MENGENAL KOPI YANG KITA MINUM

Posted on Desember 16, 2008

0


Apakah anda termasuk orang yang suka minum kopi setiap hari? Apakah anda merasa aktifitas anda tidak terlalu bersemangat bila tidak diawali dengan minum kopi panas di pagi hari?

Pernahkah terpikirkan oleh anda, siapa yang pertama kali menemukan minuman kopi ini?Penemuan Kopi

Cerita legendaris kopi diawali dari dataran tinggi Ethiopia sekitar tahun 800. Seorang gembala kambing bernama Kaldi, mengamati kambing gembalaannya yang gemar memakan sejenis buah beri yang membuat kambing-kambing tersebut jadi lebih bersemangat untuk beberapa saat. Ia pun mengamati bahwa setelah memakan buah beri tersebut, kambing-kambingnya tidak mau beristirahat maupun tidur pada malam harinya. Kaldi kemudian mencoba memakan sendiri buah beri tersebut – dan ia pun ternyata mengalami hal sama.

Cerita pengalaman Kaldi tersiar hingga ke biara setempat. Para biarawan lantas melakukan percobaan membuat minuman dari buah beri itu. “Ramuan” yang dihasilkan ternyata mampu membuat mereka tetap berjaga sehingga tetap dapat menulis maupun berdoa hingga larut malam. Demikianlah awal kopi mulai menyebar ke seluruh dunia.

Awal Budidaya Kopi di Tanah Arab

Budidaya penanaman kopi dan perdagangannya bermula dari semenanjung Arab. Sepanjang abad 15 dan 16 kopi telah ditanam, dipanen dan diperdagangkan untuk dikonsumsi di seluruh tanah Mesir, Siria dan Turki. Dalam kurun waktu itu Yemen merupakan penghasil utama kopi dan bangsa Arab dengan seksama menjaga perkebunan kopi yang makin bernilai.

Kopi Tiba di Indonesia

Bangsa Belanda berhasil membudidayakan sekaligus menyebarkan luaskan kopi dari perkebunan di Indonesia, terutama dari tanah Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Segera saja tanaman eksotis ini menyebar ke negara-negara jajahan Eropa serta ditanam di rumah-rumah kaca maupun perkebunan di seantero Austria dan Belanda. Bangsa Belanda berhasil memperdagangkan kopi ke seluruh pecinta kopi di Eropa secara lebih efisien dibanding para pedagang Arab melalui cara menanam, memanen serta memperdagangkannya ke seluruh pecinta kopi di dataran Eropa.

Anugerah yang Mengubah Dunia

Perjalanan kopi melintasi dunia ke benua Amerika merupakan kilas balik Belanda dari perkebunan di kepulauan Indonesia. Ketenaran kopi di Eropa pada abad 18 menjadikan kopi sebagai alat tukar maupun sebagai hadiah yang berharga. Berniat menyenangkan hati Raja Prancis, Walikota Amsterdam pernah menghadiahi Raja Louis XIV sebatang pohon kopi. Sang Raja lalu menanamnya di Kebun Kerajaan di Paris di mana suhu dan kelembabannya mirip dengan iklim Yemen sehingga pohon itu pun tumbuh subur.

DARI POHON KE CANGKIR

Jauh sebelum kenikmatannya tiba di cangkir Anda, kopi telah mengalami perjalanan panjang dari tanah yang membentuk karakteristik uniknya, kualitas serta jenis rasanya. Bagaiman biji kopi tersebut dipanen, cara memanggangnya, serta seberapa segar biji kopinya, semua turut menentukan kenikmatan rasa kopinya.

Menanam dan Memanen

Kopi ditanam di ribuan perkebunan beriklim sub tropis yang tak terlalu luas antara Rasi Cancer dan Rasi Capricorn. Ikuti perjalanan menakjubkan kopi dari sebuah perkebunan kecil hingga terseduh hangat di cangkir Anda. Mulai dari sini.

Seni Memanggang Kopi

Setiap biji kopi memiliki rasa serta ciri khas masing-masing yang diciptakan oleh tim ahli pemanggang kopi kami. Semua menggabungkan kepandaian istimewa seorang ilmuwan dan kreativitas seorang seniman untuk menciptakan berbagai jenis hasil panggangan khusus.

Cupping

Cupping bagi seorang pemanggang kopi adalah ibarat seorang pencicip minuman anggur yang menguji minuman anggurnya. Inilah sebuah proses pekerjaan yang menuntut keterampilan terlatih serta kepekaan tinggi untuk menentukan sifat biji kopi sekaligus kemampuan memisahkan biji kopi berkualitas sedang dengan yang bermutu tinggi. Kualitas akhir kopi dibedakan oleh cara memanggang dan meramu.

Kopi Paling Segar di Dunia

Salah satu rahasia menyiapkan secangkir kopi yang sempurna adalah dengan menjaga kesegaran dari biji kopi yang telah dipanggang. Jika Anda meminum secangkir kopi yang segar, kenikmatannya pun pasti akan lebih terasa. Kami akan berbagi beberapa hal penting untuk membantu Anda memilih, membeli dan menyiapkan kopi segar.

sumber :http://www.kapalapi.co.id/indexhome.htm

Iklan
Ditandai: , ,
Posted in: ibsn, sejarah