BANJIR SEBUAH MUSIBAH ATAU BENCANA

Posted on Desember 17, 2008

4


Musim hujan sudah tiba, hampir setiap hari pasti ada hujan, baik hujan yang disertai angin atau hanya hujan biasa saja, tapi yang pasti bulan-bulan ini kita harus waspada terhadap bahaya hujanTidak bisa dipungkiri lagi dampak dari seringnya hujan saat ini yang paling nyata adalah masalah banjir.

Hampir dipastikan setiap habis hujan besar pasti disertai banjir setelahnya.

Banjir juga sudah tidak mengenal waktu, bisa datang kapan saja, mo tengah malam, pagi hari atau juga sore hari, yang pasti kalo habis hujan pasti ada banjir….banjirrrrrrrrr………………

Sekarang, apakah banjir itu dapat kita kategorikan sebagai sebuah musibah atau hanya bencana seperti biasanya. Atau banjir bukan jadi sesuatu yang aneh bagi sebagian orang, karena mereka justru tidak merasa hidup di negeri ini kalo tidak ada banjir.

Sebagian masyarakat kota sudah terbiasa dengan adanya banjir dibeberapa pelosok kota yang selalu menjadi langganan tempatnya terkena banjir.

Demikian juga dibeberapa daerah, para penduduknya sudah terbiasa menghadapi banjir, sehingga mereka sudah mempersiapkan segala sesuatu bila menghadapi musim hujan seperti sekarang ini.

Peristiwa banjir memang berbeda dengan gempa atau gunung meletus. Tapi betulkah banjir sebuah musibah bagi penduduknya?

Nah, mungkin disinilah kita harus bisa mengenali sebuah bencana yang terjadi di sekitar kita.

Adanya banjir, mungkin karena pengaruh dampak yang ditimbulkan sebelumnya, yang tanpa sadar itu semua adalah ulah dari manusia itu sendiri sebagai penghuni bumi ini.

Adanya kutub utara dan selatan yang mencair, menurut para ahli karena dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat dari ulah manusia di planet bumi.

Mencairnya gunung es ini, karena dampak dari apa yang telah dilakukan jauh sebelum meningkatnya volume mencair ini terjadi.

Akibat adanya pemanasan global di bumi ini, juga turut andil yang terbesar terjadinya pencairan gunung es, sehingga ini membawa pengaruh terhadap perkembangan dan iklim di bumi kita ini.

Demikian juga dengan banjir yang terjadi di negeri ini. Penyebab dari terjadinya banjir, salah satunya adalah kurangnya daerah resapan air yang dapat menahan volume debit air di dalam tanah.

Ini akibat dari adanya pembalakan lia, penggundulan hutan, pembabatan lahan pegunungan, serta pola tanam yang berubah dari tanaman penyerap air menjadi tanaman siap panen yang lebih bersifat ekonomis.

Semua itu adalah dampak yang ditimbulkan oleh adanya banjir yang terjadi belakangan ini.

Pendangkalan arus sungai yang sering dikatakan sebagai penyebab banjir itu, sebetulnya ini juga pengaruh dari ulah manusia yang berada disekitar bantaran sungai tersebut.

Masing-masing rumah yang berada disekitar bantaran sungai, membuang limbah rumah tangganya langsung ke sungai, belum cukup sampai disitu, sungai juga jadi tempat yang paling cocok untuk membuang sampah dari lingkungan sekitar.

Karena itu sangat wajar kalo akhirnya terjadi pendangkalan sungai, karena volume debit air tidak memadai lagi dan limbah yang berada disana sebagian besar mengendap menjadi tumpukan lumpur atau tanah kering yang akan menimbulkan banjir besar bila hujan tiba.

Jadi, bila banjir terjadi di desa-desa atau didaerah lain, mungkin penyebabnya adalah telah terkikisnya lahan yang merupakan daerah resapan air, sehingga pada saat hujan besar tiba, semuanya mengalir deras langsung menuju ke tempat yang lebih rendah.

Tetapi kalo banjir terjadi di perkotaan, ada banyak faktor yang menimbulkannya. Tetapi faktor utama adalah telah beralih fungsi lahan menjadi lahan pemukiman seiring dengan pertumbuhan penduduk di kota tersebut.

Lahan kosong yang tadinya berada di sekitar bantaran sungai, telah beralih fungsi menjadi pemukiman untuk para penduduknya.

Ini justru menjadikan sungai tersebut menjadi sempit, dan banyak mendatangkan arus aliran baru yang berasal dari penduduk setempat.

Belum cukup sampai disitu aja, lahan komplek perumahan yang berdiri di tanah kosong juga tidak jarang sering menimbulkan banjir. Karena pihak pengelola telah menutup arus air yang menuju ke komplek perumahan tersebut dan mengalihkannya ke sekitar perumahan penduduk disekitarnya.

Sehingga sudah dipastikan bila terjadi hujan, walaupun hanya hujan kecil saja, bisa mengakibatkan banjir. Sedangkan komplek perumahan tersebut tetap aman dari banjir.

Timbulnya banjir di kota-kota besar di Indonesia ini, salah satunya adalah kurang terkoordinasi dalam hal penataan kota. Mereka hanya fokus kepada penataan lahan, pembangunan gedung-gedung, perijinan milik pengusaha kaya saja, penatan fungsi lahan.

Tapi mereka lupa untuk menata sarana penunjang kota tersebut, yaitu sarana pembuangan air atau irigasinya kota deh…biar gampang. Ruas jalan dikota-kota setiap tahun selalu diperbaiki, tapi mereka lupa untuk membuat saluran pembuangan air yang seharusnya selalu ada di setiap jalan tersebut.

Kalopun sekarang ada, paling lebar hanya tidak lebih dari 30cm, dan sudah begitu ditambah pula dengan lebar dari saluran air tersebut yang tidak lebih dari 1meter.

Sehingga wajarlah kola diperkotaan sering terkena banjir, karena mereka sudah tidak memperhatikan masalah yang satu ini. Mereka lebih mementingkan kepada sarana dan prasarana pemukiman saja.

Bila kondisi seperti ini tetap dipertahankan sampai kapanpun, maka jelas ini akan menimbulkan masalah besar dikemudian hari. Yang pada ujungnya saling menyalahkan, saling menuding dan berimbas pula kepada masalah politik, ekonomi dan masih banyak dampak lainnya yang selalu diada-adakan oleh masyarakat.

Padahal ini semua adalah ulahnya manusia itu sendiri, atau penduduk yang berada diperkotaan. Jadi kalo begini, apakah banjir sebagai sebuah musibah atau bencana?

Mungkin lebih tepatnya kalo disebutkan bahwa banjir adalah musibah yang ditimbulkan oleh manusianya

Kan kalo tidak kena banjir, mana mungkin mendapat bantuan dari pihak lain. Lumayan kan tidak usah repot-repot keluar duit, karena kebutuhan untuk mereka sudah ada yang membantunya.

Kan kalo ga kena banjir, mana mungkin pejabat datang ketempat kita untuk memberikan bantuan dan peduli dengan korban banjir

Kalo ga kena banjir, mana mungkin bisa bertemu artis atau bahkan juga Presiden sekalipun yang datang melihat korban banjir

Kalo ga kena banjir ….yah ga bakalan dapat jatah makan gratis dari yang memberi bantuan….

Pokoknya kalo ga kena banjir………………..

Iklan
Posted in: ibsn