INDONESIA SULIT MENEMBUS THAILAND

Posted on Desember 16, 2008

1


Akhirnya Indonesia tetap masih belom bisa memenangkan pertandingan melawan Thailand dalam babak semifinal putaran pertama AFF cup 2008 iniSepanjang pertandingan, pemain-pemain Indonesia sangat terlihat sekali ketidaksiapan menghadapi tim unggulan Thailand ini.

Memang secara diatas kertas Indonesia masih sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan tim Thailand ini.

Apalagi para pemain Thailand ini terbilang masih sangat muda-muda, paling tua hanya berumur 33 thn an bermain sebagai penjaga gawang utama. Sedangkan paling muda berusia 20 tahun.

Pertandingan malam ini tak ubahnya bagaikan seorang anak kecil yang belajar cara bermain bola yang baik dengan tim unggulan.

Indonesia tampil malam ini hanya dengan bermodalkan semangat juang 45 yang dipertontonkan kepada para pecinta bola di tanah air. Meskipun pisik sudah terlihat kelelahan, tapi seluruh permainan berjalan enak untuk di lihat.

Tim ThailanD mendominasi jalannya pertandingan, terutama setelah mereka berhasil menyarangkan bola ke gawang Indonesia, para penyerang Thailand seolah-olah bagaikan badai Tsunami yang terus menerjang tim Indonesia.

Serangan demi serangan dilancarkan oleh tim Thailand, mereka mencoba dari berbagai celah, dari berbagai pola, bahkan setiap kesempatan mereka pergunakan untuk memaksimalkan hasil pertandingan.

Walaupun Indonesia hanya kebobolan 1-0 pada pertandingan ini, tapi ini semua sudah menjadi modal yang cukup bagi tim Thailand dalam menghadapi semifinal putaran kedua yang akan berlangsung di Thailand.

Sebetulnya tim Indonesia juga tampil tidak terlalu jelek, terutama pada babak kedua mereka tampil sangat ngotot dan berusaha untuk bisa mencetak gol atau menyamakan kedudukan.

Sayang pemain pengganti baru masuk pada menjelang 10 menit babak kedua berakhir. kalo saja mereka tampil sejak awal di babak kedua ini, mungkin hasilnya bisa lain.

Terbukti di babak kedua ini, Indonesia berhasil menciptakan beberapa peluang dan bahkan nyaris membuat gol kalo saja tidak dianulir oleh wasit dari Vietnam ini.

Yah, kita patut acungi jempol buat TimNas kita, karena mereka sudah berjuang dengan maksimal, berjuang sekuat tenaga, tapi memang yang namanya pertandingan pasti harus ada pihak yang menang dan pihak yang kalah.

Kali ini Indonesia masih tetap saja menjadi pihak yang kalah dari Thailand. Dan ini menambah panjang daftar pertemuan kedua tim dimana hampir setengahnya di menangkan oleh Thailand.

Seharusnya PSSI belajar dari negara Thailand ini dalam membentuk tim nasionalnya. Para pemain Thailand yang tergabung dalam timnas ini, hampir seluruhnya memiliki pengalaman bertanding diluar negeri.

Mereka ada yang merumput di liga Inggeris, liga Jerman, bahkan hingga ke daerah asia seperti di Singapore, Malaysia. Mereka semua dibiarkan untuk menimba ilmu di negeri orang, pada saat PSSI Thailand mulai membentuk timnas, maka mereka hanya tinggal melakukan pemanggilan pemain saja, kemudian diadakan pemusatan latihan dan tim sudah siap sebagai timnas.

Kalo para pemain kita, bukan saja karena tidak ada yang membeli pemain Indonesia, tapi jauh dari itu masih banyak faktor-faktor lain yang selalu menghalangi niat mereka untuk hijrah ke luar negeri.

Biasanya ini yang menghalangi mereka adalah klub tempat asal pemain tersebut. Klub seolah-olah tidak rela kalo salah satu pemainnya di pinjamkan atau hijrah ke luar negeri dan bermain di tim luar negeri.

Bagi pemain sendiri dengan diiming-imingi kontrak yang puluhan juga bahkan ratusan juga, maka mereka akhirnya mau juga untuk tetap tampil bersama klubnya dan mengorbankan kesempatan untuk bermain di nagara lain.

Kembali ko seol pertandingan Indonesia vs Thailand, secara umum kita patut acungi jempol buat tim Indonesia, karena mereka tampil maksimal dan hanya kalah 0-1 dari Thailand.

Artinya timnas juga sudah cukup bagus mempertahankan gawangnya dari kebobolan oleh tim Thailand. Mereka masih bisa menahan serangan gencar yang dilakukan oleh Thailand ke gawang Indonesia.

Semoga pada pertandingan kedua nanti, meskipun tampil di hadapan publik Thailand sendiri, tapi kalo mereka ampil penuh semanga, dengan terus berusaha untuk menyerang tim Thailand, pastinya gawang Thailandpun bisa kita bobol sampai habis!

Indnesia…..Indonesia……Indonesia……

Iklan
Posted in: ibsn, olahraga