bisa offline blog dengan menggunakan software ini……aayyiikkk eeuuyyyyy

ZoundryRaven (windows, Mac, free)

Ini software yang baru mang temukan beberapa hari kebelakang. Pernah sempat di install di komputer, dan memang ternyata lumayan bagus juga blog editor ini

Menunya lumayan komplit juga, dah begitu tuk mengenali blog kita juga tidak terlalu sulit, hanya saja ada pilihan dalam hal publish ama upload foto, yaitu dengan FTP atau dengan Proxy

Sayang mang tidak meneruskan tuk install komplit dan melakukan ujicoba hasilnya, karena keburu menemukan sesuatu yang baru juga

Bleezer (windows, Mac, free)

Kayak nama pakaian aja yah…..tapi ini blog editor loh…asli bukan main-main…..-P

Blog editor yang satu ini memiliki spesifikasi khusus yang harus ada di komputer kita, yaitu instal Java versi 2.4 keatas.

Jadi untuk bisa menjalankan software ini, maka komputer kita juga harus menginstal program Java terlebih dahulu, baru setelah itu kita bisa menginstall program ini.

Tadi sempat instal sebentar, terus coba untuk mengenali blog mang ini, hasilnya tidak terlalu maksimal, karena masih ada beberapa kesalahan dalam hal mengenali blog.

Proses instalasinya sendiri sangat mudah dan cepat, tampilannya akan muncul setelah selesai kita instal dalam bentuk seperempat layar monitor. Tapi tadi di liat dalam menunya, tidak ada fasilitas untuk more, mungkin harus dicari dulu kali yah.

ScribeFire (windows, Mac, free)

Nah software yang satu ini, adalah merupakan software yang diusulkan oleh para pengguna ubuntu dan linux. Menurut mereka ini sangat cocok dan support terhadap open source yang menjadi basic dari ubuntu

Jadi kalo memang komputer anda sudah ditanam ubuntu atau linux, maka anda masih tetap bisa menggunakan software offline blog ini yaitu dengan menggunakan ScribeFire.

ScribeFire sendiri merupakan program gabungan terhubung dengan FireFox sebagai browsernya. Sehingga kalo anda menggunakan software ini, maka browsernya haruslah FireFox

Kesimpulan

  • Ada banyak sekali program offline blog yang bisa kita pergunakan untuk update blog kita.
  • blogeditor hanyalah salah satu sarana untuk memudahkan kita dalam melakukan posting blog kita setiap saat tanpa harus online dengan internet
  • Masing-masing software memiliki keunguulan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan tujuan dari si pembuat software tersebut. Tinggal sekarang kita yang akan menggunakannya, harus dapat memilih yang tepat, yang tentu saja sesuai dengan keinginan anda, atau anda merasa cocok dengan pilihan anda.

Tips posting offline blog

  • Anda tidak perlu melakukan perubahan yang drastis dari menyusun konsep tulisan anda, yang anda lakukan hanya membiasakan diri untuk menulis posting blog anda menggunakan blog editor saja
  • Anda bisa menset waktu publish posting anda sesuai keinginan anda, berdasarkan tanggal, dan jam publish post anda. Misal, anda publish post dari BlogDesk pada pukul 10 pagi, tapi pada blog, posting anda akan publish pada pukul 12 siang
  • Sebaiknya sebelum posting anda publish, pastikan bahwa posting anda sudah sesuai dengan keinginan anda. Pastikan bahwa code html tidak ikut tampil dalam posting anda, periksa juga seperti link, gambar, apakah semua sudah sesuai

Karena mang adalah anggota dari IBSN – Indonesian Beautiful Share Network – …..jangan bilang-bilang yah……nanti ada kang deny yang nilai….he…he…

Maka dalam posting kali ini, akan mang sertakan juga file-file blog editor seperti yang udah dijelaskan diatas. Silahkan anda download semuanya…gratis kok….ya iyalah….lah wong dari sana nya juga gratis………;)

Selamat mendownload, selamat bersenang-senang, dan pastikan blog anda akan selalu update, sukses untuk anda semua……………

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: Blog, ibsn, menulis, wordpress