PENTINGKAH KITA MENDAPATKAN AWARD?

Posted on Desember 10, 2008

2


Gara-gara tadi sempat chat dengan kang cantigi di YM sambil menunggu lounching IBSN Award, mang jadi kepikiran juga tentang program award ini.Award atau suatu bentuk penghargaan yang biasa diberikan baik oleh lembaga maupun perseorangan, merupakan satu bukti nyata atas kerjakeras dan upaya seseorang dalam membangun citra dirinya sehingga layak mendapatkan award tersebut.

Award juga merupakan bentuk dari perhatian kelompok masyarakat terhadap para pelaku atau calon penerima award karena dipandang telah berjasa atau menjadi pelopor yang patut menjadi contoh untuk kita semua.

Namun apakah award yang ada ini sudah benar-benar dapat mewakili kepentingan rakyat banyak. Atau ini hanya sebuah ritual biasa saja tahunan untuk sekedar memberikan penghargaan atas kerja keras kita selama ini.

Terkadang ada juga award yang diberikan, dengan tidak memiliki kriteria yang jelas, apa sasarannya, siapa yang berhak menerimanya dan untuk apa award tersebut.

Beberapa tahun kebelakang di Indonesia pernah terjadi demam award. Alias banyak lembaga-lembaga baik itu pemerintah ataupun swasta yang memberikan award untuk mengangkat citra sekelompok atau seseorang sehingga namanya menjadi terkenal.

Memang, bila kita mendapatkan award, sudah pasti orang akan semakin mengenal kita, karena apa yang telah kita raih ini mendapat penghargaan berupa award yang kita dapatkan.

Orang ingin mengenal seperti apa sosok pemenang award tersebut. Apa saja yang telah dilakukan sehingga bisa mendapatkan award tersebut. Masyarakat ingin tahu, bagaimana bisa meraih penghargaan tersebut.

Pada saat itu di Indonesia memang sedang demam award. Hampir setiap lembaga menyelenggarakan pemberian award kepada seseorang atau sekelompok orang dengan berbagai kriteria yang dinilainya.

Sehingga akhirnya bermunculan lembaga-lembaga yang mengkhususkan diri dalam pemberian award dengan kategori yang telah ditentukan.

Sah kah award tersebut? Atau lebih tepatnya salahkan kita kalo kita mendapatkan award dari lembaga tertentu?

Bagi kita yang mendapatkan award, mungkin itu suatu prestasi tersendiri dan ternyata ada orang yang peduli dengan kita, sehingga kita bisa mendapatkan award tersebut.

Tapi yang jadi pertanyaan dalam diri kita sendiri, benarkah kita layak mendapatkan award tersebut?

Beranikah kita jujur terutama kepada diri sendiri, kalo kita memang pantas mendapatkan award tersebut?

Yang jelas, ada atau tidaknya award tersebut, seharusnya hal ini tidak membuat kita menjadi bangga terlebih dahulu, karena mungkin saja ini bisa kita capai berkat kerja keras dan upaya kita sendiri sehingga kita layak mendapatkan award tersebut.

Tetapi kalo kita memang tujuannya adalah untuk mendapatkan award, dengan berusaha sekuat tenaga agar kita bisa meraih award tersebut, pastinya akan banyak rintangan yang menghadang kita di depan.

Mengapa demikian? Karena kita telah memproklamirkan diri untuk berusaha mendapatkan award kepada orang lain. Ini justru menjadi satu bumerang bagi kita sendiri, karena siapa tahu orang lain juga berusaha menyaingi kita dengan berupaya supaya kita gagal mendapatkan award tersebut.

Ini bukanlah sesuatu yang mengada-ada, tapi memang demikianlah yang terjadi pada diri manusia seperti kita ini.

Kita merasa bangga dengan award yang telah kita dapatkan, tapi kita tidak pernah mengukur kepada diri kita sendiri apakah memang kita layak mendapatkan award tersebut.

Kalo kita tidak berhasil mendapatkan award tersebut, maka dalam hati timbul perasaan kecewa yang amat sangat, ini lebih diperparah lagi dengan menyatakan bahwa apa yang telah diperoleh oleh orang lain, masih jauh lebih baik dari dirinya sendiri.

Kadang ada juga untuk mendapatkan sebuah penghargaan atau award tersebut, kita berusaha dengan segala cara agar tujuannya tercapai meskipun itu dengan cara-cara yang tidak benar.

Apalagi bila award ini diiming-imingi oleh hadiah berupa uang cash puluhan bahkan ratusan juta bagi penerima. Hal ini akan membuat tujuan utama untuk mendapatkan award hilang dengan sendirinya, karena yang dikejar adalah materi bukan makna dari award tersebut.

Bukan hanya itu saja, banyak juga yang memberikan award ini yang mengatasnamakan lembaga pemerintah atau perusahaan besar, padahal pihak pertama tidak pernah membuat program award tersebut.

Hasilnya sudah bisa ditebak, ini adalah sebuah penipuan berkedok membagikan award yang harus kita tebus dengan sejumlah uang untuk mendapatkannya.

Blogger Award

Sejak media pembuat website personal ini marak di Indonesia, seiring perkembangan blogger, maka bermunculan award yang khusus ditujukan kepada para blogger.

Pemberian award ini, ada yang mengatasnamakan komunitas tertentu, kelompok perorangan atau mungkin hanya penghargaan dari pemilik blog atas partisipasi dan dalam rangka menjalin persahabatan di dunia maya.

Lewat award ini, biasanya kita sebagai pemilik blog, merasa bangga, sekaligus untuk memotivasi diri agar terus meningkatkan kualitas blog kita.

Banyak sekali award di dunia maya ini yang diberikan baik oleh berbagai pihak. Award tersebut kebanyakan adalah bentuk penghargaan atas jalinan persahabatan yang telah dibina selama ini walaupun itu lewat blog.

Sayangnya untuk pemberian award ini, tidak ada aturan yang jelas, atau kriteria yang berhak menerima award. Paling hanya ketertarikan kita kepada blog seseorang atas kreatifitas dan selalu menghasilkan karya-karya yang cukup baik.

Menurut mang hal ini tidaklah salah didunia blogger. Karena memang seperti itulah kegiatan kita sehari-hari. Award yang diterima lebih kepada bentuk penghargaan atas persahabatan dan rasa sehingga kita merasa cocok dengan memberikan award kepada orang lain.

Mungkin award yang paling nyata di dunia blogger adalah berupa Peringkat atau yang biasa kita sebut PR. Award ini dikeluarkan oleh google dengan sejumlah angka yang kita dapatkan. Semakin tinggi angkanya, maka itu artinya blog kita semakin baik.

Award berupa PR ini, lebih kepada bentuk aktifitas blog kita. Bila ternyata blog kita mendapat cukup banyak pengunjung setiap harinya, maka kita akan mendapatkan award ini dengan PR tertentu berdasarkan kriteria dari google sendiri.

PR dari google ini juga merupakan suatu award yang pantas kita dapatkan, karena dengan award ini maka kita akan mengetahui seberapa banyak orang mengenal blog kita, dan seberapa besarnya minat orang lain untuk datang ke blog kita setiap hari.

IBSN Award

Nah, ini mungkin award yang terbaru yang beredar di internet ini. IBSN award. Baru luncur kemarin sekitar jam 3 lewat 15 menit sore.

Kebetulan mang ikut menyaksikan proses kelahiran award ini, walaupun dalam kolom komentar mang berada pada urutan keempat di bawah kidungjingga, biarlah ga maalah…….

Apa yang membedakan IBSN Award ini? Award ini memang tidak diberikan begitu saja kepada anggota IBSN atau kepada siapa saja, tapi ada persyaratan yang harus dipenuhi kalo kita ingin mendapatkan award ini.

Selain itu, award ini nantikan hanya diberikan kepada satu blog saja setiap bulannya. Jadi kalo setahun hanya ada 12 blog yang bakal menerima award ini

IBSN Award ini, menitik beratkan kepada hasil dari blog kita, baik itu berupa artikel maupun sesuatu yang kita publish di blog kita. Jadi award ini tidak melihat dari seberapa bagus blog kita, dengan desain themes yang kita pilih, atau seberapa banyak plugin yang terpasang di blog kita.

Award ini betul-betul hanya menitik beratkan kepada artikel yang kita buat. Nantinya artikel yang kita buat ini, kita daftarkan link urlnya, untuk kemudian akan dinilai seberapa menariknya artikel tersebut, oleh tim penilai yang Insya Allah akan berlaku jujur dan adil.

Award seperti ini, jelas akan memotivasi kita untuk dapat menghasilkan karya-karya yang bermutu dan berkualitas dan layak untuk diketahui oleh semua orang.

Untuk mengetahui apa saja persyaratan dan ketentuannya, silahkan anda langsung aja buka blognya kang deny di http://cantigi.wordpress.com

Award sesungguhnya

Award yang paling tinggi nilainya dari semua award yang ada baik di dunia maya atau di dunia nyata, adalah award yang diberikan langsung oleh Allah SWT kepada umatnya yang mentaati perintah dan larangannya.

Yaitu award berupa kehidupan di Syurga yang kekal dan abadi.

Inilah award sesungguhnya yang harus kita kejar untuk mendapatkan dengan cara-cara yang telah ditentukan oleh Allah SWT sang pemilik alam ini.

Award ini abadi dan paling tinggi nilainya dar semua yang ada. Adakah kita yang mendapatkan award ini? Kita tidak akan pernah tahu siapa yang bakal mendapatkan award ini, karena ini semua adalah hak Allah semata.

Paling yang bisa kita lakukan adalah berbuat sesuai aturan yang telah ditetapkan dengan berpedoman kepada Al Quran dan mempercayai adanya hari akhir yang bakal kita hadapi setiap mahluk yang bernyawa di muka bumi ini.

Mari kita berlomba-lomba mendapatkan award dari Allah yang akan kita dapatkan tanpa kita ketahui kapan waktunya. Kita hanya bisa berharap agar award ini diberikan kepada kita oleh Allah karena amal dan perbuatan kita selama ini. Amin

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: Blog, ibsn